Beranda > Corat-coret, Linux Sabily, open office > Kenapa tidak semua file office 2007 bisa dibuka di open office?

Kenapa tidak semua file office 2007 bisa dibuka di open office?


Ingin membuka file yang dibuat di office 2007 dengan menggunakan sabily? Apakah bisa? Sudahkah anda mencobanya? Jawabanya adalah bisa!! Saya sendiri yang sedang migrasi merasa senang sekali mendengar jawaban tersebut. Akhirnya sang jendela kita lepas, trus kita bergandengan dengan penguin, dengan menggunakan sabily. Ditengah perjalanan baru saya merasakan enaknya naik penguin… Nah ditengah perjalanan itu pula saya temukan, ternyata tidak semua file yang dibuat dengan office 2007 itu bisa dibuka dengan open office, oh iya open office bawaan dari sabily yang versi 9.10 adalah open office versi 3.1. Jadi agak pusing juga, saya coba searching di internet, barangkali saja ada tool yang bisa membantu supaya bisa buat membuka file tersebut, memang sih opsi yang paling mudah adalah dibuka file tersebut di office 2007 dan disave kembali ke versi dibawahnya, sehingga dengan cara ini file tersebut bisa dibuka dengan open office versi 3.1.

Tapi cara tersebut berarti saya harus membuka kembali office 2007, dan saya nggak mau cara seperti itu, karena disamping office 2007 itu yang saya miliki adalah “ilegal” alias bajakan, dan lagian file yang mau dirubah adalah banyak, tidak hanya satu. Ada juga cara lain yaitu dengan menggunakan software converter office, tapi ya kebentur masalah hak cipta, alias harus beli, sedangkan saya sekarang pantang menggunakan software-software yg tidak halal, artinya ngebajak punya orang,…. sehingga akhirnya saya menemukan cara yang halal, apa itu?

Saya baru teringat ketika masih menggunakan “jendela” saya pernah menginstal open office yang versi terbaru, kebetulan yang buat “jendela” itu versinya sudah 3.2 , tapi yang bawaan sabily itu masih 3.1 nggak tahu kenapa bisa beda,… nah waktu itu file-file yang dibuat di office 2007 bisa kebuka dengan normal,.. akhirnya saya pun menginstal open office yang versi 3.2 tersebut di sabily, tentu dengan menggunakan wine, dan… berhasil di install, dan kebuka deh file-file tersebut….. jadi tenang deh, tambah mantap nih ninggalin “jendela”.

Ternyata memang banyak sekali pekerjaan yang dulu dikerjakan dengan “jendela”, sekarang lebih enak dikerjakan bareng penguin… sabily maksudnya, sehingga sabily benar-benar jadi jalanku… jalan yang halal, barakah, dan dijamin gratis…. Ayo buruan, loncat dari “jendela”   coba semua umat islam menggunakan sabily, dan ninggalin tuh “jendela” biar negaranya pemilik “jendela” tersebut mikir… sehingga sikap mereka kepada umat islam akan lebih berhati-hati, tidak berani macem-macem sama umat islam… tul nggak?…

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar anda,.. surel diisi dgn email, nama diisi dengan nama anda ,

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.559 pengikut lainnya.