Beranda > mistik > Belajar Tenaga Dalam Biar Sakti…

Belajar Tenaga Dalam Biar Sakti…


Ilmu Tenaga Dalam Dalam Perspektif Islam

Al Ustadz DR. Muhammad Nur Ihsan

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Alloh ‘Azza wa jalla yang telah menyempurnakan Islam dan meridhoi­nya sebagai agama yang benar. Sholawat dan salam semoga tercurahkan kepada Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam Rosul yang diutus dengan membawa petunjuk (ilmu yang bermanfaat) dan agama yang haq (amal sholeh). Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menyampaikan risalah dengan sem­purna, menunaikan amanah dan berjihad di jalan Alloh Ta’ala sampai beliau wariskan kepada umatnya jalan yang lurus lagi terang bagaikan matahari di siang hari. Tidaklah keluar dari jalan tersebut kecuali orang yang sesat dan celaka. Amma ba’du.

Akhir-akhir ini tumbuh subur berbagai kelom­pok yang mengajarkan ilmu tenaga dalam. Ko­non sang guru memiliki teknik membangkitkan atau mengembangkan tenaga ghaib dalam tubuh manusia. Masyarakat berbeda dalam menilai dan menghukuminya sesuai dengan latar belakang pemahaman dan pendidikan mereka. Sebenarnya bagaimana pandangan Islam tentang keilmuan tersebut dan hukum mempelajarinya?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas terlebih dahulu diperjelas maksud ilmu tenaga dalam dan rahasia-rahasia yang terdapat di dalamnya.

DEFINISI TENAGA DALAM

Dari berbagai referensi bisa disimpulkan bahwa yang mereka maksud dengan ilmu tenaga dalam adalah ilmu yang mempelajari cara membangkit­kan kekuatan/tenaga dalam (inner power) dengan cara-cara tertentu, antara lain : teknik pernafasan yang disertai dengan jurus-jurus tertentu dan de­ngan cara meditasi (tafakur).[1]

Dan dari persaksian sebagian mantan praktisi tenaga dalam yang telah meninggalkan keilmuan tersebut dan kembali kepada sunnah menjelaskan bahwa dalam keilmuan tenaga dalam dan ilmu metafisika terdapat bermacam pokok kesesatan dan kesyirikan, antara lain :

Dengan belajar tenaga dalam (ilmu metafisika) seorang bisa “menjadi sakti” dengan menyalur­kan energinya ke bagian tubuh tertentu.

Dengan kekuatan fungsi jurus bisa mengalahkan musuh dari jarak jauh.

Ketika latihan aplikasi jurus tenaga dalam, se­orang murid diharuskan bisa emosi/marah dalam latihan menyerang.

Pada keilmuan tenaga dalam, diajarkan menjadi dukun/paranormal. Di antara bentuk perdukun­an yang terdapat dalam keilmuan ini adalah teknik membuat seseorang jatuh cinta, ilmu san­tet (membuat orang sakit), teknik penyembuhan, mendeteksi barang hilang, teknik mengetahui masa lalu dan masa depan dan teknik mengeta­hui isi hati orang lain.

Pada keilmuan tenaga dalam ada teknik “mengi­si” benda hidup atau benda mati untuk berbagai macam keperluan.

Pada keilmuan tenaga dalam ada teknik pem­bentengan benda hidup/mati dari bahaya.

Pada keilmuan tenaga dalam ada teknik mengu­sir jin pengganggu.

Inilah beberapa kesesatan dan penyimpangan yang terdapat dalam keilmuan tenaga dalam dan ilmu metafisika.[2]

PANDANGAN ISLAM TENTANG TENAGA DALAM

Sebelum menjelaskan pandangan Islam tentang ilmu ini, ketahuilah bahwa Islam adalah agama yang sempurna dalam seluruh aspek, baik dari sisi keilmuan dan peribadatan.

Alloh Ta’ala berfirman: “Pada hari ini (hari arofah tahun 9 H) telah Aku sem­purnakan bagimu agamamu dan telah Aku lengkapi nikmat-Ku atasmu dan Aku meridhoi Islam sebagai agamamu.” (QS. al-Maidah [5]: 3).

Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam diutus Alloh Ta’ala dengan membawa ilmu yang bermanfaat dan amal sholih, sebagai­mana firman Alloh Ta’ala:

“Dia (Alloh) yang mengutus Rosul-Nya dengan (membawa) petunjuk dan agama yang benar.” (QS. at­-Taubah [9]: 33, al-Fath [48]: 28, dan ash-Shof [61]: 9)

Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata: “Petunjuk ada­lah apa yang dibawa oleh beliau berupa berita-berita yang benar, keimanan yang benar dan ilmu yang bermanfaat. Maksud agama yang benar ialah amal-amal sholih yang benar lagi bermanfaat di du­nia dan akhirat.” (Tafsir Ibnu Katsir : 2/425, cet. Dar al-Fikr).

Jadi dalam Islam telah terdapat penjelasan tentang ilmu yang bermanfaat yang membawa sese­orang kepada keridhoan Alloh Ta’ala dan mewujudkan ketentraman batin dan ketenangan jiwa serta kese­lamatan dunia dan akhirat. Juga penjelasan tentang ilmu yang tidak bermanfaat yang akan mencelaka­kan manusia dan larangan dari mempelajarinya.

Adapun ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang berdasarkan kepada al-Qur’an dan Sunnah serta dipahami sesuai dengan pemahaman salafus sholih generasi terbaik umat ini.

Itulah hakekat ilmu yang bermanfaat yang se­harusnya seorang muslim bersungguh-sungguh mempelajari dan memahaminya. Adapun seluruh keilmuan yang bertentangan dengan seluruh prin­sip di atas maka ia adalah ilmu yang tidak berman­faat dan dilarang untuk mempelajarinya. Sebab akan merusak dan menimbulkan dampak negatif bagi penuntutnya dan orang lain, seperti ilmu sihir, ilmu hitam, ilmu kebatinan dll.

Adapun pandangan Islam tentang ilmu tenaga dalam dan yang semisalnya, bisa disimpulkan se­cara global dan secara terperinci.

KRITIKAN SECARA GLOBAL TERHADAP ILMU TENAGA DALAM

Pertama : Ilmu tenaga dalam dan sejenisnya adalah ilmu yang bid’ah dan tidak ada landasan dari al-Qur’an dan Sunnah Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mengajarkan kepada para sahabatnya. Padahal saat itu dibutuhkan kekuatan untuk berdakwah. Begitu pula pada masa pemerintahan Khulafaur Rosyidin yang penuh dengan aktivitas jihad.

Mereka tidak pernah mengajarkan keilmuan tersebut kepada para pasukan perang. Seandainya ilmu tenaga dalam dan sejenisnya adalah ilmu yang bermanfaat untuk pertahanan jiwa dan meroboh­kan musuh dari jarak jauh, tentu telah diajarkan oleh Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para sahabat dan di­wariskan oleh para sahabat kepada generasi sesu­dahnya. Akan tetapi hal itu sama sekali tidak per­nah terjadi, dengan demikian jelaslah kebatilan dan kesesatan ilmu tersebut.

Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa yang membuat sesuatu yang baru dalam agama ini yang tidak ada (landasan) darinya maka ia bertolak.” Dalam riwayat lain : “Barangsiapa yang melakukan suatu amalan yang tidak ada landasannya dari perintah kami maka ia bertolak.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Kedua : Ilmu ini berasal dari luar Islam. Tenaga dalam atau krachtologi tersusun dari kata krachtos yang berarti tenaga dan logos yang berarti ilmu. Ia sudah dikenal oleh orang-orang Mesir Kuno pada 4000 SM. Dari Mesir, krachtologi berkembang ke Babylon, Yunani, Romawi dan Persia.

Di Persia tenaga semacam ini dinamakan Dacht. Dalam Dahtayana disebutkan bahwa pada suku Bukht dan Persia, terkenal ilmu perang dinamakan dahtuz, yaitu merobohkan musuh dari jarak jauh.

Para bangsawan Persia dilatih sejenis senam yang dilakukan lewat tengah malam agar mereka mempunyai tenaga Daht itu. Kemudian keilmuan tersebut terus dikembangkan sehingga menjadi suatu konsep untuk membangkitkan tenaga dalam dengan teknik pernafasan yang disertai dengan ju­rus-jurus tertentu.[3]

Hal ini memperkuat pernyataan di atas, bahwa ilmu ini adalah ilmu yang bid’ah dan tidak ber­manfaat dalam agama Islam. Seandainya keilmuan tersebut dibolehkan tentu Alloh Ta’ala akan menjelaskan kepada Rosul-Nya hakikat dan manfaatnya. Apalagi keilmuan tersebut sudah dikenal orang-orang Mesir kuno ribuan tahun sebelum masehi dan sebelum pengutusan Rosul ‘alaihis salam

Dengan demikian kita tahu bahwa kebatilan dan kebohongan telah dilakukan sebagian pergu­ruan tenaga dalam di tanah air dengan menamakan perguruan mereka dengan nama-nama yang islami seperti : Bunga Islam, al-Barokah, al-Ikhlas, Hik­matul Iman, PIH Silahul Mukmin, dll. Ini adalah penipuan yang nyata, sebab tidak pernah dalam sejarah bahwa perguruan-perguruan tersebut menjadi bunga bagi Islam, menambah keberkahan dan mewujudkan keikhlasan serta keimanan yang benar bagi penuntutnya. Bahkan fakta membukti­kan bahwa seluruh perguruan tenaga dalam meru­pakan sarana dan fasilitas untuk menebarkan ke­sesatan, kesyirikan, sihir, mistik.

Ketiga : Dalam ilmu tenaga dalam terdapat po­kok kesesatan dan kesyirikan yang sangat banyak, sebagaimana yang telah disebutkan di atas secara global.

Keempat : Di antara dampak negatif ilmu tenaga dalam adalah hilangnya rasa tawakal para penun­tutnya kepada Alloh Ta’ala. Sebab mereka merasa telah memiliki kekebalan dan kekuatan luar biasa yang bisa merobohkan musuh dari jarak jauh, sehingga ia merasa tidak butuh pertolongan siapa pun.

Islam mengajarkan bahwa segala sesuatu hanya terjadi dengan izin Alloh, maka ia bertawakkal kepada Alloh Ta’ala dan meminta pertolongan kepa­da-Nya untuk mendapatkan kebaikan dan kese­lamatan serta menolak segala bentuk kejahatan dan malapetaka.

Kelima: Di antara kaidah yang digunakan un­tuk membangkitkan tenaga dalam adalah meditasi yaitu tafakur atau semedi. Ini adalah metode yang bid’ah yang tidak ada landasanya dari al-Qur’an dan Sunnah. Bahkan meditasi adalah komponen dari banyak agama, dan telah dipraktekkan sejak ja­man dahulu yang dikenal dalam bahasa Sansekerta dengan (dhyana). Meditasi dalam salah satu aliran­ Budha Mahayana dikenal dengan istilah (zen). Ak­tivitas ini merupakan usaha antara yang membawa kesadaran menuju samadi.[4]

Intinya adalah aktivitas perenungan yang ber­usaha untuk menyatukan jiwa dengan Tuhan yang dikenal dalam dunia Tasawuf dengan istilah (Itti­haad) yakni Alloh Ta’ala bersatu dengan makhluk. Maha suci Alloh dari keyakinan yang kufur ini. Ti­dak diragukan lagi bahwa konsep dan ajaran yang seperti ini bertentangan dengan aqidah islamiyah.

Itulah sumber pengambilan meditasi yang diajarkan oleh perguruan ilmu tenaga dalam yang berkembang dewasa ini. Hal ini akan menimbulkan dampak negatif bagi penuntutnya yang berujung kepada kebatilan, kesyirikan dan praktek kesesatan yang mistik.

Adapun meditasi atau tafakur yang disyariatkan adalah tafakur tentang makhluk ciptaan Alloh yang merupakan tanda-tanda kebesaran Alloh Ta’ala dan keagungan-Nya. Hal ini akan memotivasi seorang untuk mengagungkan Alloh Ta’ala dan melaksanakan perintah-Nya dan meninggalkan segala yang dilarang oleh agama.

Tafakur seperti ini merupakan salah satu faktor utama untuk menambah keimanan kepada Alloh Ta’ala begitu juga tafakur yang memotivasi seseorang untuk selalu introspeksi diri dan kembali kepada Alloh dengan kerendahan diri dan penuh pengagungan kepada yang Maha Kuasa.

Keenam : Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa orang – orang yang bergabung dalam perguruan tenaga dalam adalah orang – orang yang jauh dari pemahaman yang benar terhadap hakikat Islam dan tauhid. Jika ilmu tenaga dalam itu adalah ilmu yang bermanfaat tentu orang – orang yang berpegang teguh dengan al-Quran dan loyal kepada Sunnah adalah        orang-orang yang akan berada dibarisan terdepan dalam mempelajarinya. Sebab agama memerintahkan kita untuk mempelajari ilmu yang bermanfaat.

KRITIKAN SECARA MENDETAIL TERHADAP ILMU TENAGA DALAM

Pertama : Belajar ilmu tenaga dalam membuat seorang bisa menjadi sakti.

Teknik menjadi kebal yang diajarkan di perguruan tenaga dalam adalah kesesatan dan bid’ah yang tidak pernah diajarkan Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan tidak pernah diamalkan generasi terbaik umat ini.

Kalau ilmu kekebalan adalah ilmu yang benar dan diperbolehkan tentu Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya yang terlebih dahulu mempelajari dan menggunakannya dalam peperangan. Namun Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam terluka dalam perang Uhud dan banyak para sahabat yang gugur syahid dalam pertempuran tersebut.

Hal ini menjelaskan kepada kita bahwa kekebalan bukanlah suatu kebaikan dan kemuliaan, akan tetapi merupakan suatu kebatilan yang tidak terlepas dari peran setan dalam menyesatkan para walinya.

Oleh karena itu telah dinukil dalam sebuah riwayat mengenai ilmu kebal yang dimiliki al-­Harits ad-Dimasyqi yang muncul di Syam pada masa pemerintahan ‘Abdul Malik bin Marwan, lalu mengaku dirinya sebagai nabi. Setan-setan telah me­lepaskan rantai-rantai yang melilit di kedua kaki­nya, membuat tubuhnya menjadi kebal terhadap senjata tajam, menjadikan batu marmer bertasbih saat disentuh tangannya, dan ia melihat sekelompok orang berjalan kaki dan menunggang kuda terbang di udara seraya berkata ia adalah malaikat padahal jin.

Ketika kaum muslimin telah berhasil menang­kap al-Harits ad-Dimasygi untuk dibunuh, sese­orang menikamkan tombak ke tubuhnya, namun tidak mempan (punya ilmu kebal). Maka ‘Abdul Malik bin Marwan berkata kepada orang yang menikamnya itu : “Itu adalah karena engkau tidak menyebut Nama Alloh Ta’ala ketika menikamnya.” Maka ia pun mencoba lagi menikamnya dengan terlebih dahulu membaca bismillah dan ternyata tewaslah ia seketika. (Majmu’ Fatawa, Syaikhul Islam, 11/285)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengomen­tari riwayat di atas : “Beginilah perihal orang orang disertai setan. Setan-setan tersebut akan mening­galkan mereka apabila dibacakan di sisi mereka apa yang mengusirnya seperti ayat kursi.”

Kedua : Mengalahkan musuh dari jarak jauh.

Sekiranya teknik yang seperti ini bermanfaat dan dibenarkan tentu akan dilakukan oleh Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat dalam menghadapi mu­suh dalam peperangan dan jihad di jalan Alloh Ta’ala

Ketiga: Latihan aplikasi jurus tenaga dalam, seorang murid diharuskan bisa emosi/marah.

Seorang muslim juga dituntut meninggalkan segala akhlak keji dan tercela, seperti membenci, dendam, emosi/marah, dll.

Berbeda halnya dengan ajaran perguruan tena­ga dalam, seseorang diajari bisa emosi dan marah. Hal ini tentu bertentangan dengan petunjuk nabi yang mewasiatkan seorang untuk tetap sabar dan tidak marah. Sebab emosi merupakan kunci dan sumber kejahatan, sebagaimana sabda Rosu­lulloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Dari Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu berkata : “Sesungguhnya seorang berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Berilah aku wasiat, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Engkau jangan marah.” Beliau mengulangi beberapa kali : “Jangan engkau marah.” (HR. Bukhori, no.6116).

Imam Ibnu Rojab rahimahullah berkata: “Hadits ini menunjukkan bahwa sesungguhnya emosi/marah adalah sumber segala kejahatan dan menahan diri darinya adalah sumber segala kebaikkan.” (Jaami’ Ulum wal Hikam, 1/362).

Di dalam hadits lain dijelaskan bahwa marah atau emosi bersumber dari setan, sebagaimana sab­da Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam “Sesungguhnya marah atau emosi adalah (bersumber) dari setan, dan sesungguhnya setan diciptakan dari api, dan api hanya bisa dipadamkan dengan air, maka apabila salah seorang kamu marah maka berwudhulah.”

Dan dalam hadits yang lain dijelaskan bahwa : “Sesungguhnya setan mengalir dalam tubuh manusia sebagaimana aliran darah.” (HR. Bukhori)

Kemungkinan inilah rahasianya, kenapa per­guruan tenaga dalam mengajarkan bagaimana se­orang bisa emosi atau marah tatkala menyerang lawan, sebab ajaran perguruan tersebut adalah hasil dari bisikan setan. Dan dengan sifat marah setan dengan cepat akan bisa menguasai seseorang, karena ia mengalir dalam tubuh manusia bagaikan aliran darah. Dengan demikian ia akan bisa mem­pengaruhi lawan dan menguasainya berkat bantu­an khodamnya (setan).

Hal ini diperkuat oleh pernyataan para praktisi tenaga dalam bahwa jurus akan berfungsi penuh dan sempurna jika lawan dalam keadaan emosi. Jadi bukanlah karena energi tenaga dalam musuh yang dalam keadaan emosi dapat ditaklukkan de­ngan fungsi jurus-jurus tertentu, tetapi khodam jurus itulah yang langsung merasuk ke dalam tu­buh lawannya yang dalam keadaan emosi menuju otaknya hingga lawannya bisa kita permainkan de­ngan fungsi jurus tenaga dalam/ilmu metafisika.”[5]

Keempat : Perguruan ilmu tenaga dalam mengajaran seseorang menjadi dukun / paranormal

Hal ini dapat dilihat dari praktiknya, di anta­ranya mereka menjadikan seseorang jatuh cinta, membuat orang sakit (santet), penyembuhan dari penyakit dengan jurus-jurus tertentu, meramal barang hilang atau makhluk halus, meramal masa lalu dan masa depan dan meramal isi hati orang.

Semua praktik di atas dilarang oleh syari’at Islam, karena ilmu tenaga dalam adalah ajaran setan yang berusaha menggiring manusia keluar dari agama sehingga terjerumus ke dalam dosa. Akibat akhir perbuatan tersebut tidak keluar dari dua alternatif : kekufuran atau melakukan dosa besar.

Membuat seorang jatuh cinta

Sihir jenis ini dalam bahasa Arab diistilahkan dengan al-’athfu yaitu membuat seseorang cinta kepada orang lain. Dalam istilah lain disebut de­ngan at-tiwalah yaitu sesuatu yang dibuat untuk membuat istri cinta kepada suaminya atau seba­liknya. (Lihat Fathul Majid, hlm. 123)

Ini adalah perbuatan syirik, sebagaimana sab­da Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam

“Sesungguhnya ruqyah (dengan mantera dukun), ji­mat dan tiwalah (sihir mahabbah/pelet) adalah syirik.” (HR. Ahmad, Abu Daud)

Tiwalah dihukumi sebagai syirik karena di­gunakan untuk mendatangkan kebaikan dan menolak kejahatan dengan selain Alloh Ta’ala. (Lihat Fathul Majid, hlm. 124)

Maka apa yang diajarkan dalam ilmu tenaga dalam dengan cara-cara tertentu untuk menjadi­kan seseorang jatuh cinta atau menyukai terma­suk salah satu jenis sihir mahabbah yakni al ‘athf dan tiwalah sebagaimana yang dimaksud dalam hadits di atas.

Ilmu santet (membuat orang sakit)

Hal ini ada dalam dunia ilmu tenaga dalam dan ilmu metafisika dengan cara dan bentuk yang bermacam-macam. Cara ini diketahui oleh orang yang bergabung dalam perguruan ilmu tersebut. Terlepas dari cara dan media yang digunakan, tetaplah perbuatan tersebut terlarang karena bertujuan menyakiti orang lain dan tergolong ke dalam sihir yang diharamkan oleh agama.

Imron bin Hushain berkata : “Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Bukan termasuk golongan kami orang yang melakukan atau meminta tathayyur (menentukan nasib sial berdasarkan tanda-tanda Benda, burung dan lain-lain), orang yang meramal atau yang meminta diramalkan, orang yang menyihir atau meminta disihirkan dan barangsiapa mendatangi peramal dan membenarkan apa yang is katakan, maka sesungguh­nya is telah kafir terhadap wahyu yang diturunkan ke­pada Muhammad‘ (HR. ath-Thobaroni dalam al­-Ausath, al-Mundziri berkata: Sanad ath-Thobaroni hasan. Diriwayatkan juga oleh al-Bazzaar, dengan sanadjayyid)

Sihir tidaklah akan terlaksana kecuali dengan bantuan setan dan menghambakan diri kepada- nya serta melakukan hal-hal yang diharamkan oleh agama.

Penyembuhan dari berbagai penyakit fisik, psikis & ghoib

Pada ilmu tenaga dalam diajarkan teknik pe­nyembuhan dari berbagai penyakit dengan meng­gunakan fungsi jurus-jurus tertentu. Dan tidak diragukan bahwa teknik seperti ini adalah cara yang bid’ah yang bertentangan dengan syari’at, khususnya dalam penyembuhan penyakit psikis dan yang ghoib.

Agama memerintahkan kita untuk berobat de­ngan pengobatan yang disyari’atkan dan bersih dari unsur-unsur kesyirikan serta segala hal yang diharamkan, sebab Alloh Ta’ala tidak menjadikan ke­sembuhan umat ini dari hal-hal yang haram.

Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda :

“Wahai hamba Alloh, berobatlah, maka sesungguhnya Alloh tidaklah menurunkan penyakit kecuali menu­runkan bersamanya penyembuahan (obat), kecuali satu penyakit, mereka bertanya: apa itu ? Beliau menjawab : yaitu kepikunan.” (HR. Ahmad).

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda :

“Tidaklah Alloh menurunkan penyakit kecuali menu­runkan bersamanya penyembuhan (obat).”

Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga melarang berobat dengan yang haram, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu ad-Dardaa’, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Berobatlah, dan janganlah berobat dengan yang haram.” (HR. Abu Daud dengan sanad Hasan, 3874)

Alloh Ta’ala telah menurunkan obat yang sangat mujarab untuk seluruh penyakit, baik fisik atau psikis, yaitu al-Qur’an. Akan tetapi banyak kaum muslimin tidak bisa menggunakan dan meman­faatkannya secara baik dengan disertai keyakinan yang benar. Alloh Ta’ala berfirman :

“Dan Kami telah menurunkan al-Qur’an sesuatu yang menjadi penawar dan rohmat bagi orang yang beriman dan al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang yang dholim selain kerugian.” (QS. al-Isro’[171]:82)

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Robbmu dan penyembuh bagi penyakit-­penyakit (yang berada) dalam dada (hati) dan petunjuk serta rahmat bagi orang orang yang beriman. ” (QS. Yunus [io]: 57)

Imam Ibnu Qoyyim rahimahullah berkata : “Al-Qur’an adalah penyembuh yang sempurna dari seluruh penyakit hati (psikis), fisik dan penyakit­-penyakit (yang ada) di dunia dan akhirat. Dan tidaklah setiap orang ahli (bisa) dan diberi taufiq untuk bisa menggunakannya sebagai penyembu­han. Dan apabila orang yang sakit bisa melakukan pengobatan dengan baik dengan   al-Qur’an dan meletakkannya pada penyakit dengan (penuh) ke­jujuran dan keimanan, penerimaan yang sempur­na, keyakinan yang putus dan melengkapi syarat­-syaratnya, maka tidak satupun penyakit yang akan bisa melawannya selama-lamanya.

Dan bagaimana mungkin penyakit akan bisa melawan perkataan Robb (yang menciptakan) bumi dan langit yang seandainya kalau ia ditu­runkan kepada gunung-gunung tentu akan han­cur atau (diturunkan) kepada bumi tentu akan terpotong-potong. Tidak satupun dari penyakit hati (psikis) dan fisik kecuali di dalam al-Qur’an terdapat jalan (cara) untuk menemukan obat dan penyebabnya dan (cara) untuk (melakukan) pre­ventif darinya, (tentu) bagi orang yang diberi  pemahaman oleh Alloh Ta’ala tentang kitab-Nya…. Adapun (resep) penyembuhan (penyakit) hati (psikis) maka al-Qur’an telah menyebutkannya secara rinci dan menyebutkan (juga) sebab-sebab penyakit dan (cara) mengobatinya. Alloh Ta’ala berfir­man :

“Apakah tidak cukup (bagi) mereka bahwa sesungguh­nya Kami telah menurunkan kepadamu  al-Qur’an yang dibacakan kepada mereka.” (QS. al-Ankabut [291: 51)

Maka barangsiapa yang tidak bisa disembuhkan oleh al-Qur’an maka Alloh Ta’ala tidak akan meny­embuhkannya dan barangsiapa yang tidak cukup baginya al-Qur’an maka Alloh Ta’ala tidak akan mem­berikan kecukupan baginya.” (Zadul Ma’ad, 4/322)

Penulis mengajak kita membaca dan mere­nungi perkataan Imam Ibnu Qoyyim rahimahullah , di atas.

Semoga hal itu memotivasi kita untuk membaca al-Qur’an, merenungi dan memahaminya, agar ia menjadi lampu penerang kehidupan dan obat pe­nyembuh segala penyakit jiwa (psikis) dan fisik.

Sangat disayangkan, mayoritas kaum mus­limin sekarang ini berpaling dari al-Quran, tidak membaca dan merenunginya. Mereka juga me­ninggalkan Sunnah. Akhirnya setan membisik­kan kepada mereka agar mencari alternatif selain al-Qur’an untuk mengatasi problematika kehidu­pan dan penyembuhan penyakit yang mereka ra­sakan. Caranya adalah dengan melakukan terapi­-terapi perdukunan dan teknik-teknik ilmu tenaga dalam, yang membuat mereka terperangkap ke dalam jaringan setan yang selalu berusaha meng­giring manusia kepada kesesatan dan kesyirikan, baik disadari atau tidak. Na’uzubillah min zalik.

Meramal barang hilang atau makhluk halus.

Cara ini biasanya dilakukan oleh praktisi ilmu tenaga dalam dengan melatih indranya menjadi peka atau dengan membuat tangannya menjadi sensitif hingga bisa ‘meradar’ lokasi barang yang hilang atau makluk halus.[6]

Tidak diragukan bahwa cara mendeteksi ba­rang hilang seperti ini tidak ada beda secara subtansi dengan cara perdukunan (kahanah) dan peramal (‘arrofah). Sebab termasuk mengaku me­ngetahui benda yang hilang. Sekalipun para prak­tis ilmu tenaga dalam mengingkari hal itu.

Praktek perdukunan dan ramalan telah dilarang oleh Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan larangan yang keras, sebagaimana dalam sabdanya :

“Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal dan menanyakan tentang sesuatu lalu membenarkannya, maka tidak diterima shalatnya 4o hari. “ (HR. Muslim dari sebagian istri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam)

Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda: “Barangsiapa yang mendatangi dukun (peramal) dan membenarkan apa yang dikatakannya, sungguh ia telah ingkar (kufur) dengan apa yang dibawa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam .” (HR. Abu Dawud)

Jika ancaman orang yang mendatangi tukang ramal dan membenarkan perkataanya adalah ti­dak diterima sholatnya empat puluh hari dan kufur dengan apa yang dibawa oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam lan­tas bagaimana dengan orang yang mempelajari dan mengajarkannya kepada orang lain ? Tentu ancaman dan dosanya lebih besar.

Ilmu tenaga dalam mempelajari teknik mengetahui masa lalu dan masa depan.

Tidak ada yang dapat mengetahui perkara ghoib yang telah lalu atau yang akan datang ke­cuali Alloh Ta’ala , sebagaimana firman-Nya:

“Katakanlah, tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghoib kecuali Alloh.” ( QS. an-Naml [271:65)

Banyak sekali ayat yang menjelaskan bahwa mengetahui perkara ghoib merupakan kekhu­susan Alloh Ta’ala Bahkan Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai utusan Alloh Ta’ala tidak mengetahui perkara ghoib kecuali sesuatu yang diwahyukan kepadanya. Se­andainya ia mengetahui yang ghoib tentu akan mengetahui rahasia takdir yang akan terjadi dan beliau tentu akan mengantisipasinya. Alloh Ta’ala :

“Katakanlah : ‘Aku tidak berkuasa menarik keman­faatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kema­dhorotan kecuali yang dikehendaki Alloh. Dan seki­ranya aku mengetahui perkara yang ghoib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan tidak akan ditimpa kejahatan dan aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman.” (QS. al-A’rof [71:188)

Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Kunci perkara ghoib itu ada lima, tidak ada seorang pun yang mengetahuinya melainkan Alloh Ta’ala Tidak ada yang mengetahui (takdir) apa yang di dalam kan­dungan selain Alloh Ta’ala, tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi esok selain Alloh Ta’ala tidak ada seorang pun yang mengetahui (dengan pasti) kapan hujan akan turun kecuali Alloh Ta’ala dan tidak ada seorang pun yang mengetahui di bumi mana dia akan mati selain Alloh Ta’ala dan tidak ada yang mengetahui kapan terjadinya hari ki­amat kecuali Alloh Ta’ala” (HR. Bukhori)

Jadi tidak diragukan lagi kebohongan para praktisi dan penuntut ilmu tenaga dalam yang mengatakan bahwa mereka dengan teknik medi­tasi dan memakai ilmu clairvoyance bisa mengeta­hui masa depan dan masa lalu, hal itu tiada lain kecuali bisikan setan dan kesesatannya.

Pada Ilmu tenaga dalam diajarkan teknik mengetahui isi hati orang lain.

Tidak diragukan lagi bahwa ini adalah salah satu bentuk perdukunan dan sihir yang diharam­kan agama, sebab isi hati orang lain merupakan perkara ghoib yang tidak seorang pun mengetahuinya kecuali Alloh Ta’ala, sebagaimana firman-Nya :

“Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan hati.” (QS. Ghofir [401:19)

“Sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui yang tersem­bunyi di langit dan di bumi, sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati.” (QS. Fathir [35]:34)

Dalam sebuah hadits tentang Ibnu Shayyad seorang paranormal yang diisukan sebagai Dajjal dan bisa mengetahui perkara yang tersembunyi dan isi hati seseorang, sebagaimana yang diri­wayatkan oleh Abdulloh bin Umar radhiyallahu ‘anhu, Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam, berkata kepadanya :

“Saya sembunyikan sesuatu untukmu.” Ia men­jawab: “Dukh.” (potongan dari kata dukhan yaitu asap) Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Pergilah dengan hina, kamu tidak akan melampaui kemampuanmu.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Akan tetapi Ibnu Shayyad tidak bisa menebak apa yang disembunyikan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kecuali hanya kata (dukh) sebagaimana kebiasaan paranormal yang mendapatkan bisikan dari setan.

Bahkan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutuk dan mencelanya. Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang yang berusaha mengetahui perkara yang tersembunyi dan isi hati seseorang, tiada lain kecuali para pem­bohong yang mengikuti para Dajjal dan setan.

KELIMA :

TENAGA DALAM MENGAJARKAN TEKNIK MENGISI BENDA HIDUP ATAU BENDA MATI UNTUK BERBAGAI KEPERLUAN

Ini adalah tradisi jahiliyah yang tidak lepas dari sihir. Ini adalah salah satu bentuk praktek kesyirikan yang mengurangi atau bahkan mem­batalkan tauhid seseorang. Tujuan pengisian tersebut adalah untuk dijadikan jimat, pengasih­an, penjagaan, kewibawaan, dll. Praktek seperti ini dihukumi oleh Islam sebagai perbuatan syirik sebagaimana sabda Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Barangsiapa menggantungkan jimat ia telah berbuat syirik.” (HR. Imam Ahmad, al-Hakim dan Abu Ya’la)

Jika benda mati atau makhluk hidup yang telah diisi dijadikan sebagai jimat dengan keyakinan bahwa ia adalah penyebab mendatangkan kebaik­an dan menolak madhorot, maka ini adalah syirik kecil yang merupakan dosa besar. Namun, bila pelakunya menyakini bahwa benda tersebut de­ngan sendirinya mampu mendatangkan kebaikan dan menolak madhorot, maka ini adalah syirik be­sar yang mengeluarkan seseorang dari Islam.

Sebagian guru tenaga dalam ‘mengisi’ murid­nya dengan ‘energi’nya dan ilmu-ilmu yang lain, maka ia telah membuat muridnya sebagai “jimat hidup”. Hal ini akan berdampak buruk bagi murid sebab ia akan selalu bergantung kepada diri­nya dan lupa kepada pertolongan Alloh Ta’ala dan

Hilang atau menipis rasa tawakkalnya kepada Yang Maha Kuasa. Hal ini karena ia telah merasa memiliki jimat yang akan menyelamatkannya dari segala bahaya dan kejahatan. Ini adalah keyakinan yang syirik. Alloh Ta’ala tidak akan menyempurnakan hidup orang yang seperti ini, hidupnya tidak akan tentram dan aman sebagaimana sabda Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Barangsiapa menggantungkan (memakai) jimat maka Alloh tidak akan menyempurnakannya (yakni tidak akan menjauhkannya dari musibah) dan barangsiapa menggantungkan tumbal (sejenis jimat untuk menen­teramkan perasaan) Allah tidak akan membiarkannya hidup tenteram.” (HR. Imam Ahmad)

Maksud ia hanya akan mendapatkan apa yang bertentangan dengan keinginan dan tujuannya.

KEENAM :

PADA ILMU TENAGA DALAM TERDAPAT TEKNIK PEMBENTENGAN BENDA HIDUP ATAU MATI DARI SEGALA BAHAYA, DAN TEKNIK UNTUK MENGUSIR JIN

Tidak diragukan lagi, teknik ini bertentangan dengan cara yang disyari’atkan untuk menjaga diri segala kejahatan dan mengusir jin. Teknik yang diajarkan di ilmu tenaga dalam adalah salah satu bentuk praktek perdukunan dan sihir yang diharamkan agama.

Seorang mukmin meyakini bahwa tidak se­orang pun yang bisa memadhorotkannya kecuali apa yang telah ditakdirkan Alloh Ta’ala akan menim­panya. Sehingga ia selalu meminta perlindungan dari Alloh Ta’ala dan bertawakal kepada-Nya. Sebab Dia-lah Dzat yang bisa menyelamatkannya dari bermacam bahaya. Inilah konsekuensi dari tauhid dan keimanan yang tertanam di hatinya.

Oleh karena itu ia cukup membaca dzikir­-dzikir yang disyari’atkan untuk menghadapi bahaya untuk mengusir jin. Seperti do’a yang ajar­kan oleh Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini :

“Barangsiapa singgah di suatu tempat dan dia mengu­capkan : A’uudzu bi kalimaatillahi attaammaati min syarri maa khalaq’ (aku berlindung dengan kalimat­-kalimat Alloh yang sempurna dari kejahatan makhluk ciptaan-Nya), maka tidak ada sesuatu pun yang membahayakannya sampai ia  pergi dari tempat itu” (HR. Muslim)

Sedangkan untuk mengusir jin cukup baginya dengan membaca dzikir pagi sore terutama ayat Kursi, sebagaimana yang terdapat dalam hadits yang shohih yang diriwayatkan oleh Abu Hu­roiroh radhiyallahu ‘anhu bahwa setan mengajarkan do ‘a berikut :

“Apabila kamu hendak tidur bacalah ayat kursi, Alloh senantiasa akan menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai pagi.”Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Ia telah jujur (berkata) kepadamu, sedang ia adalah pem­bohong (besar) itu adalah setan.” (HR. Bukhori)

Demikianlah cara syar’i dalam membentengi diri dari segala bahaya dan untuk mengusir jin. Adapun teknik yang diajarkan dalam perguruan ilmu tenaga dalam adalah cara bid’ah yang diharamkan oleh agama. Landasan ilmu tenaga dalam tiada lain adalah dibisikkan setan kepada para walinya.

Demikianlah sebagian kesesatan dan kesyirik­an yang terdapat dalam ilmu tenaga dalam dan sejenisnya. Dari pemaparan di atas kita bisa me­mahami betapa besar peranan setan dalam me­nyesatkan manusia dari jalan yang benar. Juga dapat disimpulkan bahwa mempelajari ilmu tenaga dalam adalah haram karena tidak ber­manfaat di dunia dan di akhirat, bahkan ia merupakan cara setan dalam menjerumuskan manusia kepada pelbagai kesesatan dan kesyirikan yang bisa membuat seseorang keluar dari agama Islam.

Mudah-mudahan kajian yang sederhana ini bermanfaat bagi penulis dan para pembaca. Penu­lis berdo’a semoga Alloh Ta’ala senantiasa menun­juki kita kepada kebenaran dan memberi kita kekuatan untuk mengikuti dan mengamalkan­nya. Semoga Alloh ‘Azza wa jalla memperlihatkan kepada kita kebatilan sebagai batil dan diberi kekuatan untuk meninggalkannya. Amiin. []

[Disalin dari Majalah Al FURQON, Edisi 10. No: 102  dan Edisi 11. No: 103, tahun ke-9 1431-H/2010-M, untuk dipublikasikankembali di ibnuabbaskendari.wordpress.com]

Catatan Kaki:


[1] Lihat http://id.wikipedia.org/wiki/Tenaga_dalam

[2] Lihat http://metafisis.wordpress.com/2009/11/22/penyimpangan-dan-kesesatan-keilmuan-tenaga-dalam

[3] Lihat : http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_tenaga_dalam

[4] Lihat : http://id.wikipedia.org/wiki/meditasi dan (http://id.wikipedia.org/wiki/Zen

[5] Lihat : http://metafisika.wordpress.com/2009/11/22/penyimpangan-dan-kesesatan-keimuan-tenaga-dalam/

[6] Lihat : http://metafisis.wordpress.com/2009/11/22/penyimpangan-dan-kesesatan-keilmuan-tenaga-dalam/)

Baca juga artikel ini : http://aslibumiayu.wordpress.com/2011/11/21/pengobatan-dengan-tenaga-dalam-bolehkah/

  1. adiansyah
    Mei 23, 2014 pukul 8:05 am

    pak,tapi bagaimana kalau kita mempelajari ilmu itu untuk sesuatu yang bermanfaat seperti kesehatan,serta memaksimalkan tenaga yang kita keluarkan dalam pekerjaan sehari-hari .

    selain itu kita mempelajarinya untuk berjaga-jaga siapa tahu saat umpama kita sedang di perantauan kemudian suatu keadaan memaksa kita untuk mempelajari ilmu tenaga dalam untuk pertahanan diri…

    terimakasih mas adiansyah,. sudah komentar disini,
    Tenaga dalam itu adalah kemampuan yang timbul bukan dari diri kata semata, tapi ada campur tangan jin disana, dan ini suatu perbuatan dosa,

    Minta perlindungan dari kejahatan makhluk bukan kepada jin atau setan, tapi minta kepada Allah, bukan minta bantuan jin atau setan dengan perantaraan tenaga dalam,

    Kenalilan hakekat tenaga dalam, jangan tertipu oleh namanya,.

  2. opin
    Januari 3, 2014 pukul 2:06 pm

    kak ..bukankah belajar tenaga dalam menyehatkan badan karena mengolah pernapasan..

    kenapa bisa dikatakan bid’ah,bukankan itu termasuk urusan dunia,klw gak salah rosullulloh pernah bersabda kalo urusan dunia kamu lebih tau dari pada aku tapi kalo urusan akhirat jangan sekli kali kamu melampoi aku..
    hadisnya lupa..

    kalo di katakan bid’ah berarti silat,karate, senam kesehatan juga bid’ah kak..mohon penjelasan

    Terimakasih dik opin,
    Jika yang dilakukan adalah senam pernafasan murni, atau silat yang murni memang tidak ada unsur magicnya, itu tidak apa-apa,. bukan hal yang terlarang, malah kadang itu bagus untuk menjaga diri dari musuh, untuk berjihad melawan musuh Allah,

    Yang terlarang disini adalah jika dia bisa memunculkan kekuatan yang luar biasa diatas nalar, seprti tidak mempan dibacok, bisa memukul musuh dari jarak jauh, bisa tidak apa-apa dibakar,dll, ini adalah sudah ada campur tangan jin atau setan,. dan ini yang terlarang,.

    Adapun karate,pencak silat, jika itu murni memang belajar silat, itu tidak apa-apa, namun sepengetahuan saya banyak grup-grup/perguruan pencak silat juga tidak luput dari penyimpangan, yaitu ada ritual-ritual khusus utk memiliki semacam kesaktian, ini pun terlarang, masuk dalam katagori tenaga dalam yang diharamkan,

    Mudah-mudahan dengan penjelasan ini dik opin bisa paham,. saya juga dulu ikut pencak silat SHT, juga tapak suci , keduanyapun tak lepas dari ritual/mantra tuk punya kekuatan yang luar biasa, kebetulan guru yang ngajar selain ngajar di SHT juga ngajar di tapak suci,

  3. eley86
    Desember 30, 2013 pukul 3:54 pm

    Asalammualaikum

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    dosa pahala semua hak allah die yg mengetahui.tak semua tenaga dalam ajaran sesat…yg penting niat kite kerana allaah tuann tahu ke asok mati nk masukk syurge ke nerake.blm tentu lg kn.

    terimakasih eley,.Niat yang baik saja tidak cukup untuk membuat amalan tertentu adalah baik, apalagi sebaik-baik manusia di muka bumi ini saja tidak mempunyai tenaga dalam, dalam berperangpun beliau mengalami luka, rontok giginya, beliau pakai baju besi, TIDAK MENGGUNAKAN TENAGA DALAM, demikian pula abu bakar,umar,utsman,ali, dan seluruh para sahabat,. demikian juga imam hanafi,malik,syafii,ahmad, imam bukhari,muslim, dan para ulama lainnya, mereka tidak memiliki tenaga dalam,

    Jadi, darimanakah sebenarnya datangnya kekuatan tersebut? darimana lagi kalau bukan kerjasama dgn jin/setan,.

  4. Herry
    Desember 26, 2013 pukul 7:47 am

    saya masih belum yakin dgn yang disampaikan, karena ada pihak tertentu yg menyusup ke dalam islam supaya islam meninggalkan beberapa kebiasaan yg bermanfaat tetapi dikatakan bidah, supaya islam tidak memiliki kekuatan sehingga mudah di hancurkan, itu juga yg diharapkan yahudi, mereka yahudi takut dgn islam yg suka Ziarah ke makam para aulia karena peziarah akan mendapatkan berkah apabila men doa kan ahli kubur dan muslim sering mendapatkan kekuatan yang tdk terduga, sedangkan baginda rasul mendapatkan jaminan perlindungan, bahkan malaikat ingin mengangkat gunung untuk ditimpakan kepada org yg menyakiti rasul, dan apakah pendakwah harus menunggu malaikat datang untuk melindunginya? kalau tdk ikhtiar atau mempelajari sesuatu ilmu bagaimana bisa melindungi diri? sedang mempelajari tenaga dalam hanya dgn cara pengolahan nafas dan konsentrasi kenapa di sebut haram? konsentrasi tersebut juga dgn cara komunikasi dgn dzat Allah, yaitu ber dzikir. Menurut saya haram apabila suatu ilmu menjadi sarana untuk menjauh kan diri dari sang pencipta atau bahkan menyekutukanNya.

    terimakasih mas Herry,
    Yahudi tidaklah takut dan gentar dengan canggihnya persenjataan kaum muslimin,.
    Yahudi dan nasrani sangat gentar ketika kaum muslimin paham akan agama mereka, menjalankan ibadah dengan benar, sesuai yg diajarkan oleh rasulullah, tidak disertai kebidahan dan kesyirikan,.

    Yahudi dan nasrani akan merasa gentar dan takut ketika masjid-masjid kaum muslimin penuh ketika waktu shalat wajib 5 waktu, bukan ketika shalat jumat saja,.

    Bukan dengan tenaga dalam, indonesia sudah terkenal banyak orang saktinya yg punya ilmu kesaktian, ilmu kedigdayaan yang tinggi, ada brama kumbara, arya kamandanu,kian santang,prabu siliwangi, dan seabrek pendekar sakti lain dengan ilmu tenaga dalam yang super hebat, nyatanya tidak berhasil mengusir penjajah kafir, malah indonesia dijajah ratusan tahun,.. gimana tuh mas Herry,.

    Padahal rasulullah, beliau berperang menggunakan baju besi, waktu perang beliau terluka, bahkan gigi beliau rontok,.
    beliau tidak punya ilmu kebal, tidak punya tenaga dalam,

    Berpikirlah yg logis, jangan tertipu dengan istilah, dan jangan tertipu dgn kekuatan dari campurtangan jin dan setan,.

  5. November 21, 2013 pukul 9:58 am

    ea pasti benar itu >

    terimakasih atas inpormasinya
    salam dari ku:
    rizky ramadani.din rantau prapat labuhan batu medan sumatra utara .

    wa’alaikumussalam

  6. Novian
    Oktober 5, 2013 pukul 8:28 pm

    Yang Jelas Ilmu sangat luas Tetapi Tetap ada Aturanya (hukum)

    Dan Allah sudah menyampaikan melalui rasulnya,.. islam sudah sempurna, tidak perlu ditambah dan dikurangi,

  7. hangga
    September 29, 2013 pukul 4:38 pm

    hehehe …… ente nggak paham dunia tenaga dalam, sdh langsung membuat kesimpulan tenaga dalam sesat….. huahahahaha. Memang ada 2 macam tuh, tenaga dalam pake mantra2, disusupi jin, dll. Yang ini bisa didapat instan, inilah yg menyesatkan. yang kedua adalah tenaga dalam yg dibangun pake pengaturan pernapasan saja tanpa embel2 doa-mantra dll. Nah kalo disebut Rasulullah nggak make, la wong teknologi ini nggak sampe ke belahan dunia arab saat itu. Nih ilmu, ane sebut ilmu krn bisa dikuasai siapapun juga nggak mandang agama/keyakian, pun tanpa mantra….. Nih ilmu sumbernya di negeri cina, yg punya peradaban ribuan tahun sblm masehi. Ilmu ini cuma bersemi di belahan dunia asia timur…… dari cina menyebar hingga tanah melayu. Nih tenaga dalam benar2 ilmu pengetahuan murni yg bisa digapai oleh siapapun manusia.

    kalo ente sebut tenaga dalam (pernapasan) itu sesat, maka sesat pula ilmu beladiri pencak silat, karate, yudo, taek wondo, dll. Oleh karena di dalam setiap ilmu beladiri, yg masing2 punya gaya sendiri, setiap ilmu beladiri akan sampai pada suatu tahap tenaga dalam, inilah puncak tertinggi ilmu beladiri….. bahasa keren nya Martial Art. Ilmu beladiri ini adalah bagian dari Ilmu Peperangan “khas” asia timur, yg tidak dipunyai bahkan tidak dipahami oleh bangsa2 Eropa, dan Arab.

    kalo ente sebut ini nggak ilmiah ….. yg biasa sebut kagak ilmiah tuh bangsa eropa. masuk akal sekali karena Martial Arts ini juga tidak menyebar subur di bangsa eropa, kecuali saat modern ini, ketika informasi telah menyebar luas. Jadi soal ilmiah atau kagak ilmiah tuh diliat dari siapa yg nyebut, seringkali orang sebut kagak ilmiah karena dia sendiri kagak memahami. persi kaya elu tuh….. sampe menyebut sesat segala … hehehe. contohnya pengobatan tusuk jarum cina dan pengobatan dg herbal ….. masih ada tuh kalangan dokter yg notabene pendidikan barat mencapnya sebagai “tidak ilmiah” …..huahahahaha.

    kalo ente sebut “jika orang indonesia punya ilmu tenaga dalam, maka akan superior dalam peperangan, akan bisa mencegah penjajahan belanda 350th…. dsb dsb” ….. sebelum memvonis sesuatu yg anda sendiri tidak memahami suatu ilmu tentunya ini hal yg absurd. Bangsa Cina ribuan tahun yg lalu menggunakan beladiri dan tentu saja dg tenaga dalam sebagai standar kemampuan tentaranya. Bangsa jepang pun sama, kalangan shogun punya ilmu lengkap dari pedang, tangan kosong, sejata pelontar, dan …. tentu saja tenaga dalam. Jadi kenapa mereka bisa kalah oleh bangsa eropa …. hehehehe….. hal ini perlu pembahasan soal ilmu militer, yg sepertinya anda pun sama sekali tidak ada kepahaman disitu.

    Kalo ente sebut ilmu tenaga dalam nggak dipakai di Tentara Nasional Indonesia…. ente salah besar. Ilmu tenaga dalam dipakai di pasukan kusus yng sangat disegani dunia, Kopasus, Kopaska, dll. Kalo ente sebut ilmu ini kagak dipakai di dalam peperangan modern saat ini…… , anda juga salah besar. …… coba liat lah di markas tentara pasukan khusus …. itupun kalo anda diijiinkan masuk …. hehehe.

    pesan ane nih …… Ilmu Allah itu sangat luas, seluas samudra, sementara manusia hanya dikasih kesempatan mencicipi seujung jari. Ente termasuk orang yg mengangap jari orang lain salah nyelup …. sesat nyelup ilmu ….. dsb… dsb…… ente termasuk kaya katak dalam tempurung yg sdh mengaggap paling pintar di seluruh dunia…… hehehehe.

    salam katak dalam tempurung

    Terimakasih atas komentarnya yg cukup panjang,.
    Yang disoroti dalam artikel tenaga dalam itu adalah kemampuan luar biasa yang timbul bukan merupakan hal kewajaran, bukan seperti hal-hal yang memang bisa dilatih seperti jurus2 silat, namun hal-hal yang luar biasa yang mustahil dilakukan dengan upaya manusia saja. Tapi menggunakan bantuan jin / setan,

    Contoh paling mudah saja, indonesia banyak orang sakti, sebut saja sebagaimana dalam sandiwara2 atau kisah-kisah para pendekar di indonesia, bukankah mereka sakti-sakti, punya tenaga dalam yang bukan sekedar KENTUT, mereka punya ajian segara geni, bayu bajra, saepi angin, dll..

    akan tetapi,..

    kenapa indonesia dijajah ratusan tahun? malah dijajah oleh orang kafir, kemana para pendekar tersebut?

    Bukankah jika tenaga dalam itu murni dari manusia, maka akan dengan mudah mereka mengalahkan penjajah?

    Kenapa penjajah tidak bisa dikalahkan? sebab tenaga dalam itu bukanlah hal yang dibenarkan dalam islam, sehingga penjajah yang notabennya adalah kafir, musuh islam, tetap bercokol, karena umat islam sendiri masih melakukan kerjasama dengan setan, yg notabennya adalah musuh islam,

    SEandainya tenaga dalam itu benar, ngga perlulah kita buat tank, pesawat tempur, sdh cukup gempur saja musuh dengan tendangan jarak jauh, pukulan jarak jauh, atau ajian bayu bajra,. enak kan tuh mas,.. he..he..he..

    seandainya tenaga dalam itu benar, ngga perlulah polisi anti teror menggunakan rompi anti peluru, kan sudah kebal,

    INGAT mas, bedakan antara ketangkasan atau kemampuan yang memang itu bisa dilatih, dengan kemampuan luar biasa yang itu bukanlah berasal dari manusia, tapi atas upaya makhluk lain, atau menggunakan sihir, contohnya sangat banyak, spt kebal ngga mempan dibacok, dibakar, atau disiram air keras tdk apa-apa, memasukan tangan kedalam minyak yang mendidih, makan beling,.dll.

    Saya nukilkan komentar pembaca disini, tentang china,

    katanya di china itu gudangnya ilmu/beladiri yg terkenal dgn tenaga dalamnya kan…

    dan katanya tenaga dalam itu dpt di aplikasikan ke dlm kehidupan sehari-hari…

    tp nyatanya…

    blm ada terdengar ada atlet dr china yg memecahkan rekor lari tercepat dunia dgn menggunakan ilmu ginkang(meringankan tubuh)nya ??…

    blm ada jg terdengar atlet dr china yg memecahkan rekor di cabang angkat besi krn tenaga gwakang(tenaga luar)nya…

    dan jg blm pernah ada terdengar atlet dr china yg menjadi juara tinju dunia(padahal kl punya TD,maka akan gampang meng ko lawan2nya)

    he..he..he… yg di film itu lain dengan aslinya mas ari,..

    indonesia juga banyak orang sakti, seperti wiro sableng,satria madangkara,dll…

  8. Upil Hakim Edge
    September 27, 2013 pukul 7:47 am

    Piye Iki Kok rak Ono Corone,Tolong Dibalas

    Ora susah belajar tenaga dalam mas, sing cara alami ge ana, tenaga dalam kuwe monine, tuuuuuttttt.. gampang kang, mambune ya mantep,. srog njajal dipraktekke dewek ,.

  9. naelil16
    Juli 17, 2013 pukul 9:24 am

    SubhanAllah! Baru saja saya berkehendak untuk ikutan salah satu perguruan silat tenaga dalam. Kebetulan tadi ada yang promosi di sekolah. Tapi ragu. Setelah membaca ini, insyaAllah enggak, sudah tahu keputusan pastinya.

    Alhamdulillah,.. mudah2an kaum muslimin sadar akan hakekat tenaga dalam ini, walaupun berkedok agama atau disisipi dzikir2 yang berbau islam,

  10. sa'dul bahri
    Juli 9, 2013 pukul 5:55 am

    Asslm…. Wr Wb

    Wa’alaikumussalam warahmatullahiwabarakatuh

    sebelumnya saya mohon maaf. menyimak pernyataan diatas bahwa “tenaga dalam bukanlah kelebihan yang diberikan oleh Allah, akan tetapi dari jin atau setan”. nah, untuk membuktikan secara dalil dan logoka bahwa kekuatan itu berasal dari syaitan atau jin,”

    Terimakasih mas, jika itu betul dari Allah, maka tidak bisa dipertontonkan, dan tidak bisa dimunculka dengan sengaja, apalagi dengan atraksi-atraksi yang spektakuler, seperti tidak mempan dibacok, tidak mempa dibakar, itu semua adalah sihir, dan sihir adalah bantuan dari jin,

  11. alif
    Juni 22, 2013 pukul 1:49 am

    alhamdulillah.. lebih baik bersatu, perbedaan adalah rahmat.
    jangan pake google, jangan pakai mobil/motor/transportasi berbahan bakar fossil/BBM/BBG jangan pakai obat kimia kalau sakit, karena itu semua dizaman rasulullah saw juga ga ada.

    Talk Less do More, kalau uda melakukan baru komentar dengan bukti nyata bukan hanya dengan kutipan.

    masih banyak yg belum disebutin mas,. jangan makan bala-bala, jangan makan cilok, jangan naik sepeda,jangan naik pesawat,. dan baca artikel ini dulu mas,.

  12. ahsan
    Mei 26, 2013 pukul 9:34 am

    salam kenal.

    salam kenal kembali mas,.

  13. Nur Na'il al-jabal nur
    Mei 17, 2013 pukul 7:04 pm

    Aslmkm…

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    Pk,. Dulu sewaktu kami ke kalimantan barat tahun 1999. Saat sy ikut ayah sy si’ar dan ceramah di perdalaman,umur sy 10 tahun waktu itu, diajak sewaktu liburan sekolah, berjalan kaki lebih kurang 14 Km,melewati jalan setapak,.

    Saat itu rombongan kami terdiri dari 2 org masyarakat asli perdalaman sebagai penunjuk jalan, dan 4 orang rombongan kami ,jumlah nya 6 orang semua. Sepulang dari ceramah,kami di cegat rampok.mereka tidak berkata banyak langsung menebaskan parangnya, 2 penduduk asli tsb terkena bacokan senjata tajam, dan Alhmdulillah kami ber 4 selamat, karena sewaktu menyerang ayah sy, ayah sy mengibaskan tangannya kedepan dan rampok2 tsb tersungkur muntah darah.

    Ayah sy dipercaya Kyainya untuk ceramah khusus daerah/ tempat2 yang rawan di perdalaman.

    Saat ini sy tau kalau ayah sy menggunakan Tenaga Dalam.Kira-kira apakah ayah sy sesat pk?!

    Masalahnya apakah ayah anda itu bisa memunculkan atau menggunakan hal-hal yang seperti itu dengan sengaja, bisa menampakkan atau mengeluarkan kemampuan luar biasa tersebut secara sengaja? jika iya, maka itu tenaga dalam atau atas bantuan kekuatan Jin atau setan, sebab hal-hal yang luar biasa yg terkadang dialami oleh orang-orang yang bertakwa itu timbul secara tidk terduga, tidak sepengetahuan dia, bahkan dia tidak bisa mengulangi hal-hal yang luar biasa tersebut, itu semata-mata pertolongan dari Allah, tidak bisa dipertontonkan, dan tidak bisa dipelajari,

    Ayah sy selain seorang Da’i + sebagai tukang Ruqyah juga.

    Sy pernah tanya ayah sy,bagai mana caranya bisa seperti beliau.Beliau bilang harus Hapal Al-Quran,ta’at dan bertaqwa pada-Nya,supaya keselamatan dari-Nya lebih mudah terjadi sesuai do’a yg kita pinta.

    Rasulullah, beliau adalah manusia yang termulia di muka bumi ini, beliau tidak memiliki kehebatan seperti diatas, beliau ketika berperang memakai baju besi, beliau bisa terluka, ketika perang uhud, beliau giginya rontok, ketika beliau berdakwah dilempari oleh kaumnya, kaki beliau berdarah, kurang apa lagi, namun rasulullah tidak memiliki tenaga dalam, dan tidak pula mengajarkannya

    Sdgkn bisa terjadi tsb diatas itu adalah sebagian kecil pelindungan dari-Nya serta atas Izin-Nya.

    Mohn masukan dari pk,nanti jawaban pk akan sy perlihatkan dengan beliau,supaya menjadi masukan dan kajian.

    Mhn pula alamat ke diaman/ Pompes pk ustadz supaya kami bisa bersilaturahim suatu saat nanti.

    Saya tidak bisa menjawab, silahkan saja anda hubungi ustadz-ustadz yang ada di kalimantan, atau anda sendiri bisa menghadiri kajian di kalimantan, silahkan lihat jadwalnya disini , disitu juga ada kontak personnya, barangkali anda mau bertanya langsung kepada ustadznya, minta penjelasan dan lain-lain, silahkan hubungi langsung, klik disini untuk melihat jadwalnya

    Wassalam…

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

  14. falakh
    Mei 14, 2013 pukul 5:55 pm

    baca QS. Al-Hadid(besi)
    besi=Fe, terkandung dalam darah berupa zat besi.

    Tenaga dalam /= Metafisiaka

    Ilmu tai chi apakah termasuk yang tidak boleh di pelajari? karena berasal dari cina. taichi tidak boleh marah, harus tenang.

    anda pernah belajar ilmu yang anda terangkan?

    kami umat yang masih kurang mengerti tapi sebaiknya berhati” dan saling mengingatkan

    terimakasih mas,.
    sama saja mas, justru teman-teman saya malah merasa keropotan mengobati orang yang belajar semacam itu ke china,. jin nya susah untuk di usir,.

  15. M.Mukhlis
    Mei 5, 2013 pukul 1:35 pm

    Admin tolong donk kirimin saya mp3 nya kronologis dari NU pindah ke salaf ustad zainal abidin. tolong ya admin aku gk bisa download nih.

    silahkan download disini: http://www.archive.org/download/KronologisKenapaKeluarDariNu/KronologisPindahDariNuKeSalaf.mp3

  16. hauzan113
    Mei 2, 2013 pukul 6:54 am

    Assalamualaikum. Terimakasih sudah berbagi ilmu melalui blog ini. Semoga menjadi ladang ibadah Bapak. Aamin. Waalaikumslam.

    Amiin,..
    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

  17. ahmad taher nasution
    April 19, 2013 pukul 9:22 pm

    Assalamu’alaikum..

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    Saya baru menemukan artikel ini,dan alahamdulillah sangat bermanfaat saya rasa..Karena saya sekarang sangat jauh dari agama,terima kasih dan mudah-mudahan artikel ini bisa saya jadikan pedoman untuk berubah dan bertaubat..Insya Allah…

    Alhamdulillah

  18. ruli setiawan
    April 15, 2013 pukul 7:22 pm

    Assalamualaikum…..

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    sahabat-sahabat semua, semoga sedikit cerita saya bisa bermanfaat bagi kita semua.
    Dulu saya bisa dibilang praktisi tenaga dalam. Memang benar, hakikatnya untuk mendekatkan diri pada Sang Khaliq, saya dulu belajar Reiki, same tahapan master, sampai tahap dimana saya bisa mewariskan ilmu tsb kepada orang lain.

    Waktu saya menggunakan itu, memang, saya tidak kok terus berzina, mabuk, dll. Apalagi berbuat maksiat, tapi justru saya rajin shalat, beribadah kepada Allah, tapi percayalah, itu semua hanya kedok dari JIN yang ternyata DIMASUKKAN dengan cara diisikan.

    Pengijazahan atau attuchment atau pengisian atau apapun itu, intinya satu. Dimasukkan JIN, namun entah hidayah Allah atau memang saya yang gebleg, ceritanya “harusnya” sampai tahapan ini saya sudah bisa “melihat” alam ghaib, bisa berinteraksi dengan makhluk halus, yang justru saya ini tidak bisa.

    Hal ini menimbulkan pertanyaan:

    “akal berbicara”, Aku ini banyak dosa apa yah?

    lalu saya mencari, dan terus mencari…. hingga akhirnya menemukan sebuah artikel yang diposting oleh dokter yang belajar reiki, dengan sangat logis, dan tidak perlu dengan iman, dengan akal pun, hal itu bisa diterima (bagi yang akalnya tidak tertutup/ditutupi syetan. Naudzubillah)

    Dulu, adaaaaa aja cara syetan dlm diri saya “menyelewengkan”, mungkin hingga saat ini masih, mulai dari percaya dukun (yang notabene teman saya sendiri), lalu alam astral (yang menjadi alasan mempelajari ilmu ini), dll. Dan sebenarnya hal itu bisa dijelaskan dengan akal manusia.

    Gendam/hipnotis, disalahkan hipnotisnya, padahal hipnotis itu ilmiah, tapi karena cara membuat pasien ke alam bawah sadar itu menggunakan JIN, makanya hipnotis disalahkan, padahal bisa kok, kita menghipnotis orang tanpa menggunakan JIN. Buktinya, kita semua menggunakan hp yang mahal, yang canggih, yang bermerk, betul tidak?

    Lalu ilmu kekebalan, dengan dalih mengolah raga ini, kulit bisa keras mengalahkan besi, padahal disitu syetan ikut berperan, dia menyusup ketubuh orang tsb.

    ilmu menghilang? itu cuma hipnotis yang dilakukan oleh JIN itu, untuk menghilangkan orang-orang disekitarnya. Apabila ingin mencoba, saya dan teman-teman InsyaAllah akan menjelaskan apa itu hipnosis, yang murni IPTEK.

    Pernah lihat di televisi orang yang bugil tetangkap kamera cctv sedang merampok dengan santai? itu hanya BUDAK syetan yang diBODOHI oleh syetan yang “menghipnotis” orang-orang di rumah tsb, nah, syetan itu tetep ga bisa ngalahin teknologi,kenapa? karena teknologi mereka beda! kenapa kok bisanya mengelabui orang, gabisa mengelabui CCTV ky di film-film action gitu?

    Syetan tersebut senang, membodohi manusia, karena
    1. mereka menginginkan teman untuk dineraka nanti (kapasitas admin lebih besar dalam menerangkan ini daripada saya)
    2. mereka sebenarnya iri, kenapa manusia diciptakan Allah memiliki derajat lebih tinggi daripada dirinya….. (tolong admin jelaskan juga :D )

    Nah, bagaimana cara syetan untuk memberikan sugesti / affirmasi agar mereka bisa pelan-pelan memasukkan pesan ke alam bawah sadar manusia?
    caranya dengan cara “meng-Iyakan” praktek-praktek perdukunan atas nama Islam tadi. dengan cara tersebut, akan sangat gampang sekali memasukkan nilai-nilai/pandangan/kesesatan yang lain. karena alam bawah sadar manusia, seperti itu.

    Istilahnya, kalau sudah memasuki alam bawah sadar, (mohon di huruf tebal nih) “MANUSIA TIDAK AKAN TAHU, MANA YANG BENAR/SALAH, MANA YANG BAIK/BURUK”
    kalau anda tanya “masak iya?” Anda ga mungkin belum pernah tau praktek gendam? mentransfer di atm? menyerahkan barang berharga?

    Bagaimana caranya?
    JIN itu memberikan pesan-pesan dialam bawah sadar manusia (Jin memiliki kemampuan ini)

    bagaimana prosesnya?
    1. Pelaku memberi “kode” pada JIN yang telah “janjian” tadi, kode bisa berupa tepukan, atau pandangan mata, atau yang lain.
    2. Setelah korban masuk ke tahap hipnosa/trance atau dalam iptek nih, gelombang otaknya lebih rendah dari kondisi sadar. Dia mulai dimasukki sugesti yang itu tidak akan dibedakan baik/buruk/memalukan/merugikan bahkan, diminta mengingat masa lalu (tapi kalau masa depan tetap tidak bisa, kalaupun orang tsb menjawab, berarti dia ngelantur/bohong, karena kondisi trance itu sebenarnya kita sadar.)
    3. pada kondisi ini gelombang otak yang rendah tadi, bisa dimasukkan nilai-nilai kesalahan/kesesatan. Tanpa disadari oleh korban. dan bisa ditanamkan anchor / trigger untuk memanggil sugesti tsb.

    Susahnya?

    Kodisi masyarakat kita sudah bertahun-tahun dibodohi oleh hal ini, tahayul, dll (saya bisa ngmg gini karena dl saya juga pelaku, karena ijin Allah saya terus mencari kebenaran) betul tidak? dari lahir, kita sudah disugesti, kalau jangan main di luar waktu malam, nanti ada hantu, media-media memasang acara takhayul seperti pemburu hantu, uji nyali, dll. Ada yang menggunakan “embel-embel” Islam, kok bisa? baca tulisan saya tentang “Affirmasi/Konfirmasi Awal” yang diperlukan oleh syetan.

    Logika aja mas, kita dijajah 350 tahun, bayangkan, 3,5 abad, kalau dipikir dengan akal sehat, Kenapa kok kompeni tuh ga disanteti aja? biar abis? kenapa kok para pejuang, para ulama, para pahlawan, harus memerangi dengan cara berperang, bahkan bergerilya? Coba dilogika?

    Kenapa kok Indonesia tidak pernah menang dibidang olahraga? Sepakbola tingkat asia aja ga menang? kalau bolanya bisa “diisi” dibelokkan arahnya, ditendang bisa sekeras batu? kiper musuh tidak bisa bergerak, bola ditendang jadi banyak, dll ?

    Kenapa kok Karate Indonesia tidak bisa lolos olimpiade kalau tangan bisa diisi, sehingga sekali pukul lawan terpental? kenapa?

    Saya dulu, waktu masih mengamalkan reiki, (waktu itu sma) berkelahi dengan orang yang jauh lebih tinggi dan besar, takut sih ada, tapi saya percaya, dan lebih percaya karena memiliki “reiki” itu, saya isi tangan saya, dan ketika itu orang tersebut memukul, tapi tidak ada rasanya, dan saya dorong, dia terpental jauh. Itu nyata, saya melihatnya sendiri, dia terjatuh, dan mungkin saat itu, apabila tidak dipisah, saya jauh lebih percaya akan kekuatan syetan tsb, supaya dia mendapatkan pengakuan di alam bawah sadar saya bahwa “ADA KEKUATAN DISINI, YANG BERSUMBER DARI ALLAH, KARENA SYETAN JUGA MAKHLUK ALLAH”

    nah kan, apalagi yah? lomba-lomba tingkat internasional, terutama. Itu kenapa kok “mejen” ? karena mereka tidak percaya, mereka tidak mengakui eksistensi kekuatan itu, itu orang non muslim loh…. malahan?
    masa kita yang orang muslim, yang mengakui ke-esaan Allah, malah justru percaya? kan terbalik?

    Ada teman saya yang tergabung dalam Jogjakarta Hipnotis Community, yang karena ke tauhid-an nya, sehingga dia bisa kebal terhadap santet. Sudah banyak dukun yang di-Insyafkan nya. Sering dia bilang. “Silahkan lukai saya, dengan santet, atau dengan jarak jauh model apapun, apabila bisa, saya kasih uang, tapi apabila tidak bisa, silahkan melakukan taubat, dan berjanji meninggalkan hal itu”

    Apabila kita percaya kekuatan itu hanya milik Allah, InsyaAllah itu bisa terjadi, wallahualam bishawab, semua kebaikan hanya milik Allah dan apabila ada kekurangan atau kesalahan itu dari diri saya dan kebodohan saya…. saya sendiri masih berjuang memurnikan tauhid, karena itu pondasi yang sangat penting, ibarat saat ini saya sedang membangun dinding dan atap, pondasi hanya seadanya, bangunan pun akan mudah roboh dan tidak akan bisa menjadi besar,tanpa pondasi yang kuat….

    oiya, nb: ciri-ciri orang yang terhipnotis, dia mengalami REM (rapid eye movement) atau pergerakan bola mata yang cepat dan singkat, serta pandangan matanya kosong, orang yang kesurupan juga sering mengalami ciri-ciri seperti ini.
    Cara membangunkannya, kagetkan, tampar, atau buat sesuatu yang mengagetkan dia, sehingga otaknya berjalan pada frekwensi normal.

    Apabila ada yang kerasukan, dibacakan surat AlQur’an tidak sembuh (bahkan malah ikut membaca, yang kesurupan) pada waktu itu, dia bisa disadarkan (tapi tidak rekomendasi, tapi ini nyata, dan fakta, supaya kita sadar dan tidak dibodohi syetan) yaitu dengan cara disakiti, bisa dipukul, ditampar, ditendang, atau dibiarkan saja sampai orang tersebut lelah… pernah kejadian ada seorang teman yang kesurupan, dibacakan surat-surat pendek dia malah mengikuti, sembuhnya dilepar batu. :D tp inget, tidak rekomendasi yah, ditanggung penumpang pokoknya…..

    Untuk yg terakhir, itu tergantung tingkat keimanan dan ketakwaan si peruqyah juga,. pernah saya diceritakan oleh salah satu ustadz, ada orang kesurupan, lalu diruqyahlan orang tsb, dibacakan surat thaha ,yg diruqyah mengikuti bacaanya,. ketika si peruqyah berhenti membaca, eh yg diruqyah nerusin bacaanny, rupanya jin yg ada di dalam lebih pinter baca quran

    akhirnya diruqyah oleh seorang ustadz, cuma dibacakan alfatihah, maka jin tersebut keluar,

    Wassalamualaikum…..

  19. Idim
    April 15, 2013 pukul 9:55 am

    assalamualaikum wr wb

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    maaf pak , saya mau tanya kalo kita secara tidak sengaja melakukan hal yg termasuk syirik dan kita tidak mengetahuinya, apakah kita termasuk melakukan dosa besar ?

    Terimakasih mas Idim
    Perbuatan dosa yang dilakukan karena tidak sengaja, maka tidak dihukumi sebagai dosa, contoh ketika kita puasa ramadhan, lalu kita lupa sehingga kita makan, jika kita sengaja maka puasanya batal, dan itu dosa besar, jika tdk sengaja, maka puasanya tdk batal,
    Jika anda melakukan perbuatan kesyirikan, dan anda tidak paham bahwa hal tsb adalah syirik, dan sekarang anda mengetahui bahwa hal tsb adalah syirik, maka mudah2an Allah mengampuninya, dan kita bertaubat dari perbuatan tsb, dan berusaha agar tidak terjerumus dalam perbuatan itu lagi

  20. yadi
    Maret 31, 2013 pukul 8:15 am

    Sebelumnya Mohon Maaf pd adek yg membikin forum ini. Mungkin adek tidak menyimak komentar sy,. Kalau jaman sy itu pada tahun 1955 umur sy waktu itu lebih kurang 17 tahun hal tsb sudah di perdebatkan persis Forum ini, cuman Istilahnya bukan Tenaga Dalam,tapi Olah kanuragan atau Kedikdayaan ,dan sy tidak ikut seperti adek maksudkan,. Mhon baca sekali lagi komentar sy yg pertama. Semoga Allah swt memaafkan kita. Amiin. sy cuman mengajak bagai mana kita rangkul saudara2 kita untuk lebih fokus memecahkan ahlak pemuda -pemudi kita yg saat ini lebih cenderung berkiblat dalam pergaulan bebas,mabuk2kan dsb. Semoga hal tsb lebih disukai Allah swt,dari pada membahas hal seperti Tentang Tenaga Dalam dll nya.

    Oh, begitu, maaf jika saya salah tangkap,
    Justru praktek sihir ini lebih berbahaya, karena ini menyangkut masalah kesyirikan, meminta bantuan kepada jin atau setan, bahkan bisa disalahgunakan juga untuk memelet atau menghipnotis orang lain, dan tidak menutup kemungkinan praktek ini digunakan untuk merenggut kehormatan wanita,

    Apalagi praktek2 ini dbungkus dengan pakaian ustadz, dan dijadikan acara di tv, bahkan ratingnya tinggi,. seperti acara dunia lain, si pemburu hantu,.. ini lebih berbahaya dari pergaulan bebas,mabuk2an, dsb,

    Apalagi dalam praktek untuk memperoleh ilmu kedigdayaan atau sihir ini, si pelaku mempraktekan atau melakukan tumbal sesuai permintaan jin, semakin hebat,maka semakin hebat pula tumbal atau kesyirikannya,.

    Ingat, dosa syirik, allah tidak akan mengampuninya, berbeda dengan dosa mabuk,zina, disini bukan berarti menafikkan masalah mabuk dan zina,,. tapi skala prioritas,. mana yg didahulukan?

    para pemabuk, pezina, pelaku pergaulan bebas, mereka sadar, perbuatan mereka salah,. tapi coba lihat org yang belajar ilmu putih/sihir berkedok ilmu putih,. ilmu kebal, dll.. apalagi yg mengajarkan tenaga dalam adalah seorang yang dianggap ustadz,.. ini tentu lebih berbahaya,.

  21. yadi
    Maret 31, 2013 pukul 4:40 am

    Assalamu’alaikum. Wr. Wb…

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    Sholawat dan salam kita panjatkan kepada Nabi besar Muhammad saw dan semoga Allah swt mengampuni kita semua dari hal2 perbuatan sia2 karena lebih memilih berdebat dari pada menambah ta’at pada Allah swt. Bagi adek2 yg diForum ini, sewaktu tahun 1955 umur sy waktu itu 17 tahun, hal seperti ini pun telah diperdebatkan,namun dulu bukan disebut Tenaga Dalam,lebih disebut Olah Kanuragan serta Kedikdayaan dsb nya, hinggalah sampai saat ini hal tsb masih diperdebatkan tanpa ada titik temunya. Sy mengajak lebih baik kita bersama2 mendekati diri pada Allah swt sehinga kita cinta pada-Nya,apa bila kita sudah cinta pada-Nya,sy pastikan adek2 akan sibuk bersama-Nya dan penuh kerinduan ingin bertemu dengan-Nya, dan sabarlah kelak apabila sudah saatnya kita dipnggil-Nya,dan bertemu pada-Nya, makan kita semua akan tahu jawabannya sampailah hal yg adek2 bahas diForum ini.Sekali lagi mari kita ubah diskusi kita dgn bagai mana caranya kita mempersatukan Umat untuk mencari jalan keluar terhadap masalah akhlak pemuda dan pemudi kita saat ini yg lebih berkiblat pada pergaulan bebas,minum2an keras dsb. Mari kita selamatkan keluarga kita dari hal tsb. Amiiin..
    Ya allah,tetapkanlah hati kami berjalan mencari Mu,menemukan Mu hingga kami sampai ke Hadirat Mu, cabuatlah dari hati kami,sifat2 pemarah,pembengis,bersakit2 hati,iri hati,dengki,busuk hati.Cabutlah dari hati kami dari sifat Ria,takabur,ujub/sam’ah.Cabutlah dari hati kami sifat Hayal panjang angan2 was2 bimbang dan ragu.Cabutlah dari hati kami dari sifat Jahil murakab serta lalai pada Mu.Hiasilah hati kami dengn sifat2 Iman,Islam,Ihsan,mak’rifat,kana’ah,sederhana,ikhlas,tawadu,bertambah Ilmu bertambah Amal. Ya allah engkau yg kami Maksud,Keridhoaan Mu yg kami cari,kami mohon Ya Allah cinta Mu untuk kami lebih mengenal Mu.Ya Allah lindungilah kami dari Bala bencana yg datang dari atas,dari bawah,dari depan dan belakang kami,limpahkanllah rezeki yg Halal dan Barokah agar kami lebih kuat beribadah pada Mu. Semua ini berkat kalimah Laa Ilaha Illallah.. Ya Allah engkaulah pencipta kami,pelindung kami,tempat kami bernaung,karunia Mu adalah penghibur kami,agar kami bersabar untuk menanti perjumpaan dengan Mu,serta berjumpa dengan kekasih Mu Nabi Besar Muhammad saw.Sesungguhnya Janji Mu adalah benar.Maafkanlah kami atas kekurangan serta ketidak sempurnaan Amal Ibadah kami selama ini,sesunguhnya engkaulah Maha sempurna. Wahai Allah jgn murkai kami apa bila ada yg berbuat salah,bimbinglah kami kejalan yg lurus,jalannya org2 yg engkau Ridho bukannya jalan Org2 yg engkau murkai.Sesungguhnya siksaan Mu sangak pendih dan sangat menakutkan. Amiin ya Robal Alamiin..

    Jika anda mengaku mencintai Allah, maka tinggalkanlah praktek tenaga dalam atau ilmu kanuragan / kedigdayaan /ilmu putih atau hitam, dan hal2 lainnya,. karena semua itu adalah salah satu praktek sihir yg melibatkan bantuan jin/setan

    Tapi jika anda mengaku mencintai allah, tapi masih mempelajari hal diatas, atau mengatakan ini adalah tidak apa2,.. maka pengakuan cinta anda adalah palsu,.

    Allah membenci dan mengingatkan bahaya sihir, nah kok ada orang yg mengingatkan bahayanya, anda malah merasa tidak suka, dan menganggap ini hanya memancing perdebatan….

  22. denny wijs
    Maret 14, 2013 pukul 1:19 pm

    assalamu’alaikum…

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    saya telah membaca blog anda, setelah saya membaca tafsir alqur’an dan beberapa buku tentang hal yang gaib, ternyata memang benar TD itu adalah haram karena ada bantuan jin dan setan. pada hakikatnya jin tidak mau diperintahkan atau dimanfaatkan oleh manusia, kalaupun ada itu pastilah untuk keburukan dan menyesatkan.

    tetapi bagaimana dengan hipnotis? saya sudah mempelajari ilmu ini dari buku, tetapi untuk mempelajarinya tidak ada unsur gaib, amalan, ritual, melakukan hal2 yang aneh, ataupun dzikir. ini murni ilmu pengetahuan dan bisa di jelaskan oleh ilmu kejiwaan..

    terimakasih mas denny, hukum hipnotis utk lebih jelasnya bisa anda baca disini

    memang untuk membicarakan soal islam tidak boleh sembarangan dan harus berdasarkan ilmu yang cukup.. oleh karena itu saya membutuhkan pendapat anda untuk menjawab keraguan atau pertanyaan saya di atas.

    Sedangkan bagaimana hukum mempelajari hipnotis, silahkan anda bisa baca disini

    saya sangat kagum sekali dengan dengan anda karena anda begitu tetap tenang dan teguh walaupun banyak sekali komentar yang tidak setuju, atau bahkan mencela anda.
    maju terus!!!! jadikan internet ini menjadi salah satu tempat kebaikan berdakwah, agar kita semua mendapat pencerahan yang diberkati Allah SWT. amin

    Jazakallahu khairan atas suport dan doanya

    wassalamu’alaikum

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

  23. hri
    Maret 9, 2013 pukul 3:46 pm

    assalamu’alaikum…

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    saya adalah seorang pesilat yg identik dengan pengendalian emosi serta tenaga dalam.., namum tenaga dalam yg kami gunakan adalah sebagian besar untuk kebaikan dan berniatkan karna allah ta’ala..

    jadi.., apakah ilmu tenaga dalam yg kami gunakan itu halal..??

    Terimakasih mas sudah komentar disini, dan membaca artikel tentang tenaga dalam,
    Memang betul mas, yg sering menggunakan tenaga dalam diantaranya di dunia persilatan, dengan ilmu2 kanuragan , dengan mantra2 tertentu, dgn amalan2 tertentu, baik dari mantra berbahasa kejawen,atau dengan amalan2 dzikir tertentu sehingga dianggap itu adalah ilmu putih, padahal hakekatnya sama saja, sebab itu adalah pelecehan dzikir atau alquran , sehingga setan memberikan kekuatannya,.

    Dan sekarang tenaga dalam sudah bermacam2, baik untuk berkelahi maupun pengobatan, sebagaimana sekarang banyak ,
    Semuanya tidak dibolehkan mas,. lebih baik dibuang saja apa yg sdh anda pelajari tentang tenaga dalam tsb, sebab itu tidaklah diajarkan oleh islam,

    Seandainya itu baik, tentu rasulullah yang paling layak mendapatkan tenaga dalam, bisa tenaga dalam,.. toh kita bisa lihat, rasulullah ketika perang memakai baju besi, rasulullah ketika perang pernah terluka, bahkan ketika perang uhud gigi beliau rontok,

    Apakah rasulullah kurang baik? Kurang baik apa rasulullah? tapi beliau tidak memiliki atau mengajarkan tenaga dalam,..

    Beliau petarung sejati, beliau pernah bergulat, bahkan menang dalam bergulat dengan lawannya, dan tidak memakai tenaga dalam,

    • hri
      Maret 10, 2013 pukul 1:58 am

      sebelumnya terimakasih atas tanggapan dan balasan komentar anda…

      apa yg mas bilang, itu ada benarnya..
      tetapi yg membingungkan saya.., kenapa ada aliran silat putra muhammadiyah (tapak suci) yg menggunakan tenaga dalam sebagai perisai diri.., sedangkan yg saya tau, aliran pencak silat tapak suci itu adalah aliran silat yg didirikan oleh orang muhammadiyah…
      tentu mereka punya alasan atau dalil tertentu sehingga mereka menggunakan tenaga dalam…

      apakah itu masih halal…??
      tolong pencerahannya..
      terimakasih..

      Terimakasih mas,.
      Inilah tugasnya mengenal hakekat kebenaran, tenaga dalam hakekatnya adalah datang dari setan, campur tangan setanlah yg membuat timbulnya kekuatan tersebut,.

      Jika sudah mengenal hakekat tenaga dalam, maka siapapun pelakunya, entah itu ustadz,habib,kyiai haji, dll atau ormas manapun, baik ormas islam atau bukan,… tetap tidak merubah hukum perbuatan tersebut,.. terlepas apapun alasannya,
      Perbuatan haram tidak akan berubah menjadi halal jika dilakukan oleh ustadz,habib,kyiai haji, atau ormas islam,.. yg haram tetap haram,.

      Contoh nyata lagi, Allah sudah mengharamkan musik,nyanyian,.. tapi lihat fakta di lapangan, bahkan bang hajipun nyanyi, kyiai haji,bahkan ormas islam pun ada lagunya,.. itu sama saja mas,.. tidak akan merubah suatu yg haram menjadi halal, tentang haramnya musik dan nyanyian saya sudah mempostingnya, banyak sekali ,silahkan bisa anda pilih disini

  24. Ari Budianto
    Maret 5, 2013 pukul 2:55 pm

    katanya di china itu gudangnya ilmu/beladiri yg terkenal dgn tenaga dalamnya kan…

    dan katanya tenaga dalam itu dpt di aplikasikan ke dlm kehidupan sehari-hari…

    tp nyatanya…

    blm ada terdengar ada atlet dr china yg memecahkan rekor lari tercepat dunia dgn menggunakan ilmu ginkang(meringankan tubuh)nya ??…

    blm ada jg terdengar atlet dr china yg memecahkan rekor di cabang angkat besi krn tenaga gwakang(tenaga luar)nya…

    dan jg blm pernah ada terdengar atlet dr china yg menjadi juara tinju dunia(padahal kl punya TD,maka akan gampang meng ko lawan2nya)

    he..he..he… yg di film itu lain dengan aslinya mas ari,..

    indonesia juga banyak orang sakti, seperti wiro sableng,satria madangkara,dll…

  25. Johar Ean
    Februari 19, 2013 pukul 5:49 am

    hanya allah lah yg maha mengetahui dan para rasul nya..
    ilmu allah itu sangat luas..

    Betul, ilmu allah sangat luas, dan Rasulullah adalah utusan Allah,
    Rasulullah saja tidak memiliki tenaga dalam, beliau dalam perang uhud terluka, bahkan giginya tanggal,. kok bisa begitu? padahal rasulullah orang yg paling banyak beribadah,paling bertakwa,paling banyak berdzikir,.kurang apa lagi.. tapi rasulullah tidak memiliki ilmu kebal, ilmu tenaga dalam,. sebab hakekat ilmu tersebut datang dari setan,.atas bantuan setan,

  26. noor Ihsanudin
    Januari 16, 2013 pukul 2:41 am

    Bismillah, yang masih cinta ilmu tenaga dalam dan belum menyadari kekeliruannya silahkan hubungi ustadz Perdana Ahmadz, beliau mantan Master Reiki. Beliau bisa memberi penjelasan yang dibutuhkan. Jazaakumullah khairon.

    Jazakumullahu khairan, insya Allah akan saya posting tentang Reiki, kebetulan sudah saya dapatkan soft copinya dari ustadz Perdana Ahmad

  27. BubleQuando
    Desember 25, 2012 pukul 1:34 pm

    Alhamdullilah, mantap mas
    Semoga Allah menuntun kita selalu di jalan yg lurus kang…Amin

  28. ALwayzs Forr You
    Desember 15, 2012 pukul 2:26 pm

    kalo emg bid’ah berarti main senjata itu harom . . .
    dan di jaman nabi tdk ada senjata
    skrng ini jaman yg maen bkn jaman yg dulu tp jaman skrng
    trus wali songo itu berarti bid’ah soalnya wali songo mengalakan musuhnya dgn ilmu ,bkn dgn senjata gmna kalo begitu
    loe nulis yg lebih jelas tad .ma’af sebelumnya coz tdk semua tenaga dalam buat mengalahkan musuh….

    Kata siapa dijaman nabi tdk ada senjata maz,.. ada pedang,tombak,perisai,panah,.. dan itu bukanlah bidah, itu urusan dunia, bidah itu hanya ada dalam urusan ibadah saja maz,.

    wasslam

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    • aim
      Juli 15, 2014 pukul 8:08 am

      assalamau,alaikum. mas. kalau musik kan urusan duniawi,. misalnya musik tentang pengorbanan seorg ibu, musik yg isinya pendidikan. apa itu juga tdk boleh?

      Wa’alaikumussalam warahmatullah,
      terimakasih aim, sudah komentar disini, komentar yang bagus,.
      Betul sekali musik urusan dunia, dan urusan dunia itu hukum asalnya itu boleh selama tidak ada dalil yang melarangnya,..

      dan..

      tetang musik, sangat banyak dalil yang melarang ttg musik ini, anda bisa membacanya disini

      Negara kuat kun hancur ketika musik merajalela di negara tersebut, silahkan baca disini

      Gempa bumi terjadi, salah satu penyebabnya adalah karena maraknya musik, silahkan baca disini

      Berdakwah dengan musik, adakah nada dan dakwah? silahkan baca disini

      Imam syafii pun mencela musik, bagaimana kok kaum muslimin di indonesia banyak yang gandrung musik, katanya pengikut imam syafii? silahkan baca disini

  29. hendi
    Desember 1, 2012 pukul 1:07 am

    Kalo kyk merpati putih sdh dapat membuktikan secara ilmiah itu gmn ya? Tq.

    Apa bukti ilmiahnya? apakah merpati putih mengajarkan pukulan jarak jauh? dan hal2 yg luar biasa lainnya?

  30. Skin black
    November 29, 2012 pukul 6:38 am

    berarti tenaga dalam itu hukumnya haram

    ya, betul, tenaga dalam hukumnya haram, jika cara mendapatkan tenaga super hebat itu bukan murni dari kita yg mengusahakannya, tapi dari bantuan jin sebagaimana banyak tersebar di masyarakat, banyak juga yg berkedok ilmu putih, atau menggunakan bacaan2 dzikir,.

  31. flay
    November 1, 2012 pukul 8:22 pm

    hmmmm
    msuk akal jga sichh,,,!!!
    kalo emng TD dmliki dngan cra itu,!

    terimakasih mas/mba atas komentarnya disini

    maaf sblmnya ni hanya prtanyaan, tpi jman skrang bnyak mnsia/hmba allah yg trlhir dngan klbhan2 tnpa iya sdri nd minta,yg mrka gnkan untuk mtde pngbatn dngan mnggunakan media air kbnyakannya”tolong bri pnjlasan”.
    nd mungkin intinya yg melanggar atau menyimpang sja dri ajaran agma itu yg d hramkan.

    Dalam islam juga ada pengobatan dengan air, dan Rasulullah juga mengajarkan caranya, kita bisa berobat dengan air zam-zam,air hujan, air yg dibacakan surat alquran lalu diminum,
    Bukan pengobatan yg dilakukan oleh orang2 tertentu, atau dukun, atau bocah spt dulu kasus ponari, itu sih kebanyakan berbau kesyirikan, bahkan org2 yg berobatpun bisa terjerumus kedalam kemusyrikan,
    Mereka mempercayai air itulah yg menyembuhkan, atau batu ajaib yg dicelupkan di air tsb, atau air sumur keramat, dll… banyak sekali, itu berbau klenik, perdukunan, dan semuanya itu terlarang dalam islam,

    trus bgai mna kan skrang kbnyakan mkanan d buat oleh tngan non mslim “maaf”. tlong mas/bpak/ibu brkan tndakn atas ini.
    jka mmang qta smua saudra umat rasullah saw.!!!

    Makanan yg dibuat oleh org kafir, selama bukan dari yang haram, maka halal dimakan,
    Akan tetapi untuk sembelihan orang kafir selain ahlul kitab, itu sdh pasti haram hukumnya,

    Jika kita membeli makanan di pasar, kita jangan berlebih2an dalam menentukan apakah ini buatan org kafir atau bukan,Jadi kita jangan mempersulit diri, tdk usah nanya ke penjualnya, apakah ini buatan orang kafir atau bukan?.. bisa2 anda ngga jadi beli barang tsb, karena hampir sebagian besar kebutuhan kita yg membuat org kafir, kalau ngga percaya silahkan anda cek sendiri, apa yg anda makan, kira2 mana yg buatan org islam?

    Demikian pula baju anda, itu buatan muslim atau kafir? kancing bajunya, atau yg lain2nya

    Rasulullah saja pernah menerima hadiah makanan dari orang kafir, tapi beliau terima, bahkan ketika rasulullah meninggal, baju besi beliau digadaikan kpd org kafir,

  32. agus
    Oktober 22, 2012 pukul 6:31 am

    Assalamualaykum warohmatullahi wabarakatuh,

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    apakah tenaga dalam itu termasuk ibadah, bukankah yang masuk dalam katagori bid’ah itu hal2 yg berhubungan dengan ibadah…?
    mohon pencerahan, terimakasih

    Dalam beberapa pelatihan tenaga dalam ini terkadang dibumbui dgn hal-hal yang berbau ibadah mas, contohnya suruh ngucapin dzikir2 tertentu,atau surat tertentu, atau hal2 lain yg itu merupakan ajaran ibadah, contohnya jaga shalat 5 waktu, dll, mungkin biar terkesan ini adalah islami, ilmu putih, dll,

  33. susanto
    September 25, 2012 pukul 4:02 pm

    dulu tidak ada internet, tidak ada ngeblog…

    yang nemuain bukan orang islam.
    Anda juga ngeblog yang tidak dituntunkan. terus apakan hal ini bid’ah…

    Semua kan tinggal niatanya untuk apa kan…

    kalau untuk kebaikan kenapa tidak….

    Terimakasih atas komentarnya yg bagus mas susanto,
    Internet adalah bidah? betul sekali, itu bidah, hape juga bidah,mobil,becak,pesawat,semua bidah, baca disini ulasannya mas,

    Cukupkah Niat yang baik saja? tidak cukup mas , kenapa? baca disini

  34. DENI
    Juli 10, 2012 pukul 3:21 pm

    ROSUL JUGA TIDAK BISA BACA TULIS… COBA TAHU NGGAK… MASAK NGGAK BISA BACA TULIS DIIKUTI… PAKE OTAK BROR…

    Betul sekali, Rasulullah tidak baca tulis,

    Seandainya OTAK anda MASIH bisa berpikir jernih, hendaknya Anda mengikuti Rasulullah, karena ALQURAN yang sangat sempurna apa yg ada didalamnya, itu bukan buatan Rasulullah, karena Rasulullah tidak bisa baca dan tulis,..

    JADI ALQURAN ITU DARI ALLAH, bukan buatan rasulullah,

    Gimana,
    gunakan otak anda,

    agar anda mengikuti agama rasulullah,

    Itu jika anda mau menggunakan otak yang masih waras,

    Mudah-mudahan Allah menunjuki anda ke jalan yang benar, dan bisa menggunakan otak sehat anda,

    Logikanya gini mas, Rasulullah tidak bisa baca dan tulis, tapi bisa menjelaskan Alquran yang begitu sangat tinggi bahasanya,a

    Tidak akan mungkin seorang yang tidak bisa baca dan tulis bisa membuat kata-kata seperti ALQURAN,..

    Orang yang pandai baca dan tulis aja tidak akan bisa membuat yang serupa ALQURAN, walaupun orang tersebut berkumpul untuk membuatnya,

    Nah, Berarti ALQURAN ini betul2 dari Allah, ALQURAN adalah perkataan Allah,..

    so,.. gunakan otakmu bro untuk menerima kebenaran islam, kebenaran alquran,..

    BEGITU BRO,..

  35. slamet budoyo
    Juli 7, 2012 pukul 11:51 pm

    saya bpk slamet budoyo praktisi tai chi di jakarta saya beragama islam umur saya 32 tahun lahir 1980 di wonosobo saya kerja sebagai montir mobil anak saya dua yang pertama putra dabn yg ke dua cewek

    maksudnya apa pak? ngga ada terusannya ..

    Tlg dilengkapi,

  36. prima
    Juli 2, 2012 pukul 12:54 pm

    prima :
    Hai, kaum wahabi. pake blog, make komputer dan internet itu bid’ah. Kenapa anda buka blog, make’ komputer dan internet?

    Kurang banyak, pakai sepeda bidah, pake hape bidah, bala-bala juga bidah,tahu gejrot bidah,nasi goreng bidah, apa lagi ya, baca disini mas,

    kalo’ ada bilang bid’ah gak pa2 masalah dunia, sekarang anda tahukan bahwa al-qur’an pada masa nabi belum dibukukan. dan nabi tidak menyuruh membukukannya. pada masa khalifaur rosyidin jelas ada bid’ah yang besar yaitu membukukan al-qur’an. Nah sekarang kita baca mushafnya apa kita tidak ikut-ikutan bid’ah dan taklid

    Bukankah sahabat itu generasi yg direkomendasi oleh Allah dan Rasulnya?
    Baca surat attaubah ayat 100 ,
    Ancaman bagi yg tidak mau mengikuti mereka, baca surat annisa ayat 115

    Para sahabat melakukan bidah? kata siapa,. bukankah Rasulullah memerintahkan kita untuk mengikuti sunnah beliau, dan sunnah khulafaur rasyidin? suruh menggigit sunnah tersebut dengan gigi geraham,.. jadi apa yg dilakukan oleh khulafaur rasyidin dalam pembukuan alquran bukanlah bidah, tapi sunnah ,

    عن أبي نجيح العرياض ين سارية رضي الله عته ، قال : ( وعظنا رسول الله عليه وسلم موعظة وجلت منها القلوب ، وذرفت منها العيون ، فقلنا : يا رسول الله ! كأنها موعظة مودع فأوصنا ) قال : (( أوصيكم بتقوي الله ، والسمع والطاعة وإن تأمر عليكم عبد ، فإنه من يعش منكم فسيري اختلافا كثيرا ، فعليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين المهديين عضوا عليها بالنواجذ ، وإباكم ومحدثات الأمور ، فإن كل بدعة ضلالة )) . رواه أبو داود [ رقم : 4607 ] والترمذي [ رقم : 2676 ] وقال : حديث حسن صحيح .

    Dari ’Abi Najih al-’Irbadh bin Sariyah radhiyallahu ’anhu, beliau berkata :

    Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam memberikan kita sebuah nasehat mendalam yang menyebabkan hati bergetar dan air mata bercucuran, lantas kami berkata :

    ”Wahai Rasulullah! Seakan-akan nasehat anda ini seperti nasehat perpisahan, berikanlah wasiat kepada kami.”

    Rasulullah bersabda :
    ”Aku berwasiat kepada kalian agar kalian senantiasa bertakwa kepada Alloh, mendengar dan taat kepada penguasa kalian walaupun kalian dipimpin oleh seorang budak, karena sesungguhnya siapa saja diantara kalian yang masih hidup sepeninggalku nanti akan melihat perselisihan yang banyak,

    maka berpeganglah kalian dengan sunnahku dan sunnah Khulafa`ur Rasyidin al-Mahdiyin (para khalifah yang lurus dan terbimbing), gigitlah kuat dengan gigi geraham kalian dan jauhilah oleh kalian perkara-perkara baru di dalam agama katena setiap bid’ah itu sesat.”

    Diriwayatkan oleh Abu Dawud [no. 4607], Turmudzi [no. 2676] dan beliau berkata : ”hadits hasan shahih.”

    Tentang pembukuan alquran, silahkan baca disini

  37. prima
    Juni 21, 2012 pukul 1:14 pm

    Hai, kaum wahabi. pake blog, make komputer dan internet itu bid’ah. Kenapa anda buka blog, make’ komputer dan internet?

    Kurang banyak, pakai sepeda bidah, pake hape bidah, bala-bala juga bidah,tahu gejrot bidah,nasi goreng bidah, apa lagi ya, baca disini mas,

  38. abdi jati
    Juni 21, 2012 pukul 4:31 am

    kadang kita sendri suka ga sadar……..sedang ditipu oleh syetan,,,! msih bnyak tugas umat yang lebih besar,,,,,slh satunya,,,mslh yg ga ada ujungnya,,,,masalah kemiskinan

    Miskin ilmu tentang islam akibatnya lebih buruk, daripada miskin harta,.. tapi anehnya, banyak yang tidak tanggap dalam memberantas kemiskinan ilmu,

  39. abdi jati
    Juni 21, 2012 pukul 4:27 am

    jangan bilang gula itu manis,,,sebelum kita merasakannya sendiri..

    Kalau yang merasakan gula itu adalah orang yang tidak mengerti hakekat gula, maka akan berbeda, bisa aja yang dianggap manis itu bukanlah gula, akan tetapi arak yang memabukan,

    Akan berbeda pula jika yang merasakan gula itu lidahnya sedang error, atau tidak punya lidah, tentu bagaimana dia bisa merasakan gula yang manis?

  40. aku
    Juni 18, 2012 pukul 4:20 pm

    Allah punya kuasa atas pemberian suatu kelebihan pd mahluknya,,,

    Betul, dan tenaga dalam bukanlah kelebihan yang diberikan oleh Allah, akan tetapi dari jin atau setan

  41. ROY
    Juni 11, 2012 pukul 2:48 pm

    SAYA DULU PERNAH BELAJAR SILAT GAIB DAN TENAGA DALAM,

    TAHU KAH ANDA PANTANGAN YG TIDAK BOLEH DLANGGAR?

    JINAH,JUDI,MABUK,

    NAH KEBETULAN WAKTU MUDA SY BISA DI BILANG 50% PREMAN,PUNYA TENAGA DLM SY JD BERANI,

    BAHKAN SY TDK LARI DI HADANG SATU KAMPUNG,

    SETAN MENYUSUPKAN PANTANGAN TDK BOLEH JUDI/MABUK ITU HANYA KEDOK,

    BUKTINYA SAYA SERING JINAH,MABUK DAN SY MASH BS MENGGUNKAN TENAGA DLM DAN SILAT GAIB WAKTU MUDA DLU,

    DAN ALHAMDULILLAH SEKRG SY SDH INSYAF SDH PUNYA 2 ANAK DAN SDH MENINGGALKAN AMALAN2 TENAGA DALAM

    Alhamdulillah, mudah-mudahan banyak kaum muslimin yg tidak tertipu dengan tenaga dalam, yang hakekatnya kekuatan yg muncul adalah dari bantuan jin dan setan,

  42. Eynkz
    Juni 10, 2012 pukul 3:53 pm

    Siapa nama TUHANMU ?
    Dalam benakmu seperti apa wujud TUHAN mu ?
    Jika kamu percaya ,yakin TUHAN itu benar2 ada lalu di mana keberada’anya?(sbagai pembuktian scra pribadi/batin)
    jika hanya sekedar percaya dan yakin saja apakah imanmu sah ?

    Apakah anda mempunyai akal?
    Jika anda mempunyainyaa, Bagaimanakah bentuk akalmu?
    Dimanakah letaknya? dimana keberadaanya??
    Sebagai pembuktian secara pribadi/batin
    Jika hanya sekedar percaya dan yakin saja, apakah anda betul-betul punya akal??

    Akal yang ada di badan anda sendiri anda tdak bisa mengetahui wujudnya spt apa, apalagi Allah yang maha mulia, maha agung, pencipta alam semesta ini,..

    Apakah jika anda tidak bisa mengetahui wujud akal seperti apa, berarti anda tidak punya akal??

  43. bezzo
    April 17, 2012 pukul 11:05 am

    kita berjalan kaki itu memakai tenaga dalam..kita makan memakai tenaga dalam…segala sesuatu memakai tenaga dalam…..kita mengangkat air itu memakai tenaga dalam….Terus apa yg Salah dalam pengolahan tenaga dalam? Tenaga dalam bukan untuk Santet atau untuk Pelet….Tenaga dalam untuk ber Olah Raga meningkatkan Stamina..

    yang asli tenaga dalam itu diantaranya KENTUT, BAB, BAK,he..he..he…. asli tuh tenaga dalam,..

    Kalau pukulan jarak jauh, dipukul pakai besi tidak apa-apa, ditabrak mobil gak lecet, menghipnotis orang, itu sih bukan tenaga dalam, tapi sudah campur tangan jin dan setan,..

  44. orang hilang
    April 13, 2012 pukul 9:34 pm

    kaya’ gitu ajja diributin

    Terimakasih atas komentarnya mas / mba

    orang yang berdebat berarti sedang kerasukan setan dan di kuasai nafsu
    sedangkan rasulullah tidak pernah debat, kalian semua yang berdebat belum mengikuti cara rasul jadi jangan saling menyalahkan, koreksi diri ajja
    (aku juga jadi salah nich)
    agaggaga

    Dan Rasulullah juga tidak pernah belajar atau mengajarkan tenaga dalam,.. gitu aja kok diributin ya,.. tinggal ikuti saja apa yang diajarkan Rasulullah,.

  45. Abu Fathurrahman
    Maret 22, 2012 pukul 8:03 am

    Saya dahulu pernah belajar Tenaga Dalam secara Islami maksudnya dengan zikir dan wirid ( Zikir dan Wirid tersebut tidak ada contohnya dari Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam ), Tawasul kepada Syaikh2 yang sudah meninggal. dalam membaca Zikir dan Wirid tersebut ada dalam 40 tahapan / tingkatan. salah satu cara untuk memperoleh kekuatan dengan membaca :
    1. Istighfar –> 3 X
    2. Berilah aku kekuatan berkat Syaikh Abdul Qadir Zailani
    3. Syahadat.
    dan untuk melepaskan kekuatannya lagi kita harus Istighfar 3X.
    Alhamdulillah saya sudah sadar tidak ikut tenaga dalam lagi karena membaca riwayat Nabi Waktu perang pernah luka ( berarti Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam tidak punya tenaga dalam ).
    apa tidak termasuk syirik meminta kekuatan mendahulukan menyebut Syaikh Abdul Qodir Zailani ketimbang Alloh ta’ala.

    Alhamdulillah, anda sudah sadar dan taubat dari hal tersebut,.. meminta dengan perantaraan makhluk yang sudah meninggal adalah termsuk kesyirikan,terlepas siapapun orangnya, baik kepda Rasulullah, atau orang selain Rasulullah,

  46. Maret 18, 2012 pukul 9:28 am

    berpegang teguh lah kalian umat nabi muhammad.kepada alqur,an dan sunnah nya..jangan kalian cerna pake akal logika,,,ikutin ajaran nabi muhamad.jangan ikutin ajaran setan…

  47. soe
    Februari 26, 2012 pukul 11:18 am

    apa kh Rasulullah telah menjelaskan cara membuat baut,mobil,fecebook,pesawat,komputer jaringan internet,PLTU,PLTA,PLTN…kipas angin,AC,teleskop,aspal,blackberry,iphone.pabrik…???

    Mas, Rasulullah diutus untuk mengajarkan islam, menjelaskan bagaimana cara beribadah yang benar,.. bukan mengajarkan urusan dunia, sebab kata rasulullah, kalian lebih mengetahui urusan dunia kalian,..

    Makanya orang-orang yang membuat ritual-ritual yang seolah-olah itu dari islam, seolah-olah itu ajaran yg bisa mendatangkan pahala, dan memasukan kedalam surga,. sesungguhnya dia secara tidak sadar atau sadar, sedang mensejajarkan diri dengan Rasulullah,..

    kok berani ya mengutak atik ajaran islam, padahal resikonya sangat berat, bisa mendatangkan murka allah,.. bukan mendatangkan kecintaan Allah,

    • soe
      Maret 2, 2012 pukul 5:04 pm

      baut,mobil,fecebook,pesawat,komputer jaringan internet,PLTU,PLTA,PLTN…kipas angin,AC,teleskop,aspal,blackberry,iphone.pabrik…haram ya mas…???

      itu semua bidah mas, bidah menurut bahasa, bukan menurut istilah,.. masih banyak yg belum disebutin mas, bala-bala,tahu goreng,batagor,somay,bakso,becak,sepeda,kereta api,dll… itu urusan dunia semua,.. dan hukum asal urusan dunia adalah boleh, sebelum ada dalil yang melarangnya,.. berbeda dengan urusan ibadah, hukum asalnya adalah haram, sebelum ada dalil yang memerintahkannya,..

      coz Rasulullah diutus untuk mengajarkan islam, menjelaskan bagaimana cara beribadah yang benar,..

      betul, rasulullah diutus tuk memerintahkan gimana tatacara beragama yang benar, bukan gimana cara bikin tempe goreng, atau gimana cara bikin kipas angin, blackberry,.. karena bukan itu tujuan diciptakannya manusia,.

      Tujuan diciptakannya manusia adalah untuk beribadah kepada Allah sesuai dengan tata cara yang sudah dijelaskan oleh Allah melalui Rasulnya,.. bukan dengan cara-cara sendiri yang tidak ada contohnya dari rasulullah,..

  48. soe
    Februari 25, 2012 pukul 5:05 am

    tahu tdk apa itu TD…..????
    dari mana cara mendapatkan power TD itu…???
    tahu tdk ilmu pernafasan thai chi dari cina yg tdk mempunyai mantra n tdk mempunyai amalan sepeser pun..???

    ya, taichi juga kekuatan yg timbul bknlah dari manusia sendiri, tapi bantuan jin,

    apakah dengan tidur,buang hajat,berolahraga,n bekerja secara konsentrasi tdk menggunakan TD,n apakah ini jg haram….???

    Kentut juga pakai tenaga dalam ya mas? asli itu tenaga dari dalam,

    apakh energi dalam alam semesta ini haram untuk dipelajari…???

    ngga tuh, ada energi matahari,energi air buat PLTA, energi angin, ngga ada tuh Pembangkit Listrik Tenaga Dalam

    apakh kita hanya dituntut untuk mempelajari 1 bidang ilmu saja sedangkan masih ada jutaan pengetahuan dialam semesta ini…???

    Tapi ngga ada tuh ilmu tenaga dalam, ada juga ilmu sihir, dan itu ilmu yg haram tuk dipelajari

    anda harus pahami bahwa Al-Qur’an dan hadizt sifatx universal n setiap maknax mempunyai pemaknaan luar biasa…

    Mas, emangnya siapa sih yg ditugasi oleh Allah tuk menyampaikan alquran kepada manusia? bukankah Rasulullah? emang rasulullah tdk menjelaskan alquran dan kandungannya? emang ada orang yang hidup jauh dari rasulullah yg mengetahui lebih bnyk kandungn alquran? Abu bakar saja ga punya tenaga dalam, demikian jg para sahabat yg lainnya,

    semua ini harus anda jawab……!!!!!!!!

    Tenaga dalam yg asli ada tuh mas, dijamin yg terkena juga pada ngacir, apa itu? KENTUT,.. buuut… itu asli tenaga dalam ngga pake amalan dan mantera-mantera

    sudah dijawab semua tuh, kalau anda dekat saya sih mau tak kasih tenaga dalam asli,… he..he… mau??

    • soe
      Februari 26, 2012 pukul 9:47 am

      dasar apa antum mengatakan tai chi itu bantuan jin…??? jgn sampe antum hanya mengada2 aza tampa ada penjelasan logisx….

      Justru karena ngga jelas, makanya itu dari bantuan jin ,. ngga masuk akal, masa besi dipukul dengan koran bisa patah, itu kekuatan dari mana? sok pikir dengan akal sehat atuh,..

      Tolong buktikan secara ilmiah, darimana tenaga dalam itu sumbernya? kalau ada, kan bisa dimanfaatkan tuh, bikin tenaga listrik yg sumber energinya pakai tenaga dalam, manfaat toh??

      bukan sebuah dalil yg rasional anda mengatakn TD itu sihir….sampe sekarang TD n sihir kedudukanx beda mas….sama halx listrik apakh mengandung jin…/??? apa pengetahuan km tentang TD sedangkan km sendiri tdk pernah belajar yg nama.x TD….hahahahha

      Mas, listrik bisa dipelajari secara ilmiah, bisa dibuktikan, tidak usah melakukan ritual-ritual tertentu, bisa dibangkitkan,

      Tenaga dalam yang asli cuma KENTUT , duuuuut….. he..he..he..

      Dan jika ada orang yang bisa menyalakan bohlam listrik dengan cara dipegang, dan tidak ada kabel listrik yang disambungkan ke bohlam tsb, itulah sihir dan bantuan jin, walaupun dengan dalih tenaga dalam,

      • soe
        Februari 26, 2012 pukul 10:38 am

        TD adalah ilmu penapasan…..

        Dimana ada pernafasan disitu terdapat kekuatan. Sebab tanpa adanya pernafasan maka tidak ada kekuatan. Seperti halnya makhluk yang telah mati (meninggal dunia) – tidak bernafas maka tidak punya tenaga / kekuatan sedikitpun.
        Udara adalah materi penting dalam pernafasan. Udara sendiri merupakan salah satu bentuk energi yang ada dialam semesta ini disamping tanah, air, matahari / api dll. Sehingga dapat diartikan makhluk hidup menghirup udara sama saja dengan memasukan energi kedalam tubuhnya. Didalam
        tubuh, energi udara ini akan digunakan untuk memompa jantung guna mendapatkan energi / kekuatan / tenaga dengan bentuk lain yang sesuai dan dibutuhkan oleh organ tubuh. Tenaga / energi dalam bentuk lain itu misalnya energi gerak dan panas. Yaitu dengan memompa jantung untuk menggerakan organ tubuh dan menghasilkan panas tubuh.
        Tanpa adanya tenaga, maka panas tubuh semakin lama akan semakin dingin dan darah menjadi beku. Dan aktivitas lainnya pun terhenti dengan serentak begitu tidak ada aktivitas pernafasan. Kinerja organ-organ vital dalam tubuh terganggu dan akhirnya tidak bekerja dan matilah makhluk tersebut.
        Meski kematian merupakan hal yang Ghoib (berhubungan dengan dicabutnya Ruh) tapi tetap kematian itu berjalan sesuai kodrat yang dapat dijelaskan secara ilmiah seperti diatas. Yang tidak terjelaskan hanya mengenai Ruh saja sebagai perlambang kehidupan, karena ini merupakan masalah Rahasia Ketuhanan.
        Begitu besarnya peran pernafasan dalam kehidupan makhluk hidup. Maka para ahli berusaha meneliti lebih jauh manfaat pernafasan ini. Dan kini telah ada hasilnya bahwa dengan mengolah nafas melalui teknik-teknik tertentu didapat manfaat yang lain. Baik untuk dunia kanuragan maupun kesehatan.
        Rahasia dari energi Tenaga Dalam adalah olah pernafasan. Dengan teknik olah nafas seperti tahan nafas, lepas nafas pelan / keras melalui hidung / mulut, pernafasan segitiga (tarik nafas–tahan nafas–lepas nafas), pernafasan segiempat (tarik nafas–tahan nafas–lepas nafas–tahan nafas) dan teknik pernafasan lainnya, respon yang diberikan tubuh ternyata sangat besar.
        Bukti mudah, coba saja anda tahan nafas cukup 1 atau 2 menit, pasti jantung semakin lama bergerak cepat, begitu pula ailran darah dan begitu lepas nafas membuat nafas tersenggal-senggal tak jarang kepala menjadi pusing. Ini merupakan bentuk respon tubuh (fisik) kalau anda “bermain-main” dengan nafas.

        gmn mas jelas…????????

        Mas, tahan napas bisa buat mukul jarak jauh ya?
        tahan napas bisa buat nyalain bohlam?
        Tahan nafas bisa membuat digiles mobil ngga apa2??

        Dan yang sudah terbukti sih, tahan nafas, simpan di perut dannn….. Bruuutttt… kentut yg keluar,. itu sih terbukti mas,..

  49. Ahmad
    Februari 24, 2012 pukul 6:30 am

    Pelajari dulu hakikatnya baru mengeluarkan bacaan seperti ini, Kata anda tidak ada pada masa rasulullah tenaga dalam, Betul atau tidaknya saya tidak bisa pastikan tapi inti dari tenaga dalam sudah ada sebelum dunia ini ada.

    iya, betul,pelajarilah hakekat tenaga dalam, nanti anda akan mengetahui apa tenaga dalam sebenarnya,

    Jika tenaga dalam itu memang diperbolehkan, ngapain perang di jaman rasulullah , rasulullah menggunakan baju besi, sudah aja pake pukulan jarak jauh,

    toh nyatanya ngga, rasulullah pun tidak kebal dibacok, waktu perang beliau berdarah, giginya rontok,
    waktu dilemparin batu sama orang-orang thaif, kaki beliau berdarah,

    kalau tenaga dalam memang dibolehkan di dalam islam, tentu rasulullah yg paling layak mendapatkannya,

    tenaga dalam bukan mukjizat,.. kalau mukjizat dari Allah, kalau tenaga dalam dari bantuan setan,..

  50. syam
    Februari 10, 2012 pukul 4:20 pm

    ana bukanlah orang yang pandai menafsirkn ayat/surat atwpn hadist, , , ana jg gk trllu pandai mengamalkn suatu ilmu, , ,brpuluh2 huruf ana baca,bratus2 hadist ku baca , hanya kulihat ap yg d perntah, larangn dan allah yg mencptkn manusia n sluruh isi bumi n langt, ,berdenyut2 nadiku/jantung,berurai2 hatiku ututk berusaha ngomong seakan lidahku tak sanggup menguraikannya, ,smkin ku baca, ku uraikan, ana gak bs memahaminya

    ana hanya bs mnjaga akhlak n akidah trus menjadi insan sprti bagindaku nabi muhammad Shalallahu ‘alaihi wasalam yang baik hatinya,santun perangannya,jujur katanya dan anapun menyayanginya sperti umat muslim seluruh dunia menyanginya dan mengenalnya

    Jika ingin dicintai Allah dan Rasulnya, maka amalkanlah ajaran yang memang betul-betul diajarkan oleh Rasulullah, yang diamalkan oleh para sahabatnya,..

    Contoh akhlak rasulullah, contoh cara beribadah Rasulullah,.. dan Rasulullah tidak pernah mengajarkan tenaga dalam,.. tidak mempunyai tenaga dalam,.. beliau berperang menggunakan baju besi, tidak kebal senjata, waktu perang uhud gigi beliau rontok,

    Kalau tenaga dalam itu baik menurut islam, tentu rasulullah sudah mengajarkannya,..

  51. iwan
    Januari 30, 2012 pukul 9:33 am

    Yang haq itu adalah Haq dan yang bathil adalah bathil

  52. RIZAL
    Desember 25, 2011 pukul 9:57 am

    Assalamualaykum warohmatullahi wabarakatuh

    Wah menarik juga pembahasan tentang tenaga dalam, tapi kalau dipikir 3 dari khulafaur Rasyidin dulu meninggal sebabnya adalah dibunuh (disamping memang takdir Allah Subhanahu wata’ala).

    Padahal mereka orang yg dijamin masuk sorga, kok bisa yach? Kalau mereka diajarin tenaga dalam yg bakal membunuhnya mungkin terlempar.

    Jadi berpikirlah bagi yg masih belajar tenaga dalam. (Disamping Rasulullah Salallahu alaihi wasallam juga pernah patah gigi pada waktu perang).

    Share pengalaman aja, saya pernah melihat org yg di rukyah mengamuk sampai keluarin jurus. Setelah ditanya jinnya mengaku ada 4 didalam tubuhnya, dan setelah jinnya dikeluarin orngnya mengaku mengikuti satu perguruan tenaga dalam selama +- 8 tahun.

    Coba aja yg punya tenaga dalam di rukyah sambil ditekan perut dibawah pusernya (biasanya mereka menahan napas disitu/ jinnya ada disitu).

    Juga ada rekan lain, yg rajin juga sholatnya ketika di rukyah dia merasakan seperti banyak yg keluar dari kepalanya. Ketika selasai, dia bercerita bahwa ketika kerusuhan Banyuwangi (ninja) dia dan pemuda dikampungnya di isi oleh +- 40 kiyai.

    Mudah-mudahan yg masih mendalami tenaga dalam bisa mengambil pelajaran, dan komen ini ada manfa’atnya

    Wassalamualaykum warohmatullahi wabarakatuh

  53. narso
    Desember 1, 2011 pukul 4:45 pm

    tenaga dalam bukan agama dan juga bukan ajaran agama, cuma budaya masyarakat
    jadi belum bisa dinamakan menambah aturan dalam menjalankan agama/beribadah
    jadi belum masuk yang bid’ah

    Dalam prakteknya, untuk mendapatkan kemampuan itu ada amalan-amalan tertentu, ada juga yg diisi oleh gurunya,.. inilah yg terlarang, karena hakekat kekuatan yg ada adalah dari jin

    seandainya nabi seorang yang sakti, maka kitab sucinya isinya tentang ilmu kesaktian bukan tentang cara beribadah

    Seandainya nabi orang sakti, tentu jika berperang tidak menggunakan baju besi, tujuan diturunkannya alquran bukanlah untuk itu, bukan untuk tenaga dalam atau mencari kesaktian,..

  54. iyus fighter
    Oktober 19, 2011 pukul 8:35 am

    Jangan yang di perkuat hanya kata2 “perang uhud, gigi rontok, baju besi” itu2 saja yang menjadi dasar keyakinan anda. Ada istilah “tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina” Al-Qur’an itu luas jika di pelajari dan di situ juga jelas bahwa kita dituntut….

    Emang ngapain nuntut ilmu smpai ke negeri cina? mau belajr kungfu? itu hadits palsu mas,..

  55. granada ramadhan
    Oktober 15, 2011 pukul 4:30 am

    assalammua’laikum

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    maaf mas numpang nanya kalau ngaktifin tenaga dalam gi mana sih
    cara nya….????

    Caranya, tanya ke orang yang belajar tenaga dalam, kebetulan saya tidak mempelajarinya, dan saya berlindung kepada allah dari mempelajari tenaga dalam yang pada hakekatnya kekuatan tenaga dalam itu dari setan, janganlah tertipu olehnya, walaupun yang dibaca ketika akan mengeluarkan atau mendapatkan tenaga dalam itu adalah bacaan alquran, atau dzikir2 tertentu, semua itu hanyalah akal-akalan saja, alquran bukan untuk itu tujuannya, itu pada hakekatnya adalah pelecehan dan penghinaan terhadap alquran,..

  56. wawaw
    September 25, 2011 pukul 2:43 am

    Maaf mas . Saya emang bukan orng yang begitu rajin solat . Mengerti banyak tentang agama . Ataupun orang yg mempunyai tenaga dalam .
    Kalo saya baca komentar2 diatas , secara tidak langsung bahwa mas mengatakan kalo apa yg dilakukan kita sekarang tidak sesuai dengan ajaran rosulullah maka itu dosa . Seperti tenaga dalam ? Zaman dulu rosulullah tidak mengenal tenaga dalam kan . Seperti zaman dahulu rosululah tidak mengenal apa yg namanya mobil , internet , ataupun barang elektronik yg lainya . Bukankah itu juga ilmu ?

    Itu adalah urusan dunia, membuat mobil tidak memakai amalan-amalan tertentu, demikian juga kalau kita menggunakan internet, tidak perlu melakukan amalan tertentu, atau menggunakan handphone, dan peralatan elektronik lainnya,.. itu semua adalah perkara dunia,..

    Ilmu untuk mempelajari elektronik . Sama seperti ilmu untuk mempelajari tenaga dalam ?

    Sangat jauh bedanya antara tenaga dalam dan barang elektronik,..

    Jadi intinya menurut saya ilmu apapun itu asalkan bisa membantu sesama dan benmanfaat seperti penyembuhan itu bagus .

    Dalam tenaga dalam, misalkan itu bisa menyembuhkan, pada hakekatnya itu minta tolong kepada jin, dan ini tidak boleh,..

    Dan dalam al-quran juga dikatakan bahwa kita harus sering membantu satu sama lain ..

    Menolong orang lain, itu sesuatu yang dianjurkan, akan tetapi, caranya juga harus dengan cara yang tidak bertentangan dengan syariat islam,.. bukan dengan tenaga dalam,..

  57. ragajati
    September 8, 2011 pukul 5:42 am

    tenaga dalam bukan ilmu dr agama islam, tp tenaga dalam adalah ilmu bid’ah atau buatan manusia…

    hakekat tenaga dalam berasal dari setan, dan itu sesuatu yg diharamkan, bukan buatan manusia,..

    Dan sedangkan bid’ah itu ada yg baik dan ad yg buruk, lalu bagaimana menurut anda apkh tenaga dalam itu baik atau buruk, klo baik ya d pakai, klo tdk baik tinggalkan saja… Tp klo anda ragu kembalikan pd al-qur’an dan hadist

    yg penting damai

    jauhi setan, maka kita bisa hidup damai,..

  58. sutisna
    Agustus 25, 2011 pukul 5:03 am

    Assamulaikum wr.wb,

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh

    Ma’af mas saya pernah belajar oleh pernapasan murni dengan jurus tanpa bacaan tertentu hanya ikrar saja sbb Baca syahadat kemudian membaca roditubiilahi robba wabil islami diina wa….dst dan saya katakan sejujurnya yang sebelumnya saya emosian tapi alhamdulillah setelah ikut berlatih jadi tidak emosian lagi…apakah ini juga termasuk syirik

    Ini bisa jatuh kedalam kebidahan, hal yang lebih disukai setan juga,.. karena tidak ada contohnya dari rasulullah kalau bacaan syahadat dan doa diatas dipraktekan oleh rasulullah juga para sahabat untuk hal-hal tersebut,.. terlepas dari hasil yang anda dapatkan,.. sebab dengan mendalami ilmu agama yang benar, sikap emosian bisa diredam, bahkan rasulullah memberikn petunjuk, jika sedang emosi atau marah, suruh berta’awudz, itu lebih berpahala, bukan dengan belajar silat disertai doa yang tidak diajarkan rasulullah..

    dan dengan latihan tsb tidak membuat saya jadi sakti dan kebal ato bisa menyantet orang.dan memang yg dirasakan badan lebih fit dan untuk urusan ibadah tidak pernah saya tinggalkan termasuk sholat sunah dan tetap membaca zikir-zikir kpd Allah sesudah sholat fardhu sesuai petunjuk rosulullah SAW dan secara pribadi saya tidak berubah sikap menjadi sombong apalagi ngajak orang berantem.dan larangannyapun sama dengan yg dilarang oleh agama jgn berzina, berjudi, mabok, dll…apakah dg perilaku tsb juga syirik .

    Demikian terima kasih.

    Menurut sepengetahuan saya, itu semua cuma sebagai kedok saja, supaya kelihatannya lebih islami, jadi diselipin dengan amalan2 tersebut,
    Apa yang dapatkan, bisa dilakukan kok, tanpa ikut latihan seperti itu,. dengan belajar dien ini, menurut pemahaman para sahabat, hati akan menjadi tenang, tidak bingung, badan juga akan menjadi sehat,..

    Lebih selamat, tingalkanlah itu semua,..duduklah di majlis ilmu, bukan di majlis pencak silat yang disisipi hal2 seperti itu,.. silat ya silat, belajar ketangkasan tanpa bacaan dan amalan tertentu,.. belajar agama ya duduk di majlis ilmu, begitu saja mas,.. emang yang ngajar silat itu ustadz? ngerti hadits? ngerti bahasa arab? atau banyak hafalan quran dan haditsnya?

    Jadi, saya tidak menghukumi syirik, tapi ditakutkan nanti akan terjatuh ke dalam kesyirikan, minimal kebidahan, apalagi mas sendiri belum memahami apa itu syirik, apa itu bidah,.. mending ditinggalkan saja,…

    • September 27, 2011 pukul 5:51 am

      Ada posting baru tentang tenaga dalam buat pengobatan, silahkan lihat disini:

      http://aslibumiayu.wordpress.com/2011/09/26/tenaga-dalam-untuk-kesehatan/

    • sirik tanda tak mampu
      Januari 31, 2012 pukul 2:21 pm

      enakan jadi orang yg paling bid,ah. bisa sekolah dari sd sampai perguruan tinggi, bisa internet, bisa naik pesawat ga naik onta lagi, bisa pake sandal jepit, bisa pake baju semau gue, punya handphon

      lucu komentarnya,..he..he…

  59. ma96ma
    Agustus 14, 2011 pukul 8:07 am

    “Tenaga dalam” hanyalah istilah,ada tenaga surya,tenaga uap air,tenaga nuklir,tenaga kuda, dan tenaga-tenaga lain yg di al-quran tidak disebutkan satu-persatu tetapi ada pada kenyataannya,penggunaan ilmu tergantung orangnya,contoh : ilmu agama pun bisa dimanfaatkan ke hal-hal yang negatif.

    Betul, dan alquranpun bisa digunakan atau dihinakan dengan cara seperti itu,..

    Kalaupun ada perguruan tenaga dalam yang mengharuskan hal-hal yg tidak sesuai ajaran agama itu merupakan tanggung jawab si empunya peguruan yg notabene adalah manusia biasa yg punya banyak kepentingan. Jadi tolong jangan salahkan atau men-judge bahwa ilmu tenaga dalam itu tidak baik. Saya adalah orang yang memanfaatkan tenaga dalam untuk terapi penyembuhan thd orang lain,ilmu itu saya bisa secara tidak sengaja alias udah ada pada diri saya tanpa saya tahu, sebab tanpa syarat,tanpa tirakat,tanpa harus yg aneh-aneh dan baru tahu setelah ada orang sakit dan saya coba menolongnya dan sembuh,kejadian itu berulang kali terjadi namun kenyataannya saya juga tetap percaya n yakin bahwa segala tenaga yang ada di jagad raya ini milik Allah semata.

    tenaga dalam bisa di isi, bisa dipelajari,.. dan itu faktanya,. gak usah mungkir lah,..
    tidak mungkin datang begitu saja,..

    dan tenaga dalam, bisa dimunculkan sesuai kehendak yang memilikinya,.. itupun jika sang jin sedang akur sama empunya tenaga dalam,..

    • ma96ma
      Agustus 14, 2011 pukul 11:28 am

      nggak mungkir mas…ini bener mas, saya bisa dulu baru tahu kalo itu tenaga dalam alami/bakat/entah namanya…itupun setelah saya tahu dan banyak dapat masukan-masukan dari orang2x yg tau tentang itu dan dari buku/internet/literatur yg lain…tapi mas ndak percaya ya ndak masalah…biasalah mas kalo belum pernah ngalami….saya cuma niat memberi masukan mas…banyak hal-hal di alam semesta yg belum terjangkau pikiran/nalar manusia…seperti saat tongkat nabi musa berubah jadi ular dikatakan sihir oleh mereka yg belum tahu..padahal itu memang benar karena kekuasaan Allah…

      Setan dalam menyesatkan manusia itu pinter, ada orang yang tidak belajar tenaga dalam tiba2 bisa , pandai mengobati orang, dll,..

      agar nantinya tujuan setan tercapai, yaitu menjerumuskan orang lain melalui perantara orang yg punya keistimewaan tadi,..

  60. ma96ma
    Agustus 14, 2011 pukul 7:40 am

    Aduh mas…maaf mbok banyak lebih membaca n buka pikiran n jangan hanya fokus pada satu pendapat sebelum terlambat..mengapa saya bilang begitu? karna coba mas baca kembali tulisan mas bahwa “tenaga dalam” bukan dari islam dilihat dari bahasanya, lhah memang bahasanya agama islam tuh apa ? bahasa arab…nah padahal banyak ilmu yang bermanfaat bukan hanya dengan bahasa arab mas….dan yg pasti lagi di romawi,eropa, dan negara selain arab juga ada yg beragama islam kok… jadi tolong jangan langsung menuduh dech…ini nich salah satu penyebab yg berpotensi bikin sesama muslim pecah…

    Terlepas dari bahasanya, mau bahasa arab,bahasa jawa, terserah,..

    Perlu diketahui, sejak jaman Rasulullah, jaman shahabat, juga thabiin,dan seterusnya tidak dikenal ada yang namanya tenaga dalam,

    apalagi diperoleh setelah melakukan ritual2 tertentu,. seperti wirid2,puasa mutih, dll..

    Rasulullah saja sebagai manusia terbaik, tidak memiliki tenaga dalam, tidak kebal, bahkan rasulullah pernah tersihir, pernah terkena racun, bahkan ketika perang beliau memakai baju besi, gigi beliau rontok,..

    apa yang kurang dari rasulullah?

    Kalau memang tenaga dalam ada dalam islam, maka penyebar dakwah islam, Rasulullah lebih layak tuk memilikinya, dan ternyata rasulullah seperti manusia biasa,.. tidak memiliki tenaga dalam,..

    kok ada orang2 sekarang, yg dalam segi beragamanya jelas sangat jauh dibanding rasulullah, .. kok bisa memiliki tenaga dalam, dan itu bisa dipelajari,..

    janganlah terjerumus oleh tipudaya syetan…

    karena hakekat tenaga dalam itu adalah bantuan jin,.. bukan karena itu dari ajaran islam,..

    wallahu a’lam bis shawab..

    • ma96ma
      Agustus 14, 2011 pukul 11:50 am

      maaf lagi ya mas…saya juga tidak kebal senjata,saya juga pernah sakit,kalo puasa ya lah mas puasa romadhon n puasa masuk islam, eh puasa senin-kamis….

      kalo dari segi beragama jelas beda donk mas..poligami jaman rasulullah dengan jaman sekarang juga beda…

      kata siapa beda? kata anda sendiri?

      satu lagi mas rasulullah jelas punya tenaga dalam/tenaga lebih/tenaga istimewa hanya saja tidak diperuntukkkan untuk unjuk kekuatan dan sejenisnya..tetapi lebih untuk dakwah…

      Emang apa itu tenaga dalam mas? Rasulullah tidak memiliki tenaga dalam sama sekali, ada juga mukjizat,.. dan mukjizat beda dengan tenaga dalam,.. kalau mukjizat itu dari Allah, dan tidak bisa dengan sengaja dimunculkan, berbeda dengan tenaga dalam, sebab itu dari setan atau bantuan jin, dan bisa dengan sengaja dipamerkan,..

      mana ada manusia yg tidak punya kekuatan lebih/kekuatan ekstra dan tidak bisa membaca kok bisa menyampaikan firman Allah dengan bahasa yang begitu indah dan halus….

      Rasulullah tidak bisa membaca dan menulis mas,..
      Ini untuk menunjukkan kepada manusia, bahwa apa yang Rasulullah sampaikan adalah bukan karangan Rasulullah itu sendiri,.. tapi wahyu dari Allah yang disampaikan oleh malaikat jibril
      Jadi bukan hal yang aneh, jika ada orang yg tidak bisa baca dan tulis lalu bisa membaca alquran, banyak contohnya, dengan cara apa? ada yang menyampaikan kepada orang tersebut,..

      Demikian juga Rasulullah, bukan karena rasulullah memiliki tenaga dalam atau kekuatan ekstra,..

      Jadi anggapan anda tidak benar sama sekali,..

      Rasulullah mempunyai mukjizat, seperti beliau pernah membelah bulan menjadi dua,.. satu hal yang manusia tidak mampu melakukannya hingga jaman canggih sekarang ini,. dan itu bukan tenaga dalam, tapi mukjizat,..

      ginilah mas saya hanya mualaf biasa yg nggak seperti mas…yg lebih banyak tahu tentang Al-Quran, dan niat saya hanya memberi masukan mas saja kok ndak niat debat….wassalam.

      Seharusnya anda giat belajar lagi, dan mempelajari islam dengan pemahaman para sahabat, agar anda tidak tersesat,.
      apalagi sebagaimana anda katakan, anda adalah mualaf, tentu pemahaman islam anda belum banyak mengetahui hal-hal yang sebenarnya itu bukanlah dari islam, walaupun banyak orang islam yang melakukannya,..

      Alhamdulillah sekarang banyak media tuk belajar islam ini,. baik internet,buku, radio,vcd, dll

      Jika anda tinggal dijakarta, banyak sekali tempat2 kajian dakwah islam menurut pemahaman para sahabat,.. radio juga ada, anda bisa memutar radio rodja, di frekwensi 756 AM

      Mudah-mudahan Allah menunjuki anda ke jalan yang benar…..

      • ma96ma
        Agustus 14, 2011 pukul 12:12 pm

        O ya lagi mas kalo mas belum tahu sesungguhnya yang diajarkan oleh nabi isa/yesus juga adalah agama islam tetapi diselewengkan oleh sebagian pengikut/umatnya yang disebabkan oleh hal lain dan juga karena menganggap nabi isa/yesus mempunyai kekuatan lebih/tenaga penyembuh ,salah satunya adalah ketika menyembuhkan orang buta …maka iqro’ lah dan ilmumu akan semakin bertambah dan semakin bijaksana….amiiin

        Semua rasul mendakwahkan kepada Islam, yaitu mentauhidkan Allah, dan menjauhi syirik,..
        Agama kristen bukan agama yang dibawa oleh nabi isa, akan tetapi agama buatan paulus,..

        terlepas dari mukjizat nabi isa , maka saya mengajak anda untuk iqra, sehingga mengetahui hakekat tenaga dalam itu sendiri,..

        sebab tenaga dalam ada unsur kesyirikan didalamnya, yang mana syirik ini adalah hal yang semua Rasul diutus untuk memberantas kesyirikan,..

        Mudah-mudahan Allah menunjuki anda kepada kebenaran…

      • ma96ma
        Agustus 18, 2011 pukul 6:14 pm

        maaf saya bukan mas tapi mbak ….makasih atas doanya, moga mas juga bisa paham bahwa tidak semua tenaga dalam itu sesat/tidak baik [jangan hanya terfokus pada satu teori/pemahaman] sama seperti tidak semua roti manis rasanya.

        Beda antara roti dengan agama islam mbak,.. kalau roti bisa beraneka macam rasanya, kalau agama islam itu cuma satu,.. kewajiban kita adalah mengikuti ajaran islam, berdasarkan pemahaman para sahabat, yang dididik langsung oleh rasulullah, bukan menurut pemahaman yg lainnya,

        Selama ini yg saya pelajari dari Islam ternyata perilaku penganutnya beda dari kelihatannya,,semakin mengenal banyak muslim semakin heran, kok bisa ya satu kitab,satu nabi tapi beda-beda pemahaman n sering saling merasa benar sendiri dan akhirnya tidak akur…sedih sich…tapi bagaimanapun juga saya tetep yakin bahwa islam adalah agama yg benar…dan benar sekali mungkin pemahaman saya tentang islam kurang tapi belum tentu khan pemahaman seorang muslim yg lama di islam pasti lebih baik dari yg mualaf??? biar Allah yg men-judge karena hanya Allah hakim yg paling benar.

        Kenapa mereka berselisih paham?
        Sudah saya jelaskan ,karena mereka memahami islam menurut pemahaman mereka masing-masing, menurut organisasi mereka, menurut madzhab mereka, atau menurut apa yang didapatkan dari orang tua mereka, jadi islam itu agama turunan,.. jadi orang islam tidak mau belajar lagi tentang ajaran islam yang betul-betul diajarkan oleh Rasulullah, langsung kepada para sahabatnya,..

        Jika mereka mau mengembalikan pemahaman mereka kepada pemahaman para sahabat, niscaya mereka akan bersatu,. dan mengamalkan islam berdasarkan ilmu,.. bukan taklid buta,..

        Karena perintah Allah, kita disuruh mengikuti mereka,. sebagaimana disebutkan dalam surat attaubah ayat 100

        Juga Allah mengancam mereka yang tidak mau mengikuti para sahabat, sebagaimana disebutkan dalam surat annisa ayat 115,

        biar Allah yg men-judge karena hanya Allah hakim yg paling benar.

        ya, Allah sudah menjudge dalam kedua ayat tersebut,.. silahkan, tinggal mba sendiri yang mau milihnya,.. baca tafsir kedua ayat tersebut,..

      • Agustus 20, 2011 pukul 2:55 pm

        okay makasih….

  61. Tommi
    Agustus 10, 2011 pukul 3:19 am

    “saya kasi saran ilmu ALLAH sangat luas dan tidak bisa hanya di jangkau dgn pikiran…”

    Sangat setuju mas, bahkan saking luasnya ilmuNya, alam semesta ini tidak akan mampu menampungnya. Namun saya balik bertanya pada anda, apakah ilmu Allah yg sangat luas itu diberitahukan seluruhnya kepada manusia??? Tolong dijawab ya om hendrick

    Saya liat disini komen2 yg kontra dengan penulis kebanyakan hanya berdasar emosinya saja, mereka marah2 karena ada saudaranya yg menasehati kekeliruan ilmu tenaga dalam tetapi marah2nya hanya dilandasi emosi. Tolong mas dipelajari lg, apakah memang benar Islam mengajarkan tenaga dalam? Apakah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan para sahabatnya mensyariatkan untuk mempelajari tenaga dalam? Apakah Imam Syafi’i didalam kitab2nya mengajarkan tenaga dalam??? Tolong untuk direnungkan.

  62. om hendrick
    Agustus 8, 2011 pukul 7:58 am

    apa yang ada dipikiranmu.itulah keyakinanmu….dan apa yang kamu yakini itulah dirimu……jgn men judge suatu bentuk pemahanan orang lain yang kamu tidak mengetahui sedikitpun….artinya tulisan di blog ini…hanya celotehan yang tidak mengandung unsur pengetahuan dan kebenaran….orang yang tidak tahu tentang islam bicara tentang islam….saya kasi saran ilmu ALLAH sangat luas dan tidak bisa hanya di jangkau dgn pikiran…

    Om hendrik yang baik,..
    Rasulullah sudah mengajarkan semuanya,..
    Orang mau ke wc saja diajarkan adab-adabnya,..

    Tinggal kita mau belajar atau tidak, gitu aja,..
    Janganlah kita mencukupkan diri dengan apa yg kita dapat waktu kecil,.. atau dari orang tua kita,..
    Anda sekolah saja mungkin sampai ke perguruan tinggi,..

    Untuk Islam, yg tujuannya adalah negeri yang kekal, di akherat sana… kok ngga mau belajar,. cukup apa yg kita dapati dari kecil, dari orang tua, atau masyarakat setempat?

    kan ini ironi,.. harusnya kita belajar, jadi kita tahu, bukan dikasih tahu malah komentar begitu,…

  63. ILMU HIKMAH NUR SYAHADAH
    Juni 30, 2011 pukul 12:46 pm

    pada pendapat saya kamu memang betul tp ada kalanya kamu tidak akan dapat terlepas dari bahaya syaitan ,,,,

    Siapa yang bisa terlepas dari godaan setan? mungkin hanya rasulullah saja,

    saya paham niat kamu betul tp kamu terus tidak memberi laluan kebaikan kepada ilmu tenaga dalam .

    Seandainya tenaga dalam itu adal dalam islam,.. tentu rasulullah sudah mengajarkannya kepada sahabat,.

    dan yg lebih layak untuk mendapatkan tenaga dalam adalah rasulullah, akan tetapi,.

    Rasulullah tidak bisa terbang, berjalan diatas air, atau tidak mempan dibacok, dibakar,..

    Rasulullah waktu perang memakai baju besi,.. waktu perang uhud giginya rontok,..

    kalau punya tenaga dalam, kan enak, tinggal pakai pukulan jarak jauh,..

    Dan di indonesia , banyak orang sakti, yang memiliki ilmu kedigdayaan, tenaga dalam yang super hebat,..

    tapi nyatanya…

    Indonesia dijajah selama 360 tahun oleh belanda,..

    kemana tuh pendekar2 yg punya tenaga dalam??

    Kenapa tidak bisa mengusir penjajah,

    jawabannya, karena semua itu dari bantuan jin, bantuan setan,

    Tenaga dalam bukanlah dari islam,.

    saya percaya suatu hari nanti dengan nama ALLAH S.W.T akan tunjukkan kepada kamu ,,, insyaallah ,,,,

    nunjukin apa? tenaga dalam?

    ngga perlu, saya dah tahu apa hakekat dari tenaga dalam tersebut,..

  64. Abdullah
    Juni 3, 2011 pukul 9:51 pm

    mas admin…mau penjelasan tenaga dalam yang ilmiah….bisa…tapi jangan di delete ya….sudah banyak komentku yang anda delete…ngapain anda buat kotak koment kalo ada yang koment anda delete…..

    mas, siapa sih yang lebih layak mempunyai tenaga dalam?

    Rasulullah saja tidak mempunyai tenaga dalam,..
    Rasulullah sewaktu perang memakai baju besi..
    Rasulullah tidak kebal,
    Beliau ketika perang uhud giginya rontok,..

    Kalau memang tenaga dalam ada dalam islam, dan ini bermanfaat, maka rasulullah sudah mengajarkannya..

    Para sahabat sudah mempraktekannya..

    Mas, belajar akidah yang bener dulu ,baru nanti anda mengerti apa sih hakekat tenaga dalam itu,..

    Sungguh di negeri ini dulu banyak orang sakti,. katanya…

    Bukan hanya tenaga dalam,, tapi banyak kesaktian lain juga,

    ternyata… untuk mengusir orang kafir saja tidak bisa,.. indonesia dijajah ratusan tahun…

    Mas, sudah jaman modern kok masih percaya tenaga dalam,…

    Yang bener saja mas…

    Komentar mas gak ada yg bermutu, menuh-menuhin keranjang sampah saja,..

  65. Abdullah
    Mei 20, 2011 pukul 11:21 am

    monggo mas…saya mengajak anda berdebat di sini silahkan main kroyokan di tunggu mas…http://dibusekbae.wordpress.com/2010/04/23/inilah-inti-tenaga-dalam-tenaga-metafisik-dan-ilmu-hikmah-sebuah-pengalaman-pribadi-bag-1/

    Ada sesuatu yang lebih bermanfaat daripada link yang anda berikan,.. bacalah hadits ini dan semoga kita bisa termasuk dalam orang-orang yang memperoleh janji Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam dalam sabdanya

    « أَنَا زَعِيمٌ بِبَيْتٍ فِى رَبَضِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَإِنْ كَانَ مُحِقًّا وَبِبَيْتٍ فِى وَسَطِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْكَذِبَ وَإِنْ كَانَ مَازِحًا وَبِبَيْتٍ فِى أَعْلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ »

    “Aku menjamin sebuah rumah di pinggiran surga bagi siapa yang meninggalkan perdebatan meskipun dia berada di atas kebenaran, dan sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta meskipun hanya bercanda, dan sebuah rumah di tempat tertinggi di surga bagi siapa yang membaguskan akhlaqnya” (HR Abu Dawud no 4802 dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam shahihul Jami’ no 1464)

    • tommi
      Mei 23, 2011 pukul 4:37 am

      Wah seram sekali mas Abdullah, inikah akhlak org yg belajar tenaga dalam yg katanya untuk pengendalian diri dan pengendalian nafsu amarah (tasawuf)? Ketika ada saudaranya yg mengkritisi langsung diajak berjidal bahkan mengajak main keroyokan??? wah wah wah. Seram sekali antum ini.

      Yah saya mah tidak heran memang ketika ada sesuatu yg kita senangi bahkan kita taqlidi secara buta (ditradisikan) tiba2 dikritik oleh org dan kita langsung memarahi org itu tanpa melihat apa esensi kritiknya. Hmm semoga Allah Azza wa Jalla melembutkan hati mas Abdullah. Ga baik ah mas mengajak berjidal apalagi mengajak keroyokan, wong mas mufti hanya menyampaikan nasehat kok. Mau diterima Alhamdulillah, ga mau diterima jg ya ga apa2. Toh bila memang antum yakin jalan hidup antum adalah lewat tenaga dalam ya jalani saja lah, tidak perlu sampe sebegitunya ngajak jidal segala.

      Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
      مَا ضَلَّ قَوْمٌ بَعْدَ هُدًى كَانُوْا عَلَيْهِ إِلاَّ أُوْتُوْا الْجَدَلَ، ثُمَّ قَرَأَ : مَا ضَرَبُوْهُ لَكَ إِلاَّ جَدَلاً
      “Tidaklah sebuah kaum menjadi sesat setelah mereka dulunya berada di atas hidayah kecuali yang suka berdebat, kemudian beliau membaca (ayat) “Mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja””. (HR Tirmidzi & Ibnu Majah dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu

      Jazakallahu khairan…

    • Abdullah
      Juni 4, 2011 pukul 7:15 am

      hadist..kok di bilang nggak bermutu…

      hadits shahih, jika dijelaskan oleh orang yang bukan ahlinya,.. maka jadi rusak maknanya,..

      apalagi jika yang dibawakan adalah hadits dhaif,.. atau hadits palsu,.. tentu lebih parah lagi kerusakannya,.. wallahu a’lam..

  66. arab
    April 19, 2011 pukul 7:31 am

    ana dengar ada orang yang mengharamkan dzkir jama’ah setelah shalat??

    imam Syafei dalam kitabnya Al-Umm, “aku memilih untuk imam dan makmum agar keduanya berzikir kepada Allah sesudah salam dari sholat, keduanya melakukan zikir secara lirih kecuali imam yg menginginkan makmum mengetahui kalimat-kalimat zikirnya, maka dia boleh mengeraskannya sampai dia yakin para makmumnya sudah mengetahuinya, kemudian dia berzikir secara lirih lagi”. Inilah pilihan atau pendapat Imam Syafei, tidak ada dikalangan syafiah yg melarang atau mengharamkan zikir jahar. Masalah zikir dgn suara keras sudah ada dalilnya , Masalah ada orang yg telat sholat, hadist itu secara zahir tidak membahasnya, jadi kalau ada yg berpendapat zikir lirih atau zikir jahar maka keduanya merupakan pilihan.

    Perhatikan penjelasan imam syafi’i dalam kitab al umm,..

    Berkata Imam Asy-Syafi’i dalam kitab Al-Umm bahwasanya Nabi Shallallahu
    ‘alaihi wa sallam mengeraskan suaranya ketika berdzikir adalah untuk mengajari orang-orang yang belum bisa melakukannya. Dan jika amalan tersebut untuk hanya pengajaran maka biasanya tidak dilakukan secara terus menerus.

    Imam ASy-Syafi’i menyimpulkan berdasarkan sanad yang shahih bahwa Umar pernah men-jahar-kan do’a iftitah untuk mengajari makmum ; yang menyebabkan Imam ASy-Syafi’i, Ibnu Taimiyah dan lain-lain berkesimpulan bahwa hadits di atas mengandung maksud pengajaran.

    Dan syari’at telah menentukan bahwa sebaik-baik dzikir adalah yang tersembunyi.

    selengkapnya bisa dibaca disini

    • Abdullah
      Juni 5, 2011 pukul 5:51 am

      smoga Allah membalas kebaikan saudara…sampai jumpa nanti di blog tandinganku….

      Jazakallahu khairan,..

      Mudah-mudahan Allah memberikan hidayah untuk anda,..
      Semua postingan atau blog yang dibuat, akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah kelak,..

      oleh karena itu,…

      Berhati-hatilah,.. jangan sia2kan waktumu untuk membuat blog yang hanya akan menambah dosa2mu saja,..

  67. April 17, 2011 pukul 9:57 pm

    anda terlalu banyak berbicara tentang syirik…kalo anda muslim..anda mempunyai iman tidak lebih dari pada tempe….belajar lg mas…..

    mas, masih mending punya iman sebesar tempe, daripada kita berbuat syirik, sebab tidak akan pernah kita dapati orang yang mempunyai iman sebesar gunung, tapi melakukan kesyirikan seperti belajar tenaga dalam,…

    Jadi, belajar lagi mas, tapi bukan belajar tenaga dalam,… belajar ilmu agama yang benar, berdasarkan pemahaman para sahabat,… silahkan baca surat attaubah ayat 100, atau surat annisa ayat 115, baca tafsirnya, tafsir ibnu katsir,..

    • hasan
      April 18, 2011 pukul 10:41 am

      lho..lho… mas abdullah,,, antum dateng bertamu kok marah-marah begitu,, maaf mas,, kita disini semua mang masih belajar dan selalu belajar,, memperbaiki diri terutama akhlak mas,, percuma kalo ilmu tinggi tapi ga punya akhlak,,jadi kita sama-sama belajar,, oc.. he,
      maaf ni mas admin memangnya kita harus terikat satu madzhab ya?

      Tidak boleh kita taklid pada madzhab tertentu, ke 4 imam madzhab saja melarang kita tuk bertaklid padanya…

      Kita disuruh taklid hanya kepada hadits yang shahih dari Rasulullah,..

      Bahkan Imam yang 4 juga demikian, menyuruh untuk mengikuti hadits yang shahih saja, jika ada pendapat mereka yang menyelisihi hadits yang shahih dari Rasulullah, maka pendapat mereka wajib ditinggalkan, kita ikuti hadits Rasulullah yang shahih,..

      Jadi, pendapat imam madzhab yang sesuai dengan hadits yang shahih dari Rasulullah saja yang kita ikuti,..

      Begitu mas, tidak harus satu madzhab,..

  68. April 17, 2011 pukul 9:52 pm

    hanya satu untuk anda baca nih….http://delete-fatih.blogspot.com/

    Diganti ini saja mas, http://konsultasisyariah.com/ , http://almanhaj.or.id/ , http://yufid.com/,http://radiorodja.com/
    Insya Allah lebih bermanfaat… ngga percaya? silahkan dibuka saja…

    • Mei 14, 2011 pukul 1:04 pm

      he..he…kenapa di delete mas….takut ya…titel ustad anda bisa di cap ustad gadungan…sebagai admin jika ada kritikan yang tajam jangan di delete yang menilai kan pengunjung..anda boleh meyakinkan orang bahwa tenaga dalam itu sesat tapi anda juga harus konsekwen dong..berani menerima kenyataan…mas kalo buat blog jangan ngaur..dong…ok..saya ingin menjajal pengetahuan anda yang mengklaim tenaga dalam adalah sesat..baru di kasih satu aja refrensi udah di delete..mas..mas..tidak cocok jadi ADMIN…bagaimana jadinya kalo di kasih 1000 refrensi bisa gila kali mikirnya..hu….

      Komentar anda, cerminan siapa anda,..
      Nggak ilmiah,.. seandainya tenaga dalam itu dibolehkan dan tidak bertentangan dengan syariat islam, maka tentu Rasulullah memilikinya,…
      Rasulullah ketika perang uhud saja giginya rontok, kemudian Rasulullah memakai baju besi,… seandainya tenaga dalam ada, sudah aja rasulullah menggunakan tenaga dalam, kan enak tuh, bisa mukul jarak jauh seperti wiro sableng??

      Di indonesia dijajah belanda ratusan tahun, kemana tuh pendekar-pendekar sakti yang punya ilmu tinggi?
      Punya ajian segara geni, atau bayu bajra, ilmu kebal, dan lain-lain? mikir dong mas,.. kok indonesia banyak orang sakti, katanya…. kok dijajah ratusan tahun?? apalagi banyak pesantren yang lulusanya bisa kebal di bacok, pada kemana tuh mas?? kok ngga bisa ngusir penjajah??

      Mbok ya ilmiah, jangan ngelantur, kalau komentar anda ilmiah, ngga akan saya delete,..

      Tenaga dalam hakekatnya dari setan, merupakan perbuatan kesyirikan, dan itu dosa besar,…

      Mikir dong mas kalau nulis komentar,….

      • tommi
        Mei 16, 2011 pukul 3:05 pm

        Sbg admin, sudah menjadi kewajiban beliau pula untuk menyaring segala komen yg masuk, apalagi komen yg berisi link2 yg penuh syubhat2 berbahaya bila dibaca oleh saudara kita yg masih awam agama.

        Jadi, saya kira, admin sudah melakukan tugas yg benar, bukannya pengecut. Tidak percaya? Itu hukum yg berlaku didunia blogger mas, anda terlalu banyak belajar tenaga dalam sih, jadinya anda ga tau hukum blogger, heheheeee….

        PEACE…

        Yang pengecut tuh, yang belajar tenaga dalam,.. tul ngga mas,… Rasulullah saja ngga punya tenaga dalam,.. koq orang yang tidak lebih utama dari Rasulullah bisa punya tenaga dalam? dari siapa asal tenaga dalam itu kalau bukan dari setan?

  69. April 17, 2011 pukul 9:50 pm

    wah..wah…makin banyak aja..yg musuhin tenaga dalam belajar lg mas agamanya….baca nih….http://delete-fatih.blogspot.com/

    Justru karena belajar agama, jadi tahu, bahwa tidak ada tenaga dalam dalam islam, itu hakekatnya bantuan dari jin,

    Rasulullah saja tidak mempunyai tenaga dalam, ketika perang uhud, gigi beliau rontok,

    Kalau memang ada tenaga dalam dalam islam, tentu Rasulullah mengajarkannya, enak kan jika dipakai buat melawan musuh islam,.. tinggal kasih saja tendangan jarak jauh…. pukulan jarak jauh,.. bisa tuh buat ngusir penjajah indonesia dulu,… KENAPA DI INDONESIA BANYAK ORANG SAKTI, TAPI DI JAJAH PULUHAN, BAHKAN RATUSAN TAHUN???

    Mas, islam bukan pengecut mas,.. berani, berhadap-hadapan,…

    Kalau tenaga dalam itu buat orang yang pengecut,.. ditambah jika kita mempelajari tenaga dalam, hanya menjadikan kita sebagai budak setan,..

    • Mei 14, 2011 pukul 1:14 pm

      baca yang cermat mas…http://dibusek-fatih.blogspot.com/ gini…kalo anda benar-benar mau berdakwah langsung aja datangi pondok pesantern tersebut lalu berdakwah di hadapan ribuan santri kan beres….bantai dulu akarnya maka yang lainnya akan nyusul..buktikan… jangan ngantuk kalo buat blog..

      Sudah baca mas,.. mas bisa dengerin sendiri nih mas, disini,
      Santri tambak beras yang menjadi tukang nuntun Gus Dur,… silahkan dengerin yah, disini,

      Ngga perlu mendatangin pondok tersebut mas,. mau ngapain?
      Ngantuk? mas jangan ngantuk dong kalau baca blog saya,… baca yang teliti, Insya Allah banyak ilmu yang diposting disini, bukan ilmu tenaga dalam mas,..

      Rasulullah mendidik sahabatnya, tapi tidak bisa merubah telor menjadi bom yang bisa meledak, … kalau pondok pesantren anda sih, denger-denger santrinya bisa sakti ya? bisa kebal, atau jika melempar telor bisa meledak,… enak tuh mas,… bisa buat jihad,… he..he….. dengan tenaga dalamnya,… bisa buat melet juga,…. padahal itu semuanya bertentangan dengan syariat islam,..

    • Abdullah
      Mei 17, 2011 pukul 11:53 am

      lucu aja…komentar anda..masa kiyai pendiri pondok di katakan syirik..pasti anda orang kafir yang menyamar menjadi muslim….tunggu aja ntar..aku akan buat blog tentang tenaga dalam….ok…slamat malam…

      Memang ada dalilnya kalau kiyai pendiri pondok itu terbebas dari kesyirikan?
      atau kyiai itu tidak mengenal hakekat kesyirikan ya?
      Sehingga terlena dengan tipuan setan dengan tenaga dalamnya, wal iyadzubillah…

      • Abdullah
        Mei 17, 2011 pukul 11:59 am

        aneh..koment anda seakan-akan anda yakin 100 persen tenaga dalam itu sesat..smoga Allah mengampuni orang2 seperti anda…amin.

        Aneh,… begitulah komentar orang yang tidak mengerti hakekat tenaga dalam….
        Semoga Allah menunjuki orang-orang yang tidak mengetahui hakekat tenaga dalam ini…
        Sehingga tidak terjerumus kedalamnya, yang pada hakekatnya tenaga dalam itu adalah datang dari setan,… waliyadzubillah

  70. April 13, 2011 pukul 4:56 am

    cobalah pahami lagi islam itu secara mendalam, coba baca lagi keterangan2 dari hadits kudsi.

    Jika anda memahami islam secara mendalam, dengan pemahaman generasi yang dididik langsung oleh Rasulullah, yaitu para sahabat, tentu akan kita dapatkan keterangan yang sangat jelas

    kita tidak cukup membaca sebuah buku kemudian kita sudah mengklim seseorang itu sudah sesat atau syirik. syirik itu masalah keyakinan hati yang tidak bisa dinilai atau ditentukan oleh orang lain. permasalahan keyakinan itu hanyalah allah dengan orang yang bersangkutan saja yang tahu..

    Rasulullah sudah menjelaskan hakekat syirik dengan begitu jelasnya, kenapa? Karena tujuan diutusnya Para Rasul, dari Nabi Nuh hingga Muhammad, untuk memberantas masalah kesyirikan ini, memurnikan ibadah hanya kepada Allah, tidak menyekutukannya, karena itu adalah perbuatan kesyirikan,..

    Jika anda berdalil “permasalahan keyakinan itu hanyalah allah dengan orang yang bersangkutan saja yang tahu..” itu benar, dan Allah sudah menjelaskan permasalahan keyakinan itu kepada Rasulullah, dan Rasulullah pun sudah menjelaskannya kepada para sahabat, demikian seterusnya,..
    Jika kita mendalami ajaran islam ini menurut pemahaman para sahabat, maka telah jelas permasalahan keyakinan ini. Dan karena sudah jelas, maka kewajiban kita adalah menjelaskan kepada umat jika ada keyakinan yang menyimpang dari ajaran Allah yang dijelaskan oleh Rasulullah,.. bukan berdalil permasalahan ini hanya orang yg bersangkutan dan Allah saja yang tahu,… kalau ini yang dikedepankan, dikemanakan masalah amar maruf nahi mungkar yang dianjurkan oleh Rasulullah??

    Karena mengingatkan umat terhadap kesyirikan adalah termasuk tindakan amar maruf nahi mungkar, yang ini dianjurkan oleh Rasulullah, dan ada ancaman bagi orang-orang yang meninggalkannya,..

    sejauh yang saya ketahui orang yang mempelajari ilmu tenaga dalam itu tdk ada yang bertujuan untuk menyesatkan, melainkan mengajarkan bagaimana kita sedekat mgkn dengan sang pencipta dengan cara mempelajari dan mensyukuri apa2 yang diciptakannya di dunia ini.

    Sebelumnya saya ingin bertanya, siapa anda? Apakah tidak ada ulama yang menjelaskan tentang hakekat tenaga dalam ini?? Apakah anda tidak membuka tulisan2 mereka?? Janganlah anda tertipu dengan prasangka anda, memang itu bukan menyesatkan? itu adalah anggapan anda, karena mungkin anda belum memahami permasalahan akidah yang benar,.. jika anda mengetahui kesesatan yang terkandung dalam amalan2 tuk meraih tenaga dalam ini, tentu anda tidak akan mengatakan seperti itu.

    inti tenaga dalam itu adalah zikir,kedekatan dg sang pencipta, dan olah pernafasan sebagai wujut bersyukur kpd allah.

    Rasulullah sudah mengajarkan semua amalan2 di dalam islam, cara bersyukur pun sudah Rasulullah ajarkan, amalan2 dzikirpun sudah Rasulullah ajarkan, janganlah kita membuat cara2 sendiri atau bacaan2 sendiri dalam beribadah, karena semua itu tertolak, dan merupakan perbuatan dosa, dan tidak akan pernah perbuatan itu dapat mendekatkan diri kepada Allah,,. jika itu bisa mendekatkan kepada Allah, itu hanya menurut persangkaan pelakunya saja..

    ketika nabi muhammad SAW di serang oleh orang kuraisy dengan cara menyeret pedang di leher rasulullah seraya berkata siapa yang akan menolong mu dari pedangku ini? nabi menjawab Allah..Allah..Allah. tanpa melakukan perlawanan pedang tersebut terlepas dari tangan orang kafir tsb. dari sini lah orang menggali ilmu2 tersebut dengan cara pemantapan zikir dll.

    mas, itu adalah karena kemantapan tauhid Rasulullah yang begitu kuat menghujam dihatinya, bukan lantaran amalan2 dzikir tertentu, kok bisa orang2 yg melakukan amalan tenaga dalam itu membaca dzikir2 tertentu yang tidak pernah diajarkan Rasulullah sama sekali,… ini adalah kedustaan atas nama Rasulullah, dan ancamannya berat..

    orang yang mempelajari ilmu tenaga dalam tdk pernah mengatakan dirinya hebat,kebal,dll. dia menyadari bahwa segala sesuatunya allah yang mengatur. tetapi jika dia kebal,hebat, punya kesaktian,dll, itulah buah yang dia peroleh dengan usahanya mendekatkan diri kpd allah. sama saja hal nya yang di alami wali songo.

    mas, walisongo bukanlah dalil, bukanlah bukti, wong sejarah walisongo saja tidak jelas, dan banyak cerita khurafat didalamnya,..
    Tahu tidak mas, ketika Rasulullah perang uhud, gigi beliau rontok, beliau tidak kebal, beliau juga memakai baju besi,..
    Kurang apa Rasulullah dalam beribadah dibanding walisongo? atau orang-orang yang belajar tenaga dalam itu??

    Mau artikel tentang tenaga dalam? mas bisa baca disini

    • dami
      Agustus 6, 2011 pukul 7:14 pm

      orang yang punya tenaga dalam itu kebanyakan setelah ia memilikinya ia akan merasa bangga, tidak takut kepada siapapun, cepat emosi, berjalan didunia seperti orang yang membanggakan diri……………………..
      suka memperlihatkan kesaktiannya (riya)…………..
      dan itu siapa lagi klo bukan sifat2 yang dibisikan setan………..
      maaf mas klo ada coment yang bikin sakit hati……
      jangan diambil hati ini hanya sebagai pelajaran saja……………….

      Rasulullah saja berperang menggunakan baju besi,..
      Rasulullah tidak sakti,..
      Rasulullah tidak kebal,..
      Rasulullah tidak bisa terbang,..

      Rasulullah ketika perang uhud giginya rontok,..

      Kok ada orang selain Rasulullah yang memiliki kesaktian, ngga mempan dibacok, kebal….

      Jangan tertipu dengan tipudaya syetan…

      • manusia
        September 13, 2012 pukul 4:18 am

        lebih baik kita bersatu, klo kita bner emang mau membela islam. jngan mlh gontok2 an.

        betul, bersatu diatas akidah yang benar, bukan bersatu diatas akidah yang warna-warni,
        Jika bersatu sementara akidah tidak benar, maka ini adalah persatuan yang semu, bukan persatuan hakiki, persatuan yang rapuh, dan hakekatnya bukan bersatu, sebab persatuan yang benar adalah persatuan diatas akidah yang benar, yaitu akidah yang rasulullah ajarkan kepada para sahabatnya,

  1. April 26, 2011 pukul 10:22 am

Silahkan tulis komentar anda,.. surel diisi dgn email, nama diisi dengan nama anda ,

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.464 pengikut lainnya.