Daftar Isi


  1. individu merdeka
    Agustus 8, 2015 pukul 6:41 pm

    assalamualaikum mas admin,
    mau bertanya tafsir ayat albaqoroh ayat 115 dan 158 mas.
    trimakasih sbelumnya,wassalamualaikum

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,. utk yg ayat 115
    Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

    وَلِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ وَاسِعُ عَلِيمُُ{115}

    Artinya :”Dan kepunyaan Allahlah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap maka disitulah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Mahaluas (rahmatNya) lagi Mahamengetahui”. (QS.al-Baqarah: 115)

    Ayat ini –wallahu a’lam-, mengandung hiburan bagi Rasulullah shallallhu ‘alaihi wasallam dan para sahabatnya yang diusir dari Makkah dan dipisahkan dari masjid dan tempat shalat mereka. Dulu Rasulullah shallallhu ‘alaihi wasallam mengerjakan shalat di Makkah dengan menghadap ke Baitulmaqdis, sedang Ka’bah berada dihadapannya. Dan ketika hijrah ke Madinah, beliau dihadapkan langsung ke Baitulmaqdis selama 16 atau 17 bulan. Dan setelah itu, Allah Ta’ala menyuruhnya menghadap Ka’bah. Oleh karena itu Allah berfirman { وَلِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ }artinya, “Dan kepunyaan Allah timur dan barat, maka kemanapun kalian menghadap disitulah wajah Allah.”

    Dalam kitab an-Nasih wal-Mansuuh, Abu Ubaid, Qasim bin Salamah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata :”ayat al-Qur’an yang pertama kali dinasakh bagi kami yang telah diceritakan kepada kami –wallahu a’lam- adalah masalah kiblat.

    Allah berfirman yang artinya, “Dan kepunyaan Allahlah timur dan barat, maka kemanapun kalian menghadap disitulah wajah Allah.” Maka Rasulullah shallallhu ‘alaihi wasallam menghadap dan mengerjakan shalat kea rah baitulmaqdis dan meninggalkan Baitulatiq (Ka’bah). Setelah itu Allah Ta’ala memerintahkannya untuk menghadap ke Baitulatiq, dan Diapun menasakh perintahNya untuk menghadap ke Baitulmaqdis. Dia pun berfirman, artinya :’Dan dari mana saja engkau keluar, maka palingkanlah wajahmu kearah Masjidilharam. Dan dimana saja kamu berada, maka palingkanlah wajah kalian kearahnya.” (QS. Al-baqarah: 150)

    Ibnu Jarir mengatakan, para Ulama yang lain mengemukakan, ayat ini turun kepada Rasulullah shallallhu ‘alaihi wasallam sebagai pemberian izin dari Allah bagi beliau untuk mengadakan shalat sunnah dengan menghadap kemana saja, dalam keadaan perang yang kerkecambuk, dan dalam keadaan yang sangat takut.

    Abu Kuraib pernah menceritakan kepada kami dari Ibnu Umar, ‘bahwasanya beliau pernah mengerjakan shalat kea rah mana saja binatang kendaraanya itu menghadap’.
    Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun melakukan hal seperti itu dalam menafsirkan ayat ini :”Maka kemanapun kalian menghadap di situ wajah Allah.” Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim, at-Tirmizdi, an-Nasa’I, Ibnu Abi Hatim, Ibnu Mardawaih melalui beberapa jalan dari Abdul Malik bin Abi Salamah. Dan dalam kitab Shahihain, hadits itu berasal dari Ibnu Umar dan amir bin Rabi’ah tanpa menyebutkan ayat itu.

    Sedangan dalam kitab Shahih al-Bukhari diriwayatkan sebuah hadits dari Nafi’ dari Ibnu Umar, bahwa ia pernah ditanya mengenai shalat Khauf dan (pengaturan) shafnya. Lalu ia mengatakan :”Jika rasa takut sudah demikian mencekam maka mereka mengerjakannya dalam keadaan berjalan di atas kaki mereka atau sambil berkendaraan, dengan menghadap kiblat atau tidak menghadapnya.”

    Nafi’ menuturkan :”Aku tidak mengetahui Ibnu Umar mengatakan hal itu kecuali bersumber dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.”

    Permasalahan :

    Dalam riwayat yang masyhur dari Imam Syafi’I, dia tidak membedakan antara perjalanan biasa maupun perjalanan dalam menghadapi musuh. Di dalam semua itu, boleh mengerjakan shalat sunnah diatas kendaraan. Demikian pula pendapat Abu Hanifah. Berbeda dengan pendapat Imam Malik dan jamaahnya.

    Sedangkan mengenai pengulangan shalat karena adanya kesalahan yang tampak jelas dalam menghadap kiblat, maka dalam hal ini terdapat dua pendapat.

    Imam at-Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :”Antara timur dan barat itu adalah kiblat.” Lebih lanjut Imam at-Tirmidzi mengatakan :’derajat hadits ini adalah hasan shahih’.

    Diceritakan dari Imam al-Bukhari, ia mengatakan hadits ini lebih kuat dan lebih shahih dari hadits Abu Ma’syar. Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam :”Antara timur dan barat adalah kiblat,” menurut Imam at-Tirmidzi diriwayatkan dari beberapa sahabat, diantaranya adalah Umar bin al-Khattab dan Ali bin Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhum.

    Ibnu Umar mengatakan :”Jika engkau posisikan arah barat berada disebelah kananmu dan arah timur berada di sebelah kirimu, maka diantara keduanya adalah kiblat, jika engkau mencari kiblat.”

    Makna firman Allah { إِنَّ اللَّهَ وَاسِعُ عَلِيمُُ} “Sesungguhnya Allah Mahaluas Lagi Mahamengetahui”, menurut Ibnu Jarir, bahwa Dia meliputi semua makhlukNya dengan kecukupan, kedermawanan dan karunia. Sedangkan makna firmanNya { عَلِيمُُ} “Mahamengetahui”, yakni Dia mengetahui semua perbuatan makhlukNya. Tidak ada satu perbuatanpun yang tersenbunyi dan luput dariNya, tetapi sebaliknya, Dia Mahamengetahui keseluruhan perbuatan mereka.

    Sumber : Tafsir Ibnu Katsir, Jilid I, penyusun DR. Abdullah bin Muhammad, Abdurrahman bin Ishaq Aal- asy-Syaikh. (Pustaka Imam Syafi’i)
    sumber disini

    ayat 158

    إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا

    Sesungguhnya Shafaa dan Marwa adalah sebahagian dari syi’ar Allah. Barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber-’umrah, maka tidak ada dosa baginya untuk mengerjakan sa’i antara keduanya. (QS. al-Baqarah: 158)
    Itu menjelaskan ttg sa’i..
    Selama seseorang melakukan sai di wilayah antara bukit Shafa dan Marwah, maka ibadah sa’inya sah.

  2. individu merdeka
    Juni 8, 2015 pukul 5:19 pm

    assalamualaikum..
    setelah membaca komen admin sndiri dalam tanya jawab yg berkata tentang keutamaannya salat isya adalah menjelang tengah malam.saya bertanya apakah hadistnya tentang hal ini sedangkan nabi sendiri memerintahkan untuk bersegera solat tepat pada waktunya?
    trimakasih wassalamualaikum

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Terimakasih,.
    Tidak bertentangan antara hadits menyegerakan waktu shalat,. karena ada hadits lain tentang keutamaan shalat isya menjelang pertengahan malam, tentu jika tidak memberatkan, juga bagi laki-laki tetap dikerjakan di masjid secara berjamaah, bukan dikerjakan di rumah secara sendiri-sendiri,.

    Itulah bentuk kasih sayangnya Rasulullah, shalat isya dilakukan setelah habis waktu maghrib saja banyak kaum muslimin yang merasa berat,. sehingga masjid-masjid kosong, para laki-lakinya tidak mendatangi masjid, bagaimana kalau menjadi ketetapan yang wajib bahwa shalat isya itu adalah di separuh malam?.. kita wajib bersyukur akan hal ini,.. jadi bukan haditsnya yang bertentangan,.. satu menyuruh menyegerakan shalat, dan satu menyuruh mengakhirkan,.

    Berikut hadits tentang Disunnahkannya Mengakhirkan Sholat ‘Isya’ seandainya tidak memberatkan umatnya,.
    Hal ini berdasarkan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam,
    لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِى لأَمَرْتُهُمْ أَنْ يُؤَخِّرُوا الْعِشَاءَ إِلَى ثُلُثِ اللَّيْلِ أَوْ نِصْفِهِ
    “Jika sekiranya tidak memberatkan ummatku maka akan aku perintah agar mereka mengakhirkan sholat ‘isya’ hingga sepertiga atau setengah malam”

  3. rizky
    April 22, 2015 pukul 2:05 pm

    afwan, kok ndak ada biodata pemilik wordpressnya ya

    artikel ini copy paste, pemilik artikel ada di akhir artikel, silahkan rujuk ke sana,

  4. muhammadalfuraihan
    Maret 30, 2014 pukul 7:29 am

    Assalamu’alaikum
    Salam kenal akh!

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    ya, salam kenal kembali,.

  5. abu m
    Agustus 1, 2013 pukul 6:20 am

    Kang admin memasang foto/gambar itu boleh tidak? haramkan?
    kok saya lihat foto/video dari ustadz di halaman2 website ini itu bagimana?
    mungkin bisa dibenahi lagi kang…

    terimakasih, itu bukan gambar, tapi video, sedangkan hukum video berbeda dgn gambar,.

  6. joko
    Juli 29, 2013 pukul 7:26 pm

    pak admin..mau tanya,bagaimana pandangan anda tentang teroris yang melakukan bom bunuh diri??
    apakah itu termasuk ajaran islam pak?

    Terimakasih mas joko,
    Itu bukan dari islam, itu sama dengan bunuh diri, bahkan lebih kejam lagi, jika org bunuh diri dgn gantung diri, hanya dia saja yg meninggal, tapi jika dgn bom, dia juga berdosa besar, telah mnghilangkan nyawa org2 yg tdk brsalah, bahkan org islampun ikut trbunuh juga,

    Apa akibat yg akan diterima di akherat bagi pelaku bom bunuh diri? silahkan baca postingannya disini

    Buang Bom jangan sembarangan, silahkan baca postingannya disini

  7. argo
    Mei 4, 2013 pukul 11:31 pm

    kang admin coba deh buka halaman facebook “debat agama” disitu gk henti hentinya menghujat islam….apa yg mesti kita perbuat sbg org muslim

    terimakasih mas argo,.
    kaum musliminnya sendiri banyak yang menghujat sunnah-sunnah rasulullah, justru ini lebih berbahaya,.. jadi solusinya, benahi diri kaum muslimin, agar mengamalkan islam sesuai sunnah-sunnah rasulullah,. jadi musibahnya ada di kaum muslimin itu sendiri,.

    • Ari Budianto
      Mei 6, 2013 pukul 1:36 am

      #Argo : sbg tambahan,coba mas Argo baca buku Al bidayah wan nihayah karangan Ibnu Tafsir Rahimakumulloh…di situ mas Argo akan mengerti bagaimanakah agar kaum muslimin saat ini akan dpt bangkit kembali serta apa penyebab ketakutan orang2 kafir thd kaum muslimin di jaman ke khalifahan dahulu…

  8. ilham
    Februari 2, 2013 pukul 11:53 am

    asalam mualaikum…

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    salam kenal

    Salam kenal kembali mas,

  9. aprilmadi
    Desember 15, 2012 pukul 7:46 am

    asalam mualaikum

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    adm saya mau tanya bagai mana cara nya dengar radio ko saya nga bisa tolong dong

    buka aja website ini, http://www.radiorodja.com , insya Allah langsung keluar suara radionya

  10. Mahfudz Mughni
    Agustus 26, 2012 pukul 3:34 pm

    Assalamu’alaikum…

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    maaf kang saya boleh nanya… akang orng mana.. alamat rumahnya di mana..

    Saya asli dari bumiayu mas,

    ingin sya bertemu dengan akang…
    bolehkah saya minta alamat tempat akang menetap…..?

    Saya kerja di pesantren, kalau mas mahfudz sendiri dimana? boleh minta alamat tempat tinggalnya, mungkin saya bisa kasih info tentang hal yang bermanfaat yang dekat dengan tempat tinggal mas mahfudz,

    terimakasih

    sama-sama, jazakallahu khairan

    Wassalamu’alaikum…

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    • Agustus 21, 2013 pukul 1:38 am

      Assalamualaikum wr wb.
      mas kerja dipesantren yg ada dibenda bukan??

  11. faizal
    November 21, 2012 pukul 1:30 pm

    assalamualaikum

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    kang admin ko pertanyaan ana lama banget jawabnya?? lupa ya,,

    wah, ditulis ulang saja pertanyaannya,. ada 978 coment yg masih pending,.

  12. kuluq
    Juni 23, 2015 pukul 3:32 pm

    mas untuk niat sholat otu niat dlm hati atau di lafatkan mas?
    yg sya tau klo nia sholatt di lafatkan itu malh bid’ah… mohon penjelasannya..?

    Terimakasih mas,.
    Untuk memudahkan memahamkan tentang niat,.
    Anda pernah pergi ke pasar?
    Lalu anda tidak jadi ke pasar,. dan bertemu dengan teman anda, lalu teman anda tersebut bertanya kok tidk jadi ke pasar,.
    Lalu anda menjawab, : iya, tadi saya sudah berniat mau ke pasar,. tapi ada keperluan, jadi tidak pergi,.

    nah,.

    Niat anda mau ke pasar itu, apakah anda mengucapkan,. “saya mau ke pasar dst.. ? tentu tidak kan,.
    nah, kalau mau ke pasar saja anda bisa tanpa melafadzkan niat mau ke pasar,. maka seharusnya mudah juga melakukan demikian utk wudhu,shalat,.

    Rasulullah tidak pernah mengajarkan melafadzkan niat wudhu,shalat ,.
    Rasulullah tidak pernah mengajarkan lafadz nawaitu, ushali,
    Sahabat tidak mengamalkannya, demikian pula imam yang empat,.
    lalu itu hasil kolaborasi siapa??… he..he.he.. itu ngetrend di indonesia dan sekitarnya saja,.

    Silahkan baca ulasannya disini

  13. kuluq
    Juni 24, 2015 pukul 3:44 pm

    trima ksh mas info.x…

  1. No trackbacks yet.

silahkan komentar jika kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 2.230 pengikut lainnya.