Beranda > Belajar Manhaj, Belajar Nasehat > Mereka Bertanya Tentang Manhaj Salaf (Dialog salafi dengan PERSIS Bandung)

Mereka Bertanya Tentang Manhaj Salaf (Dialog salafi dengan PERSIS Bandung)


Izinkan kami memberikan sedikit ulasan tentang VCD “Mereka Bertanya Tentang Manhaj Salaf..?”. VCD ini  diterbitkan oleh Yayasan Imam Bukhari, Jakarta atas acara Majelis Mubahasah Ke-3 Pimpinan Wilayah PERSIS Jawa Barat yang berjudul “Mengungkap Gerakan Salafi”. Acara ini diselenggarakan oleh PERSIS Wilayah Jawa Barat.

LATAR BELAKANG
Sekitar beberapa tahun yang lalu, Ustadz Abdul Hakim Abdat bersama rekan-rekan hafizhahumullah diundang oleh Persatuan Islam untuk memberikan materi / penjelasan tentang apa itu manhaj salaf, terutama tentang keterangan atas penggunaan ijma’ sahabat serta pemahaman mereka sebagai dasar dalam memahami Al-Qur’an dan Sunnah. Intinya PERSIS bertanya,

“mengapa tidak cukup hanya Qur’an dan Sunnah saja? Dalil apa yang mengharuskan pemahaman sahabat sebagai pedoman dalam memahami kedua sumber itu?”

Singkat cerita, akhirnya walhamdulillah itikad baik pun terwujud, PERSIS menyelenggarakan acara Mubahasah yang membahas tema ini dengan mengundang 2 ustadz, Abdul Hakim Abdat dan Abu Qatadah sebagai pembicara. Acara ini tidak membahas polemik apa yang telah terjadi di media cetak (Majalah Risalah dan buku Al-Masaa-il jilid VIII), akan tetapi langsung membahas inti permasalahan, yaitu “Dasar apa yang mengharuskan pemahaman sahabat dijadikan sebagai pedoman dalam memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah?”

Sehingga, tidak hanya mengklarifikasi permasalahan yang terjadi dan menghindari polemik yang berkepanjangan, akan tetapi terjadilah acara Mubahasah yang ilmiyah dari kedua belah pihak. Walhamdulillah..

ISI VCD
Acara ini dibuka secara resmi oleh ketua Pimpinan Wilayah PERSIS Jawa Barat, Ustadz Muhammad Idad Soemarta. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan pertama yang disampaikan langsung oleh Ketua Umum PP Persis, Ustadz KH Drs Shiddiq Amin, MBA. Setelah itu pembahasan kedua disampaikan oleh Ustadz Abdul Hakim Abdat dan Ustadz Abu Qatadah hafizhahumullah. Dan yang terakhir adalah sesi tanya jawab. VCD ini terdiri dari 3 keping CD, yang berisi sesuai dengan urutan sesi acara.

VCD Pertama
Ustadz Shiddiq Amin memulai bahasannya dengan membacakan makalah ilmiahnya yang berjudul,

“Fenomena Gerakan Dakwah Salafi di Indonesia & Menimbang Argumentasi Manhaj Salafus Shalih Sebagai Dasar Ketiga Sesudah Al-Qur’an dan As-Sunnah”.

Dalam pendahuluan ini, beliau memberikan definisi salaf, lalu menyoroti sejarah dan pembagian kelompok salafi. Selanjutnya, beliau mulai mengajukan pertanyaan, apa dasar keharusan kita mengikuti pemahaman para sahabat radhiyallahu ‘anhum. Pertanyaan ini disertai dengan argumentasi-argumentasi ilmiah.

VCD Kedua
Ustadz Abdul Hakim Abdat memulai pembahasan kedua dengan menekankan kepada inti pembahasan, yaitu asas manhaj salaf, bukan kepada orang/sekelompok yang menisbatkan diri kepada Salaf. Beliau mengungkapkan pentingnya hal ini karena membahas orang/kelompok tertentu tidak akan ada habisnya. Beliau menganalogikan dengan pembahasan tentang Islam dengan kaum muslimiin. Jika kita melihat kepada orangnya (kaum muslimin), maka ada aliran ini dan itu, ada muslim yang zhalim dan lain-lain. Akan tetapi jika kita membahas asas ajaran Islam, maka akan terlihat keindahan dan kebenaran Islam itu sendiri.

Senada dengan gurunya, ustadz Abu Qatadah pun menekankan hal yang sama serta memberikan keterangan tambahan mengenai asas dalam memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Untuk mempersingkat uraian VCD ini, kami tidak mengulas sesi ketiga (tanya jawab).

KESIMPULAN
VCD ini sangat bagus untuk menambah wawasan dalam berdiskusi yang baik dan wawasan islam kita secara ilmiyah. Lebih dari itu, VCD ini menjelaskan asas manhaj salaf itu sendiri. Yang selanjutnya kita dapat jadikan sebagai acuan untuk menilai siapa saja yang mengaku dirinya sebagai salafi. Sehingga dengan sendirinya kita tidak dapat mengkhususkan diri bahwa hanya kita dan teman-teman kita sajalah yang salafi atau yang benar.

Oleh karena itu, tidak heran mengapa VCD ini tidak untuk diperjualbelikan. Diperbolehkan untuk disebarluaskan tanpa mengubah format dan bentuk VCD aslinya tanpa tujuan komersil. Insya Allah akan kami upayakan untuk menyediakan file-file-nya di server kami untuk didownload dan disebarluaskan.

Semoga Allah memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin menyebarkan dan mendapatkan VCD ini, amiin. Dan semoga Allah menerima amal ibadah kita, amiin.

Berikut ini videonya:

Keterangan tambahan:

Bagi yang ingin mendapatkan vcd tersebut, bisa meninggalkan komentar dibawah artikel ini beserta alamat lengkap, Insya Allah kita gratiskan, atau infak sekedarnya buat biaya pembelian dvd kosong,burning dan biaya kirim.

Bisa juga kirimkan email ke aslibumiayu@yahoo.co.id atau sms ke nmr sms center blog ini

Bagi yang ingin dengan format dvd, kita bisa burningkan juga, dengan mengganti biaya penggandaan. Anda bisa memperbanyak dan menyebarkannya, akan tetapi bukan untuk tujuan komersil, karena vcd ini tidak untuk diperjualbelikan.

Dapatkan buku MULIA DENGAN MANHAJ SALAF,… penjelasan yang sangat gamblang akan WAJIBNYA SELURUH KAUM MUSLIMIN UNTUK MENGIKUTI MANHAJ SALAF

Silahkan kirimkan sms dengan FORMAT :

MDMS_nama anda_alamat anda

Kirimkan ke nomor sms center blog ini di
0823 1775 7628
HARGA 128.000,- belum termasuk ongkos kirim
Pengiriman menggunakan JNE Reguler

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

silahkan komentar jika kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan..