Beranda > Baca Kisah, injil, Kristen > Sebuah Gereja di Belanda

Sebuah Gereja di Belanda


Sebuah Gereja di Belanda Berubah Menjadi Salah Satu Masjid Terbesar di Eropa

Oleh: Abdul Bari al-Hamd (seorang da’i di Belanda)

Cover2-07.jpgKaum muslimin di Belanda berusaha keras untuk mewujudkan Masjid an-Nashr di kota Routerdam dalam penampilan barunya setelah diumumkan adanya  sebuah proyek besar untuk renovasi bangunan yang asalnya adalah sebuah gereja yang berhasil dibeli oleh minoritas muslim dari pengurus gereja.
Panitia pembaharuan masjid berkeinginan untuk menjadikan masjid tersebut sebagai masjid terbesar di benua Eropa, serta ingin menambahkan bangunan-bangunan lain untuk  penyempurnaan fungsi masjid sebagai lembaga sosial dan kebudayaan di samping fungsinya sebagai tempat peribadatan.
Ali at-Tasyi, Direktur Yayasan Masjid an-Nashr menjelaskan bahwa masjid akan mengalami pembaharuan dalam penampilan dan pelebarannya setelah beberapa pihak tertentu pada tahun-tahun terakhir ini menutup sebagian lokasi masjid karena rapuh dan hampir runtuh.

At-Tasyi menambahkan: “25 tahun yang lalu kami mampu membeli bangunan tersebut seharga setengah juta Euro, dan bangunan masjid ini dulunya adalah sebuah gereja, lalu kaum muslimin membelinya pada tahun 1982.”
Demikianlah telah diumumkan bahwa sejumlah LSM mengunjungi masjid tersebut tentang persiapannya untuk saling membantu dan bekerja sama dengan yayasan masjid dalam renovasi dan perluasan yang keduanya akan memakan biaya lebih dari sepuluh juta Euro.

Sebuah Gereja di Belanda Berubah Menjadi Salah Satu Masjid Terbesar di Eropa

Foto Masjid dari dalam

Pemusatan kaum muslimin Belanda terhadap urgensi fungsi masjid dalam kehidupan minoritas muslim, serta sebagai penopang hubungan dengan komunitas lain, datang  setelah keputusan pemerintah Belanda untuk mewajibkan pelarangan pemakaian cadar secara merata di seluruh tempat umum. Yang demikian menjadikan Belanda adalah Negara Eropa pertama kali yang mengambil keputusan seperti ini, dengan klaim bahwa penutup wajah membentuk sebuah ancaman teroris, atau dengan kata lain identik dengan teroris.
Perlu disebutkan bahwa sebuah harian nasional milik umat Kristiani menyebutkan dengan terang-terangan bahwa Eropa baru telah muncul, dan seolah-olah ia mencampakkan orang-orang Nasrani. Gereja-gereja kosong dan roboh mengubur dirinya. Gedung-gedung yang bersejarah dijual dengan harga yang sangat murah untuk dirubah menjadi apartemen tempat tinggal, restoran, dan fungsi ibadah agama selain Nasrani. (AR)*

Sumber: Majalah Qiblati edisi 7 tahun II

  1. Mei 7, 2010 pukul 9:48 am

    mantab juragan.. nice post… kunjungan perdana ih ditunggu kunjungan baliknya

    Trimakasih atas kunjungannya, mudah-mudahan bermanfaat….

  2. ahsanfile
    April 30, 2010 pukul 1:12 am

    Mantap gan…
    muslim di negara lain begitu gigih memperjuangkan agama ini,
    tapi yang ditanah air malah terombang-ambing gak jelas kaya gini.
    Salut dah…

    Beda mas muslim di indonesia, dengan muslimnya orang-orang bule, he..he.. orang eropa dan amrik, mereka mengenal islam berdasarkan ilmu, dan mereka berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mendalami ilmu islam tersebut, jadi bener-bener islamnya,
    Kita miris melihat umat islam di indonesia, karena islamnya adalah islam turunan, jadi merasa sudah cukup dengan apa yang di dapat dari orang tuanya, atau adat yang berada di lingkungannya, dan hal-hal lain, yang ini ternyata berlawanan dengan ajaran islam yang mulia tersebut,…

    Sudah saatnya kaum muslimin bangkit untuk mendalami agama mereka, wong sekolah saja ada tingkatannya, sekolah SD 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun, trus kuliah, .. nah padahal itu adalah untuk tujuan dunia, kenapa untuk Islam…. boro-boro mau belajar tahun-tahunan…. bahkan merasa apa yang didapatkan dari orangtuanya itu sudah cukup,… sehingga jika mendapatkan suatu amalan yang itu benar-benar datang dari ajaran Rasulullah yang shahih, dianggap aneh… karena masyarakat yang ada tidak melakukannya…

    Itulah kebanyakan kondisi kaum muslimin saat ini yang ada di indonesia… dari dulu… sampai sekarang….
    Mudah-mudahan Allah memberikan semangat kepada kaum muslimin untuk memahami agama mereka, sesuai dengan pemahaman yang benar….

    Ingat, islam bukan agama turunan…. tapi sudah ada syari’at yang diajarkan oleh Rasulullah yang wajib kita pegang….
    Wallahu’alam…

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar anda,.. surel diisi dgn email, nama diisi dengan nama anda ,

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.466 pengikut lainnya.