Beranda > Belajar Nasehat > Jika Kita Menempati Rumah Baru, Dan Ingin Mengusir Jin Yang Tinggal Dirumah Tersebut,Bagaimanakah Caranya?

Jika Kita Menempati Rumah Baru, Dan Ingin Mengusir Jin Yang Tinggal Dirumah Tersebut,Bagaimanakah Caranya?


cara mengusir jin penunggu rumah

Mengusir Jin Pengganggu dari Rumah

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ustadz saya mau bertanya beberapa mengenai hal gaib

1. Seandainya Ustadz diminta mengusir makhluk gaib yang mengganggu suatu rumah, apa yang dapat dilakukan? Selain memperbaiki keislaman di rumah tersebut, misal hal aneh yang dilakukan orang: menabur garam, memasang penangkal baik dari dukun ataupun menempelkan ayat di dinding, membakar kemenyan, memanggil dukun, dsb.

2. Kalau Menyetel Mp3 Alquran dengan sengaja bagaimana?

3. Apakah bisa setan membawa manusia ke alamnya? Karena pernah ada anak-anak bermain -yang satu orang mencari teman lain yang bersembunyi- pada malam dan salah satunya hilang, dan kata “orang pintar” dia dibawa setan ke alamnya, kemudian dengan bantuannya bisa diambil lagi orang tadi, cerita ini dari ibu saya yang mengetahui kejadian ini.

4. Jadi hal apa yang dibenarkan Islam untuk menyelamatkan orang itu? Sedangkan kalau orang yang agamanya benar tidak akan mengetahui tentang ilmu seperti itu. Sama saja kalau mau minta diurut karena salah urat, biasanya kebanyakan tukang urut memiliki ilmu -yang saya tahu mungkin berbau syirik-. Jadi apa yang seharusnya dilakukan.

5. Apakah pasti perbuatan syirik, jika orang Islam, mempunyai kemampuan yang aneh walaupun tujuannya baik dan tidak untuk berbuat kejahatan, seperti kebal atau bisa melihat, melawan, sampai memasukkan jin ke dalam botol -seperti acara “ustadz-ustadz” pemburu jin di TV-, atau menyembuhkan orang sakit dengan memindahkan penyakit ke ayam, kambing, atau hal-hal yang lainnya. Tetapi amalan mereka seperti orang Islam biasa, shalat, puasa, dsb.

Sekian dulu Ustadz, Jazakallahu khairan

Wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dari: Ahmad

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuhu

Untuk kasus semacam ini, ada dua tindakan yang bisa Anda lakukan;

Pertama, pengobatan

Maksud kami adalah mengusir jin itu dengan segera.

Cara yang paling efektif dalam hal ini adalah membacakan surat Al-Baqarah, satu surat penuh. Ini berdasarkan hadis dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)

Sahabat Ibnu Mas’ud mengatakan:

إِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ فِي بَيْتٍ، خَرَجَ مِنْهُ

“Sesungguhnya setan, apabila mendengar surat Al-Baqarah dibacakan dalam rumah, maka dia akan keluar dari rumah itu.” (HR. Ad-Darimi 3422, At-thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir 8642).

Hanya 3 hari?

Terdapat keterangan bahwa setan meninggalkan rumah itu selama 3 hari. Ini berdasarkan hadis dari Sahl bin Sa’d radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ فِي بَيْتِهِ لَيْلًا لَمْ يَدْخُلِ الشَّيْطَانُ بَيْتَهُ ثَلَاثَ لَيَالٍ

“Siapa yang membaca surat Al-Baqarah di malam hari maka setan tidak akan memasuki rumahnya selama tiga hari..” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya 780).

Hanya saja, keterangan tambahan tiga hari dalam riwayat tersebut dinilai lemah oleh al-Albani, sebagaimana keterangan beliau di Silsilah Ad-Dhaifah no. 1349.

Hanya Setan yang Mengganggu

Setan yang lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah adalah setan yang mengganggu secara zahir. Sebagaimana keterangan yang dinukil Ibnu Hibban, dari Imam Abu Hatim:

قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَمْ يَدْخُلِ الشَّيْطَانُ بَيْتَهُ»، أَرَادَ بِهِ مَرَدَةَ الشَّيَاطِينِ دُونَ غَيْرِهِمْ

Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “setan tidak akan memasuki rumahnya” maksudnya adalah setan yang membangkang (mengganggu) bukan yang lainnya. (Shahih Ibnu Hibban, 3:59)

Siapa yang Membaca?

Siapa saja, tidak harus tuan rumah. Lebih-lebih, jika tuan rumah sendiri tidak bisa membaca Alquran. Karena lafal dalam hadis: “yang dibacakan surat Al-Baqarah” dengan bentuk kalimat pasif. Artinya siapapun yang membaca, selama dilakukan di dalam rumah, telah memenuhi syarat untuk mengusir setan.

Hanya saja tidak boleh menggunakan rekaman Mp3 atau sejenisnya. Karena membaca butuh niat, dan audio player atau komputer tidak bisa berniat.

Kedua, tindakan pencegahan

Tindakan ini merupakan upaya berkelanjutan selama menempati rumah tersebut. Karena berkelanjutan, upaya ini hanya bisa dilakukan oleh tuan rumah atau orang yang menempatinya. Dia tidak lagi bisa bergantung atau meminta bantuan orang lain. Karena itu, upaya ini lebih menekankan pada mental keagamaan penghuni rumah.

Ada beberapa rutinitas yang selayaknya dilakukan, agar rumah kita selalu dijauhi setan yang suka mengganggu:

1. Rajin baca Alquran dan ibadah apapun di dalam rumah.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)

Dalam hadis ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam men-kontras-kan antara rumah dengan kuburan. Beliau memerintahkan agar rumah kita tidak dijadikan seperti kuburan. Salah satu sifat yang mencolok dari kuburan adalah itu bukan tempat ibadah. Agar rumah kita tidak seperi kuburan yang bisa jadi banyak setan pengganggu, gunakan rumah kita untuk ibadah.

Hadis ini sekaligus menuntut Anda yang belum bisa membaca Alquran agar segera dan serius dalam belajar Alquran. Untuk menjadikan rumah Anda sebagai taman bacaan Alquran, tidak mungkin setiap hari Anda harus mengundang orang lain.

Dalam hadis dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اجْعَلُوا فِي بُيُوتِكُمْ مِنْ صَلاَتِكُمْ وَلاَ تَتَّخِذُوهَا قُبُورًا

Jadikanlah bagian shalat kalian di rumah kalian. Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan.” (HR. Bukhari 432, Muslim 777, dan yang lainnya).

Maksud shalat di sini adalah shalat sunah yang dikerjakan sendiri dan tidak berjamaah. Sebagaimana dinyatakan dalam hadis:

إِنَّ أَفْضَلَ صَلاَةِ المَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلَّا الصَّلاَةَ المَكْتُوبَةَ

Susungguhnya shalat seseorang yang paling utama adalah shalat yang dikerjakan di rumahnya, kecuali shalat wajib.” (HR. Bukhari 7290 dan yang lainnya).

2. Jangan pedulikan segala bentuk gangguan.

Sikap cuek, tidak peduli, ternyata menjadi cara ampuh untuk mengusir setan. Setan sebagaimana manusia, ketika dia mengganggu, kemudian tidak digubris, bisa jadi dia akan bosan untuk mengganggu Anda.

Berbeda ketika Anda merasa ada yang mengganggu, kemudian Anda cari-cari di mana tempatnya, atau bahkan Anda ajak bicara, atau Anda siram dengan garam dan semacamnya, dia akan semakin menjadi-jadi dalam menggoda Anda.

Dari Abul Malih dari seseorang, dia berkata, “Aku pernah diboncengi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu tunggangan yang kami naiki tergelincir. Aku pun mengatakan, “Celakalah setan”. Namun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang,

لاَ تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَانُ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَعَاظَمَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الْبَيْتِ وَيَقُولَ بِقُوَّتِى وَلَكِنْ قُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَصَاغَرَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الذُّبَابِ

Janganlah kamu ucapkan ‘celakalah setan”, karena jika kamu mengucapkan demikian, setan akan semakin besar seperti rumah. Lalu setan pun dengan sombongnya mengatakan, ‘Itu semua terjadi karena kekuatanku’. Akan tetapi,  ucapkanlah “Bismillah”. Jika engkau mengatakan seperti ini, setan akan semakin kecil sampai-sampai dia akan seperti lalat.” (HR. Ahmad 5:95 dan Abu Daud 4982 dan dishahihkan al-Albani)

Ketika Anda mendengar atau melihat ada sesuatu yang mengganggu, jangan diajak bicara, tapi mintalah perlindungan kepada Allah dan berdoa kepada-Nya.

3. Baca doa ketika masuk rumah

Hal kecil yang mungkin perlu dibiasakan adalah memulai segala yang penting dengan doa atau dzikir. Salah satunya, ketika kita masuk rumah. Meskipun kelihatanya remeh, namun hasilnya luar biasa.

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يُذْكَرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ

Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

Ada doa khusus ketika masuk rumah, akan tetapi doa ini dinilai dhaif oleh al-Albani. Karena itu, makna dzikir kepada Allah adalah membaca basmalah.

4. Baca doa ketika hendak makan

Membaca basmalah ketika hendak makan, menjadi penghalang setan untuk ikut makan bersama Anda. Hadis dari Jabir di atas menegaskan hal ini,

وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يُذْكَرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ، فَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Tapi apabila dia tidak mengingat Allah ketika masuk maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’. Dan jika dia tidak mengingat Allah ketika makan maka setan akan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap dan makan malam’.” (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

5. Baca doa ketika tutup pintu

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan banyak saran agar kita tidak terganggu setan. Salah satunya:

وَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا

Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah).” (HR. Bukhari 3304, Muslim 2012 dan yang lainnya)

Sekali lagi, hanya dengan membaca: Bismillah..

6. Berdoa ketika keluar rumah

Satu doa ketika keluar rumah. Ringkas, mudah dihafal, tapi khasiatnya besar:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

BISMILLAHI TAWAKKALTU ‘ALALLAAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

Dalam hadis dinyatakan, siapa yang keluar rumah kemudian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: Kamu diberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi. Maka setan kemudian berteriak:

كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ

“Bagaimana kalian bisa mengganggu orang yang sudah diberi hidayah, dicukupi, dan dilindungi.” (HR. Abu Daud 5095, Turmudzi 3426 dan dishahihkan al-Albani)

7. Jauhkan rumah Anda dari gambar makhluk bernyawa

Siapa sangka, ternyata gambar makhluk bernyawa bisa membuat jin dan setan nakal itu semakin betah di rumah kita.

Dari Aisyah radhiallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَنَّ المَلاَئِكَةَ لاَ تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ صُورَةٌ

Sesungguhnya malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada gambar.” (HR. Bukhari 3224, Nasai 5348 dan yang lainnya).

Ketika malaikat penebar rahmat tidak memasuki rumah Anda, di saat itulah makhluk lain, yang juga tidak kelihatan, akan menggantikan posisi mereka. Foto keluarga, gambar binatang dan seterusnya bisa jadi membuat rumah Anda makin indah bagi setan.

8. Jauhkan rumah Anda dari musik

Banyak orang tidak sadar, ternyata suara ini berbahaya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutnya mizmarus syaithan (musik setan). Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mencontohkan salah satunya, lonceng. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu,

فِي الْجَرَسِ مِزْمَارُ الشَّيْطَانِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata tentang lonceng: musik setan. (HR. Abu Daud 2556)

Di kesempatan yang sama, malaikat penebar rahmat menghindari rumah yang dipenuhi denngan musik. Dari Ummu Salamah radhiallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَا تَصْحَبُ رُفْقَةً فِيهَا جَرَسٌ

Sesungguhnya malaikat tidak akan menyertai rombongan yang di sana ada loncengnya.” (HR. Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir, 1001).

Kita telah memahami, terjadi sikap kontradiktif antara malaikat penebar rahmat dengan setan pembangkang. Ketika salah satunya menghindar, di saat itulah satunya menggantikan.

Jadikan rumah Anda seperti taman-taman malaikat penebar rahmat, bukan tempat peristirahatan yang nyaman bagi setan. Hiasi rumah Anda dengan berbagai ketaatan dan amal shaleh. Agar yang menemani Anda juga makhluk yang sholeh. Hiasi rumah Anda dengan bacaan Alquran, shalat, kajian mengupas halal-haram, dan lantunan suara langit lainnya.

Allahu a’lam

Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits

sumber : http://abuabdurrohmanmanado.wordpress.com/2012/10/02/cara-mengusir-jin-dari-rumah/

  1. Suharman
    Oktober 21, 2014 pukul 9:30 am

    Assalamu ‘alaikum wr-wb.
    sebelumnya saya minta maaf bila kurang berkenan, dan karena kebodohan saya, maka saya mencoba bertanya sesuatu ….
    saya membangun kos – kosan dengan 7 kamar didalamnya ( masih menempel dengan rumah tinggal). setelah selesai saya bangun, saya berbincang dengan teman saya yang paham dengan hal ghaib.

    malam itu pun sy bersamanya hadloroh seperti biasa, dan setelah itu teman saya seperti ada yang masuk dan mengucapkan salam, mk sy jawab salam tersbbut. dari percakapan sy dengannya itu dia seakan – akan marah karena katanya aku bangun rumah kos-kosan tersebut tidak minta izin sebelumnya. katanya bahwa ada 3 penghuni ghaib yang sudah lama tinggal di lahan yg sy bangun tersebut.

    sebagai ganti dan permohonan maaf , ia minta 3 nasi tumpeng bagian atasnya (puncak manik) dan 3 air teh pahit. dan keesokan malamnya saya memberikan sesuai permintaannya.

    bersama teman ( yang ngerti hal ghaib) tesebut sy kembali hadloroh seperti biasa , dan kembali berdialog katanya ‘tidak akan ada gangguan lagi dan mengizinkan kos-kosan saya dipromosikan lagi, dan katanya harus syukuran atas tempat usaha tesebut dengan membaca surat Yasin 7 x oelh beberapa orang dan berdo’a hanya semata – mata karena Allah.
    dari pengalaman dan kejadian tersebut maka saya bertanya :

    a. apakah saya salah membangun bangunan tersebut dengan tidak bertanya (izin) dahulu kpd yang menempati (ghoib) yang sdh lama tinggal disana
    b. apakah sy teramasuk melakukan perbuatan musyrik dengan mengabulkan permintaannya tersebut ?
    terimakasih sebelumnya, jaazakallahu khoiron katsiron

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Terimakasih suharman, sudah komentar disini,.

    Tentang makhluk ghaib, di semua rumah yang kita tinggali ada makhluk ghaibnya, bukankah setiap kita masuk WC kita disuruh meminta perlindungan kepada Allah dari makhluk ghaib? Demikian pula ketika kita menutup bejana atau wadah yang terbuka, kita disuruh membaca basmalah, demikian pula ketika kita makan, disuruh baca basmalah, jika tidak baca maka ada makhluk ghaib yang ikut makan bersama kita,.
    Tentang meminta ijin, itu ngga benar, anda jangan mau diperdaya oleh teman anda tersebut, karena anda telah melakukan perbuatan syirik, bahkan bisa mengeluarkan anda dari islam, teman anda tersebut hanyalah dukun yang berkedok kyai, atau orang pintar,
    Jika memang di tempat kost tersebut ada gangguan makhluk ghaib, anda bisa mengusirnya dengan cara-cara yang diajarkan oleh rasulullah, silahkan baca disini

    Perbuatan anda jelas sekali kesyirikannya, anda wajib bertaubat darinya, dan jangan ulangi lagi, jauhi teman anda tersebut, kalau anda bisa menasehatinya, itu lebih baik,tentu dengan cara yang baik,

    Jangan kita korbankan amal ibadah kita dengan perbuatan kesyirikan,.
    seumur hidup kita berbuat amal shalih yang sangat banyak, itu akan hapus seluruhnya dengn satu kali saja berbuat syirik akbar,.
    dan memenuhi permintaan makhluk ghaib, itu bisa masuk katagori syirik akbar,.makanya,. bertaubatlah,.

  2. GUNTAR
    Oktober 5, 2014 pukul 6:16 pm

    Assalamualaikum, karena kebodohan dan ketidaktahuan saya, saya ingin bertanya kepada mas admin,

    ..Alhmadulillah Sebentar lagi saya akan memasuki rumah baru, salah seorang sahabat saya dengan keyakinannya selalu mengatakan bahwa weton saya dengan istri tidak bagus mempunyai rumah menghadap utara..

    dia juga menyarankan pintu rumah diletakan sesuai hitungannya karena menurut dia akan berdampak besar dalam kehidupan berumah tangga..

    Saya tidak mempercayainya mas karena saya meyakini hidup kami yang mengatur adalah Allah SWT, namun ada perasaan was2 dan bimbang dalam hati saya..mohon pencerahannya..

    Terimakasih mas guntar, sudah komentar disini,

    Apa yang disampaikan teman anda itu adalah kebodohan, tidak ada weton dalam islam, bahkan itu termasuk bagian dari tathayur, menganggap sial pada sesuatu, dan ini adalah kesyirikan, dosa besar,jadi tidak usah digubris omongan teman anda tersebut,. tentang weton, sudah saya posting disini

    Tentang menganggap sial terhadap rumah, atau hal lainnya ,. silahkan lihat postingan ini

  3. pijar88
    Februari 18, 2014 pukul 7:01 pm

    Maaaf, Satu pertanyaan lagi mas, (Tadi ketinggalan) bukankah salah satu dari Wali songo, yaitu Sunan Kalijaga juga menyukai musik dan bahkan terdapat beberapa lagu yang diciptakannya?

    terimakasih mas, pertanyaan yang bagus juga nih,.
    Kebenaran itu bukan dilihat dari tokoh, tapi apa yg disampaikan oleh tokoh tersebut,.. tentang sunan kalijaga, sdh pernah saya posting, silahkan klik link ini

  4. pijar88
    Februari 18, 2014 pukul 6:55 pm

    Assalamualaikum wr wb.

    Wa’alaikumusalam warahmatullahi wabarakatuh

    Mas admin, tadi disebut di dalam komentar-komentar di atas, atau di artikel anda, Bahwa adanya gambar bernyawa (Foto) di dalam rumah kita akan mengundang setan dan membuat malaikat penebar rahmat tidak mau datang. Lalu bagaimana dengan semua dokumen-dokumen yang dimiliki manusia, yang mana pada dokumen-dokumen seperti KTP, IJasah, atau dokumen lainnya sebagian besar terdapat foto dan itu hampir pasti tersimpan di dalam rumah.

    Terimakasih sudah komentar disini, pertanyaan yang bagus,.
    Tentang gambar-gambar yang sifatnya darurat, seperti utk KTP,SIM,ijazah,surat nikah,itu tidak mengapa, silahkan baca postingan terbaru khusus tentang hal itu, silahkan baca disini

    Lalu untuk masalah musik, yang di dalam artikel ustad juga disebutkan (di sini diibaratkan dengan mengambil contoh lonceng). Bahwa rumah yang di dalamnya diputar musik akan dihindari malaikat. Terus bagaimana dengan Haji Rhoma Irama atau Ustad-ustad lain seperti Aa Gym, yang bahkan bermusik dan menciptakan musik/Lagu?
    Apakah dalil-dalil yang ustad sebutkan di atas itu benar adanya atau bagaimana, saya penasaran dengan jawaban anda. Mohon dijawab.

    Pertanyaan yang sangat bagus ,..
    Hukum lagu dan musik adalah haram, banyak dalil baik dari alquran atau hadits yang menjelaskan tentang hal tersebut, dalil yang sangat jelas.
    Jika Allah sudah mengharamkan lagu dan musik, lalu ada ustadz,kyai,”wali” ,habib, bang haji, yang melakukan dakwah dengan sarana musik ini, ini tidak menjadikan hukum musik ini menjadi halal, tetap saja haram, bahkan dia telah mencampur adukkan antara yang hak dengan yang batil,. sudah saya posting disini, Berdakwah dengan musik? Sungguh terlalu,.. silahkan baca disini

    Akibat yang ditimbulkan dengan maraknya penyanyi dan musik, silahkan baca disini

    Kata sepakat para ulama tentang HARAMNYA MUSIK, silahkan baca disini

  5. yusuf
    Februari 4, 2014 pukul 6:18 am

    Aslkm wr wb,

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    Saya mau tanya terkait mencegah dan mengusir setan/hantu dari rumah. Apakah boleh kita memasang alat pengusir setan di rumah untuk mencegah rumah kita dimasuki setan/hantu. Rumah yg dimaksud adalah rumah yg rencananya ditinggal kosong tanpa penghuni karena ada tugas ke LN selama 1-2 tahun. Sementara alat yg dipasang adalah alat elektronik yang memancarkan gelombang frekuensi yang membuat mahluk gaib/hantu tidak menyukai tinggal di dekat alat tsb dalam radius tertentu. Sebagai perbandingan saya juga memasang alat eletronik utk mengusir tikus yg menghasilkan gelombang tertentu sehingga tikus menjauh.

    Terimakasih mas yusuf, sudah komentar disini,
    Tidak ada alat tertentu yang bisa mengusir makhluk ghaib/hantu, itu mungkin hanya di film-film saja, karena makhluk ghaib tidak takut kepada alat yang seperti itu,
    Yang bisa membentengi rumah kita dari makhluk ghaib yang jahat diantaranya adalah kita membaca alquran di rumah kita, bukan bacaan alquran tapi tidak kita dengarkan,
    Jauhkan rumah dari gambar-gambar/foto-foto makhluk bernyawa, sebab gambar/foto bernyawa itu membuat setan betah di rumah,

    Jangan biarkan ada ruangan dirumah kita yang kosong/tidak berpenghuni, sebab itu juga akan menjadi ruang yang dihuni oleh jin/setan, makanya ketika membangun rumah pikirkan dahulu kebutuhan ruangan yang digunakan, jangan sampai ada ruang yang tidak pernah terpakai,

    Mungkin solusi akan meninggalkan rumah dalam waktu lama, coba saja dikontrakkan saja rumahnya, jadi bukan dibiarkan selama bertahun-tahun sehingga menjadi rumah hantu,

    waslkm wr wb
    yusuf

    Wa’alalikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

  6. kang moch.
    Oktober 18, 2013 pukul 1:27 am

    Asswrwb@Jin jg mahluk Allah,dciptakn lbh awal dr mns..mrk tinggal didarat,laut,udara. Kberadaan jin mirip mns..mrk jg kawin..umur bs ratusan thn..sekali beranak bs puluhan. Jumlah jin bs ribuan x lipat mns.Sbg mahluk Allah mrk jg punya hak tinggal brdampingan dng kita ASAL JANGAN SALING GANGGU,tp mrk lbh senang ditempat yg gelap,kotor,bau, jauh dr mengingat Allah/maksiat@Jin mirip mns,ada jin muslim,kafir/noni,jahat,usil,cerewet, cengeng,kuat,lemah,besar,kecil,punya anak buah,cacat,dendam,sedih(mis: istrinya mati)@ Ada jg siluman,asalnya bs asli ciptaan Allah atau org yg mati mis:suka bunuh binatang,muja cari kaya,cantik,kalah ngelmu,dll banyak@Ada arwah gentayangan krn mati gak sempurna mis: krn jasadnya disalahgunakan,bunuh diri,dibunuh,bayi dibuang,kecelakaan,mayat diambil organnya,dll banyak…(bersambung)

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Terimakasih kang moch, sudah berkomontar disini,
    Namun ada beberapa yang harus diluruskan dari koment anda diatas, diantaranya koment yang ini,

    Ada jg siluman,asalnya bs asli ciptaan Allah atau org yg mati mis:suka bunuh binatang,muja cari kaya,cantik,kalah ngelmu,dll banyak@Ada arwah gentayangan krn mati gak sempurna mis: krn jasadnya disalahgunakan,bunuh diri,dibunuh,bayi dibuang,kecelakaan,mayat diambil organnya,dll banyak…

    Tidak ada arwah gentayangan, sudah ada postingannya disini, silahkan baca disini
    Adapun penampakan orang yang sudah mati, itu adalah jin atau setan yang menyerupai orang yang sdh mati, yang tujuan mereka adalah utk menipu manusia, agar manusia terjerumus kedalam kesyirikan, itu tujuan utamanya. mungkin istilah di indonesia disebut siluman,pocong,kuntilanak,sundelbolong,dsb,. itu hakekatnya adalah jin atau setan yg menyerupai manusia, bukan arwahnya gentayangan, karena alam arwah itu sdh alam sendiri (alam barzakh)

    Tentang alam jin, bagaimana bentuknya, dll, sdh mulai saya posting, sudah ada edisi 1, silahkan baca disini buat menambah wawasan anda juga, dan postingan ini berdasarkan dalil-dalil, monggo dibaca disini

  7. wawa
    September 25, 2013 pukul 6:02 am

    Taruhlah kita sudah amalkan semua yg pak ustad nukil dari dalil2 di tas, tetapi faktanya gangguan setan/kesurupan baru bisa diatasi oleh “seorang pintar” jadi bapak bisa berkata apa?

    Terimakasih atas komentarnya,
    Saya katakan, bisa saja dukun itu mengusir jin yang bercokol di rumah tsb, tapi dengan bantuan jin yang dimiliki oleh sang dukun, dengan tumbal/sesajen yang ini merupakan perbuatan dosa besar bagi pelakunya, dan ini cara yang diharamkan,
    Demikian pula dengan kesurupan, bisa saja si dukun mengusir jin yang bercokol dalam diri seseorang, tentu dengan bantuan jin pula, dan si dukun biasanya punya koleksi jin, jika dia tidak mampu mengeluarkan jin yg ada pada seseorang,mungkin jin nya kalah kuat, dia minta bantuan kepada jin yg lebih kuat lagi, tentu dengan imbalan yang setimpal, tidak ada jin yg disuruh gratis,

    satu lagi fakta yg pak ustad gak akan bisa berkata apa yaitu ketika seorang turis jepang yg kita sangat yakin tidak bisa berkata bahasa sunda kok tiba2 kesurupan berkata-kata menggunakan bahasa sunda. terus bapak bisa bilang apa.

    Saya bilang, jin itu bisa merasuk kepada seseorang, sehingga orang yg dirasuki itu bisa berkata-kata sesuai dengan asal si jin itu, ada jin jawa,sunda,inggris,jepang,dan macam-macam jin bangsa lain, demikian juga agamanya, ada jin yg islam,kristen,hindu,budha,atau atheis.

    Dan jin islam juga bukan jaminan tidak mengganggu manusia, tapi bisa saja usil, sebagaimana sesama orang islam saja mengganggu saudaranya sesama muslim

  8. reski
    Juli 11, 2013 pukul 2:03 pm

    saya mau tanya..

    di rumah saya kan ada foto keluarga & juga gambar ka’bah dan ayat ayat suci alqur’an.

    yang saya mau tanya nih, apa ada jin/setan yang ada di rumah saya ?

    Terimakasih mas reski,
    Berdasarkan dalil dari hadits, malaikat rahmat tidak mau masuk ke dalam rumah yg ada gambar makhluk bernyawa, baik gambar hewan atau gambar foto keluarga,
    Ayat suci alquran bukanlah untuk di pajang di rumah-rumah, itu juga tidak ada contohnya dalam islam, ayat suci alquran utk dihafal di dada kita, dan utk diamalkan, bukan sebagai pajangan atau jimat yang ditempel di rumah kita, itu bisa masuk ke dalam bentuk pelecehan terhadap ayat alquran, atau penyimpangan thd ayat alquran,

    Apakah ada jin atau setan di rumah kita? tentu ada, makanya kita disuruh berlindung dari gangguan jin dan setan, dan janganlah kita memancing mereka untuk datang ke rumah kita, misalkan dengan memajang gambar bernyawa, memutar musik,. tidak membaca alquran di rumah, tidak mengucap salam ketika masuk rumah, dll

    • wawa
      September 26, 2013 pukul 2:44 am

      Apakah menurut bapak mengapa jin bisa berbahasa manusia, menurut yang pak ustad imani apakah jin itu asalnya dari jiwa manusia yang mati tetapi tidak kembali ke asal mula hidup oleh karena ketidak ikhlasan si jiwa yang masih dominan kemelekatannya dengan alam duniawi seperti yang diyakini oleh http://www.==deleted===.or.id yang meyakini sang pendiri mendapat “klarifikasi wahyu”.

      Menurut ajaran Pangestu Jiwa dan Ruh itu berbeda. Jiwa/nafs dalah hasil berpadunya badan kasar dari tanah yang “kotor” dan tiupan ruh-Ku yang suci. Jadi Manusia terbentuk dari Jasmani kasar/badan, jasmani halus/Jiwa/nafs dan Ruh-Ku dari tiupan YME. Jiwa mempunyai kehendak bebas, bisa memilih kefasikan dan bisa pula memilih kesucian dari hasil berpadunya dua di atas QS As syam 8-10 Allah mengilhamkan kepada JIWA/NAFS kefasikan dan ketakwaan, beruntung yg mensucikan (kefasikan itu) dan merugi yang mengotori (ketakwaan tsb).

      Jiwa inilah yang mempertanggungjawabkan kelak di akherat, bukan ruh karena ruh itu adalah yang menggenggam Jiwa kemanapun berada, ruh tidak ikut merasakan (siksaan neraka) dan juga tidak ikut menikmati surga karena ruh itu sendiri adalah kepanjangan tangan Sang pemilik Surga dan neraka.

      Terimakasih, untuk anda dan kaum muslimin yang belum mengetahui hakekat alam jin, insya Allah akan saya postingkan secara lengkap perihal alam jin ini,

      Jin mempunyai kewajiban beribadah juga, wajib memeluk islam, sebagaimana manusia, hanya saja jin itu beda alam,
      Ada jin yang kafir, dan jin yang muslim, jin diciptakan dari api, manusia dari tanah. Jin diciptakan lebih dahulu sebelum manusia diciptakan,
      Tulisan pertama tentang Jin, bisa anda baca disini

      Adapun web yang anda cantumkan, itu adalah pemikiran yang sesat, aliran wihdatul wujud, dimana menurut mereka Allah itu menjelma kepada makhluk, sungguh aliran yang sangat menyesatkan

  9. abdul syukur
    Desember 4, 2012 pukul 3:46 am

    semua yang pak ustadz Ammi nur baits jawab itu benar

    dan alhamdulillah ana sdh mempraktekannya serta hasilnya alhamdulillah aman dari gangguan jin maupun setan karena dulu sebelum ana tinggal dirmh yg sekarang ana tempati menurut tetangga2 ana bahwa rmh itu angker,

    tapi sekarang aman2 aja tuh karena ana yakin bahwa setan tidak akan mengganggu selama orang itu hanya bermunajah hanya kepada Allah azawajala.dan menghidupkan sunnah2 Rasulullah shalallah alaih wasalam.

    Betul mas,.. dan jadi trik juga nih, kalau mau beli rumah dengan harga murah, carilah rumah-rumah yang dianggap angker, biar kita usir jin yg bersemayam disitu,

  10. taufik novianto
    November 1, 2012 pukul 11:54 pm

    terima kasih atas nasehatnya mas,

    sebenarnya komentar saya sekaligus ditujukan untuk mengingatkan saudara2 kita yg masih percaya dengan hal2 yg berbau klenik, seperti yg kita tau dlm acara tv banyak sekali acara yg sepertinya pembodohan seperti kerasukan masal ,penampakan hantu dll,

    Alhamdulillah, mudah2an Allah memberikan pemahaman ttg agama kepada mas taufik, sehingga bukan hanya mas taufik saja yg bisa memperoleh manfaat, tapi orang lainpun bisa merasakan manfaat tsb , dan anda juga kebagian pahala dari orang yang anda berikan pemahaman ttg agama yg benar,

    Acara2 tv yang ada di indonesia 90 persen lebih adalah pembodohan dan perusakan moral generasi bangsa, tidak bermutu sama sekali, bahkan jika isinya adalah siaran yg berbau islampun masih banyak penyimpangan di acara tsb, jadi sebaiknya tdk usah menonton acara2 yg ada di tv nasional yg ada di indonesia,
    Bagi yg ingin melihat televisi, alhamdulillah sudah hadir televisi dakwah yg sangat bermanfaat, ada rodja tv,insan tv, dan radio rodja, semuanya bisa disimak via parabola, dan tdk perlu berlangganan/gratis

    mohon ma’af apabila ada komentar saya yg tidak berkenan

    Tidak apa2 mas, saya jg minta maaf, barangkali komentar saya juga kurang berkenan dihati anda, jazakallahu khairan

  11. taufik novianto
    November 1, 2012 pukul 12:57 pm

    bukankah segala rahasia ghaib itu hanya allah yg tau dan dia tidak memperlihatkan kepada siapapun?

    Dlm surat jin ayat 26 sudah dijelaskan ,dan kalau hanya allah yg tau lalu ada orang yg ngaku tau dan bisa melihat yg ghaib, kalau kita mempercayainya berarti kita mengkufuri qur’an , seharusnya kalau ada orang2 teriak2 jangan langsung ambil kesimpulan kerasukan, tanyakan dulu pada ahlinya, contohnya ke dokter atau psikiater, bagaimana kita tau itu kerasukan sedangkan yg ghaib itu hanya allah yg tau, dan keterangan diatas sebenarnya ditujukan agar terhindar dari godaan syaitan bukan jin

    Terimakasih mas taufik atas komentarnya,
    Mohon dibaca artikel diatas,sehingga anda paham,
    Ngga disebutkan disitu ada orang teriak2,
    Hal-hal yang ghaib betul hanya Allah yang tahu, akan tetapi gejala-gejala terkena gangguan makhluk ghaibpun Rasulullah sdh jelaskan, tanda-tandanyapun sudah dijelaskan, dan kita disuruh berlindung kepada Allah dari gangguan makhluk ghaib tersebut, yaitu setan dan jin,
    Bukankah anda mengetahui doa masuk wc? kita disuruh berlindung kepada allah dari gangguan setan laki-laki dan setan perempuan, karena di tempat-tempat yang kotor, itu merupakan tempat kesukaan setan, demikian juga di pasar-pasar,
    Kita wajib mengimani hal yang ghaib, dan namanya makhluk ghaib ,maka tidak ada manusia yg bisa melihatnya,melihat bentuk fisiknya kita tdk akan mampu, namun keberadaanya, wajib kita imani,

  1. No trackbacks yet.

Silahkan tulis komentar anda,.. surel diisi dgn email, nama diisi dengan nama anda ,

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.566 pengikut lainnya.